Cara Mudah Menggunakan Anycast dari HP ke TV/Laptop

Cara Mudah Menggunakan Anycast dari HP ke TV/Laptop sangatlah gampang dan tidak membutuhkan waktu yang lama untuk kamu memasangkan alat ini. Panduan ini sangat berguna untuk kamu yang ingin menonton layar HP dengan lebih besar melalui layar televisi.

Tentunya harus diakui banyak pengguna Anycast yang menginginkan layar besar untuk sensasi berbeda saat melihat layar ponsel dari layar televisi. Tentunya sensasi yang diberikan sangat berbeda apalagi saat kamu berbain game mobile dengan layar besar di depan.

Maka dari itu dalam artikel ini teknohits akan mencoba memberikan sebuah penjelasan sekaligus panduan cara memakai Anycast ke TV atau laptop dari HP Android berikut ini.

Anycast Apa Fungsinya?

Anycast merupakan perangkat khusus yang berfungsi untuk tampilkan layar smartphone, tablet, atau notebook kamu ke layar lebar lain melalui koneksi WiFi dengan standar populer, contohnya DLNA Miracast dan Airplay.

Uniknya, Anycast sendiri sudah memakai teknologi Miracast yang disepakati oleh WiFi Association. Hal ini bertujuan supaya Anycast bisa menghubungkan perangkat Android ke layar lebar secara nirkabel, tanpa menggunakan kabel HDMI.

Maka bila terdapat pertanyaan, apakah Anycast harus memakai WiFi? Jawabannya adalah iya, Anycast cuma manfaatkan koneksi WiFi untuk menghubungkan HP Android ke TV maupun laptop.

Dengan demikian, kamu praktis main game ataupun nonton film dengan menggunakan paket data. Saran mimin, bila mau lebih hemat, kamu download terlebih dahulu film-film favoritmu di situs download film terbaik yang pernah teknohits tulis pada artikel sebelum nya.

Anycast sendiri sudah dapat kamu temui di pasaran dan dijual dengan harga terjangkau. Bagi kamu yang tertarik bisa membelinya baik secara online maupun offline.

Kelebihan & Kekurangan Memakai Anycast

Seperti yang sudah teknohits sebutkan tadi, keunggulan menggunakan Anycast adalah tidak perlu koneksi internet, mengingat cara menghubungkannya hanya menggunakan jaringan WiFi tanpa perlu kabel HDMI. Tapi, kelemahan memakai Anycast dibandingkan perangkat lain yaitu berpotensi bikin HP boros. Hal tersebut terjadi karena saat menggunakan Anycast, layar TV adalah mirror dari HP kamu.

Seperti halnya jika menggunakan kabel HDMI, apa yang ditampilkan di layar televisi bakal sama persis seperti yang ditampilkan di HP Android kamu. Maka dari itu, layar HP kamu kudu di-setting tetap menyala untuk memutar tampilan di layar TV. Bila HP mu mati, layar di televisi bakal ikutan mati. Repot banget bukan?

Sebetulnya hal ini dapat disiasati dengan beberapa cara, sob. Selain kamu harus mengisi daya HP kamu secara full sebelum menghubungkannya ke TV, kamu dapat memakai deretan HP baterai jumbo terbaik biar lebih tahan lama dan awet.

Bagaimana Cara Menggunakan Anycast?

Jika kamu pernah denar perangkat penghubung Android ke TV lainnya yang bernama Google Chromecast, penggunaannya nggak jauh beda kok, sob! Cara memakai Anycast ke TV maupun laptop pada dasarnya sama, intinya keduanya harus memiliki port HDMI, mengingat nantinya, Anycast bakal ditancapkan di sana.

Berikut cara menghubungkan HP ke TV/Laptop menggunakan Anycast:

  • Siapkan Anycast yang bakal kamu gunakan.
  • Download aplikasi Anycast lewat HP kamu yang ada di Google Play Store.
  • Setelah itu, cari port HDMI di belakang atau pinggir TV atau laptop kamu, kemudian hubungkan Anycast ke port HDMI.
  • Setelah terhubung, buka/aktifkan koneksi WiFi yang ada di HP kamu. Kalau sudah, silakan kamu masukkan Nama SSID dan password yang muncul di tampilan layar TV.
  • Kalau sudah terkoneksi secara benar, silakan buka aplikasi Anycast di HP kamu. Tekan tombol kecil pada perangkat Anycast yang sudah terhubung di TV.
  • Tunggu beberapa saat sampai layar TV berubah tampilan, dan tunggu sampai kedua perangkat saling terkoneksi dengan sempurna.
  • Setelah sudah menunjukkan notifikasi bahwa proses penyambungan sukses, kamu pun bisa mengatur layar HP ke posisi landscape. Tujuannya biar sesuai dengan layar TV dan lebih nyaman buat dilihat mata.
  • Selesai!

Seperti itulah cara menyambungkan HP Android ke TV maupun laptop dengan Anycast. Jangan segan untuk minta bantuan orang dewasa jika kamu belum begitu paham atau takut menancapkan perangkat asing ke TV.