Cara Mudah Mengetahui Alamat Email yang LUPA

Biasanya orang akan lupa mengenai password akun tapi tak sedikit pula yang lupa apa alamat email yang pernah ia buat dan saat ingin masuk kedalam situs tertentu ternyata email tersebut yang terdaftar. Jadi dalam artikel ini teknohits akan coba mengulas beberapa cara mengetahui alamat email yang kamu lupakan khususnya email gmail ya. Yuk disimak caranya berikut ini.

Cara Mencari Email yang Lupa Menggunakan Email Pemulihan

Untuk mengetahui email yang lupa, dalam langkah dan cara yang mimin akan uraikan berikut ini dapat kamu lakukan dengan menggunakan perangkat HP dan laptop, sobat. Tentu saja kamu akan tahu jika kamu sedang mendaftarkan akun email yang lain kamu akan diminta untuk memasukkan alamat email yang lain sebagai alamat email pemulihan atau istilahnya sebagai email cadangan.

Tujuan tentu saja supaya saat kamu lupa ID akun email milikmu atau kamu lupa dengan password email milikmu. Maka dengannya akun cadangan tersebut dapat menjadi alternatif saat kamu akan dikirimkan notifikasi seperti kode verifikasi atau kode PIN.

Selain itu juga demi faktor keamanan yakni ketika akun emailmu diretas atau di-hack oleh orang lain. Maka akun email pemulihan berguna untuk mengatasi atau memblokir tindakan itu. Seperti kamu pula dikirimkan email notifikasi jika terdapat indikasi tindakan yang mencurigakan ada akun milikmu. Kamu juga akan mendapat notifikasi apabila mengirimkan aktivitas penggantian nama akun Gmail.

Adapun cara dan langkah yang dapat kamu pakai sebagai cara mencari email yang lupa adalah sebagai berikut ini:

  • Langkah 1 – Buka Link Pemulihan Akun

Buka link atau alamat URL berikut https://accounts.google.com/signin/v2/usernamerecovery?flowName=GlifWebSignIn&flowEntry=ServiceLogin pada browser di PC atau HP milikmu, sobat. Lalu klik Next atau Berikutnya.

  • Langkah 2 – Masukkan Email Pemulihan

Berikutnya kamu masukkan email pemulihan yakni email yang kamu tautkan pada email yang tengah kamu cari itu. Selanjutnya klik Next atau Berikutnya.

  • Langkah 3- Masukkan Nama Depan dan Belakang

Pada langkah selanjutnya kamu akan diminta untuk memasukkan nama depan dan nama belakang dari akun Gmail yang kamu gunakan.Selanjutnya klik Next atau Berikutnya.

  • Langkah 4 – Minta Kirimkan Kode Verifikasi

Pada halaman next kamu akan diminta untuk setujui dikirimkan kode verifikasi atau PIN pada email pemulihan milikmu, sob. Bila kamu menyetujui maka klik Send pada halaman itu.

  • Langkah 5 – Masukkan Kode Verifikasi

Setelah kamu klik tombol Send pada halaman sebelumnya kamu kudu untuk buka kotak masuk atau inbox dari akun pemulihan milikmu dan cek kode verifikasi yang Google kirimkan padamu, sobat. Lalu kamu tinggal masukkan 6 digit kode verifikasi yang dikirimkan melalui email tersebut pada kolom yang disediakan tadi. Selanjutnya klik Next atau Berikutnya.

  • Langkah 6 – Cek Akun Email yang Lupa

Lalu halaman baru akan terbuka yang memunculkan daftar akun email yang terhubung dengan akun email pemulihan milikmu. Sehingga kamu akan mengetahui ID Gmail yang lupa tadi, sobat.

 

Tinggalkan komentar