Cara Cek BPJS Kesehatan Masih Aktif atau Tidak, Mudah Kok

Cara Cek BPJS Kesehatan – Hampir semua orang sekarang ini memiliki BPJS Kesehatan pribadi, dengan kelas yang bervariasi. Dengan terdaftar sebagai anggota BPJS Kesehatan, hal ini akan membantu mereka jika memang nanti harus berobat ke rumah sakit. Badan Penyelenggara Jaminan Sosial atau BPJS Kesehatan akan meringankan pembiayaan saat harus berobat ke rumah sakit.

Selain biaya pengobatan yang sepenuhnya gratis, memiliki BPJS Kesehatan juga akan membantu Anda untuk pengajuan sejumlah bantuan sosial. Misalnya saja pengajuan sebagai peserta JKN-KIS. Karena itulah, sangat penting untuk mengetahui apakah kenggotaan Anda di BPJS Kesehatan masih aktif atau tidak. Untuk mengetahuinya, berikut ini cara cek BPJS Kesehatan yang bisa Anda lakukan.

Cara Cek BPJS Kesehatan Masih Aktif atau Tidak

Langkah yang paling mudah untuk mengetahui status dari BPJS Kesehatan yakni dengan datang langsung ke kantor BPJS Kesehatan. Hanya saja, cara ini kurang cocok dilakukan bagi Anda yang super sibuk. Tenang saja, ada kok cara cek BPJS Kesehatan lewat HP atau perangkat sejenis lainnya. Informasi selengkapnya bisa Anda simak di bawah ini!

1. Cek BPJS Kesehatan melalui Aplikasi

Metode yang pertama untuk mengecek BPJS Kesehatan masih aktif atau sudah kadaluarsa yakni melalui aplikasi. Aplikasi yang dimaksud yakni bernama JKN-KIS BPJS yang bisa didownload langsung di Google Play Store atau Apple Store. Untuk langkah-langkahnya sendiri, sebagai berikut:

  • Langkah yang pertama Anda install aplikasi JKN-KIS BPJS melalui Google Play Store atau Apps Store. https://play.google.com/store/apps/details?id=app.bpjs.mobile&hl=in&gl=US
  • Jika sudah, langsung saja jalankan aplikasi tersebut.
  • Pada halaman utama aplikasi, Anda diminta untuk login ke akun pribadi. Masukkan nomor BPJS atau email terdaftar dan passwordnya.
  • Jika memang masih belum punya akun, maka Anda perlu melakukan pendaftaran terlebih dahulu di dalam aplikasi. Klik menu Register, kemudian isi formulir sesuai data diri Anda. Pastikan Anda sudah melakukan verifikasi akun melalui email yang didaftarkan.
  • Kami asumsikan Anda sudah berhasil login ke dalam aplikasi JKN-KIS BPJS. Untuk mengecek aktif atau tidaknya status keanggotaan Anda, bisa masuk ke menu Peserta.

Melalui aplikasi JKN-KIS BPJS ini Anda juga memungkinkan untuk mengecek tagihan iuran BPJS yang harus dibayar.

2. Cek BPJS Kesehatan Lewat Situs Resmi

Mungkin menurut Anda cukup ribet jika harus menginstall aplikasi tambahan di smartphone. Untuk itu, Anda bisa mencoba alternatif kedua ini untuk soal pengecekan status keanggotaan BPJS Kesehatan. Untuk langkah-langkahnya sendiri, yakni:

  • Langkah yang pertama Anda buka menu browser di HP android.
  • Kemudian kunjungi situs resmi BPJS Kesehatan melalui LINK INI.https://daftar.bpjs-kesehatan.go.id/bpjs-checking
  • Pada halaman utama situs, Anda akan diminta untuk mengisi beberapa informasi. Mulai dari informasi kartu BPJS Kesehatan, tanggal lahir dan juga kode validasi.
  • Jika sudah, selanjutnya Anda klik tombol Cek.
  • Nantinya di sana akan ditampilkan informasi mengenai keanggotaan Anda di BPJS Kesehatan, termasuk status keanggotaan apakah masih aktif atau sudah tidak.

3. Cek BPJS Kesehatan Lewat Chat Assistant dan Voice Interactive

Cara Cek BPJS Kesehatan Masih Aktif
Sumber gambar: jawapos

Cara lain untuk mengetahui status keanggotaan BPJS Kesehatan yakni dengan melalui Chat Assistant. Untuk Chat Assistant atau disingkat Chika Anda bisa menghubungi melalui WhatsApp dan Telegram di nomor 0811-8750-400. Selain itu, chat juga bisa langsung melalui Facebook resmi BPJS Kesehatan.

Sementara jika Anda lebih suka melalui sambungan telepon atau Voice Interactive (Vika), maka bisa langsung menghubungi Call Center 1500 400.

Itulah tadi beberapa cara cek BPJS Kesehatan aktif atau tidak melalui HP yang mudah dan praktis. Semoga informasi di atas bemanfaat.

Tinggalkan komentar