Cara Cek BPJS Ketenagakerjaan Lewat HP Android Terbaru 2021

Cara Cek BPJS Ketenagakerjaan Lewat HP Android Terbaru 2021

Cara Cek BPJS Ketenagakerjaan – Sebagian dari Anda mungkin masih belum tahu apa itu BPJS Ketenagakerjaan. BPJS Ketenagakerjaan merupakan salah satu badan hukum publik yang memiliki tujuan untuk melindungi para pekerja di Indonesia, baik dalam urusan formal ataupun informal.

BPJS Ketenagakerjaan sendiri tidak hanya ditujukan untuk pekerja Indonesia saja, melainkan juga pekerja asing yang bekerja di Indonesia. Namun, dengan syarat sudah bekerja di Indonesia lebih dari 6 bulan.

Perlindungan yang didapat oleh pekerja dari BPJS Ketenagakerjaan, meliputi Jaminan Kematian, Jaminan Pensiun, Jaminan Kecelakaan Kerja, dan Jaminan Hari Tua.

Terkadang kita suka penasaran berada jumlah saldo yang ada di BPJS Ketenagakerjaan kita. Tidak perlu bingung, karena di bawah ini kami akan membahasnya. Berikut ini cara cek BPJS Ketenagakerjaan lewat HP android yang mudah.

Cara Cek BPJS Ketenagakerjaan Lewat HP Android

Ada beberapa metode untul cek saldo BPJS Ketenagakerjaan sendiri lewat HP android. Setidaknya ada 3 metode cek BPJS Ketenagakerjaan di HP android yang diklaim paling mudah dan praktis, di antaranya:

1. Cara Cek Saldo BPJS Ketenagakerjaan Lewat Aplikasi

Cara Cek BPJS Ketenagakerjaan Lewat HP Android Terbaru 2021

Sudah disediakan aplikasi khusus untuk memudahkan pekerja mengecek isi saldo BPJS-nya lewat android. Aplikasi yang dimaksud tersebut bernama BPJSTKU yang sudah bisa diunduh langsung melalui Google Play Store. Untuk langkah-langkah cek BPJS Ketenagakerjaan lewat aplikasi BPJSTKU selengkapnya, yakni:

  • Langkah yang pertama Anda install aplikasi BPJSTKU melalui Google Play Store.
  • Selanjutnya Anda bisa langsung login ke akun BPJSTKU.
  • Jika masih belum punya akun, maka bisa melakukan pendaftaran terlebih dahulu. Untuk pendaftaran akun memerlukan nomor KPJ yang ada di kartu BPJS Ketenagakerjaan, nomor NIK KTP, nama dan tanggal lahir.  Selain itu, Anda juga perlu mengiri data diri sesuai yang diinstruksikan.
  • Kami asumsikan Anda sudah berhasil login ke akun BPJSTKU. Untuk mengecek saldo, Anda klik pada menu Lihat Saldo.

Aplikasi BPJSTKU tidak hanya tersedia untuk perangkat HP android saja, melainkan juga untuk iPhone.

2. Cara Cek Saldo BPJS Ketenagakerjaan Lewat SMS

Jika Anda mencari cara cek BPJS Ketenagakerjaan offline alias tanpa sambungan internet, maka cara ini bisa dijadikan alternatif. Untuk langkah-langkahnya sendiri, sebagai berikut:

  • Langkah yang pertama Anda buka menu Pesan yang ada di HP android.
  • Kemudian klik tombol untuk mengirim pesan baru.
  • Pada bagian kolom nomor tujuan, Anda isi dengan nomor 2725.
  • Kemudian pada bagian kolom isi pesan, Anda isi dengan format : DAFTAR (spasi) SALDO#NOMOR KTP#NAMA#Tanggal Lahir (dd-mm-yyyy)#Nomor Peserta BPJS.
  • Sebagai contohnya misal nama Anda Didik Purwanto lahir tanggal 12 Februari 1991. Maka format pesannya menjadi, DAFTAR SALDO#3508881202910032#Didik Purwanto#12-02-1991#1234453
  • Setelah SMS dikirim, nanti akan ada balasan yang berisi informasi nomor ID atau peserta Anda.
  • Balas lagi SMS tersebut dengan format SALDO (spasi) Nomor ID yang didapat tadi. Maka akan ada balasan SMS lagi yang berisi informasi saldo BPJS Ketenagakerjaan Anda.

3. Cara Cek Saldo BPJS Ketenagakerjaan Lewat Situs Resmi

Cara Cek BPJS Ketenagakerjaan Lewat HP Android Terbaru 2021

Dan metode yang ketiga yakni cek BPJS Ketenagakerjaan sendiri melalui situs resmi BPJS Ketenagakerjaan. Untuk langkah-langkahnya sendiri, sebagai berikut:

  • Pertama Anda buka browser di HP android.
  • Kemudian kunjungi situs resmi BPJS Ketenagakerjaan melalui LINK INI. https://www.bpjsketenagakerjaan.go.id/
  • Selanjutnya Anda klik pada menu navigasi Layanan Peserta, dan klik tombol Masuk pada menu Tenaga Kerja.
  • Sekarang Anda masuk akun BPJS Ketenagakerjaan Anda.
  • Jika sudah, selanjutnya klik pada menu Lihat Saldo.

Jika Anda belum punya akun sendiri, maka bisa melakukan pendaftaran terlebih dahulu melalui LINK INI. https://sso.bpjsketenagakerjaan.go.id/

Itulah tadi cara cek BPJS Ketenagakerjaan sendiri lewat HP android yang mudah dan praktis. Semoga informasi di atas bermanfaat.