Cara Cek Layar Samsung Normal atau Rusak, Wajib Tahu

Cara Cek Layar Samsung – Saat ingin membeli HP second atau bekas, sudah semestinya untuk kita mengecek semua kondisi dari HP tersebut. Mulai dari kondisi bodi, layar, baterai, hingga komponen dalamnya. Yang demikian ini tentunya akan mencegah Anda membeli HP yang sudah dalam keadaan rusak. Anda pasti tidak ingin hal ini terjadi dan Anda alami saat membeli HP bekas.

Khususnya untuk kondisi layar, ini merupakan yang paling penting untuk dicek kualitasnya. Pasalnya layar menjadi komponen utama yang mempengaruhi kenyamanan pengguna dalam mengoperasikan smartphone. Mengecek layar di setiap merek HP berbeda-beda. Dan pada artikel kali ini akan kami bahas cara cek layar Samsung masih normal atau sudah rusak. Informasi selengkapnya bisa Anda simak di bawah ini!

Cara Cek Layar Samsung Normal atau Rusak

Ada beberapa cara untuk mengecek kondisi layar HP Samsung, yakni secara manual, menggunakan kode rahasia, dan melalui aplikasi tambahan. Adapun cara cek layar Samsung paling mudah dan akurat selengkapnya, sebagai berikut:

1. Cek Layar HP Samsung Secara Manual

Cek Layar HP Samsung Secara Manual
Sumber gambar: qoala app

Cara yang pertama untuk mengecek kondisi layar Samsung adalah dengan cara manual. Di sini Anda bisa melihat kondisi fisik dari layar, apakah ada lecet, bercak atau bahkan pecah. Pastikan layar dalam kondisi baik dan mulus, tentunya ini menjadi poin penting untuk memastikan kondisi layar dalam keadaan baik.

Selain itu, cobalah untuk menghidupkan HP dan lihat konsistensi warna pada layar. Perhatikan apakah di layar tidak ada bercak hitam, garis atau yang lainnya. Dan saat ditekan, layar langsung merespon dengan cepat serta tidak menekan sendiri.

2. Cek Layar HP Samsung dengan Kode Rahasia

Cek Layar HP Samsung dengan Kode Rahasia
Sumber gambar: leskompi

Selain cara di atas, metode lain untuk mengecek kondisi layar Samsung yakni dengan menggunakan kode rahasia. Setiap merek smartphone punya kode rahasia sendiri, termasuk juga HP Samsung. Untuk langkah-langkah melakukannya sendiri, yakni:

  • Langkah yang pertama Anda buka menu Dial Up atau Panggilan di smartphone.
  • Kemudian ketik kode rahasia *#0*# maka akan muncul tampilan baru di layar.
  • Anda akan dibawa ke tampilan untuk mengecek kondisi layar HP Samsung. Beberapa menu test layar disediakan di sana, salah satunya adalah menu Touch.
  • Anda klik saja pada menu Taouch tersebut yang berguna untuk mengetes sensitivitas layar saat disentuh. Ketikan dipilih, Anda bisa mengetuk semua kotak yang disediakan di layar. Pastikan semua kotak tersebut berwarna hijau yang menandakan layar dalam kondisi baik.
  • Selain itu, Anda juga bisa mengecek kualitas warna yang ditampilan layar. Pengetesan ini bisa dilakukan dengan memilik menu Red (untuk tes kedalaman warna merah), Green (untuk tes kedalaman warna hijau) dan Bue (untuk tes kedalaman warna biru). Jika warna yang ditampilan di layar sesuai dengan menu yang dipilih, berarti layar dalam keadaan normal.

3. Cek Layar HP Samsung dengan Aplikasi

Dan cara yang ketiga untuk melakukan tes layar Samsung yakni dengan memanfaatkan aplikasi pihak ketiga. Ada banyak jenis aplikasi cek layar HP yang bisa Anda gunakan, seperti aplikasi Multi Touch Test, Partial Screen dan lain sebagainya.

Anda bisa menginstall salah satu aplikasi tersebut melalui Google Play Store untuk mengetes kondisi layar HP, apakah masih dalam keadaan normal atau rusak.

Itulah tadi beberapa cara cek layar Samsung paling mudah dan akurat bisa coba Anda terapkan. Semoga informasi di atas bermanfaat.