Cara Cek NISN Siswa Secara Online Tebaru 2021 Yang Mudah

Cara Cek NISN Siswa Secara Online Tebaru 2021 Yang Mudah

Cara Cek NISN Siswa – Nomor Induk Nasional Siswa atau yang disering disingkat NISN umum merupakan serangkaian nomor unik sebagai pengenal identitas siswa di Indonesia. Setiap siswa yang sekolah di Indonesia pasti memiliki NISN tersebut. Dan biasanya NISN dibutuhkan oleh siswa ketika ingin mendaftar ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi, misalnya dari SMA ke perkualiahan.

Untuk bisa masuk ke Perguruan Tinggi Negeri, para siswa diharuskan untuk mengikuti seleksi terlebih dahulu. Dan pendaftaran mengikuti seleksi tersebut mengharuskan siswa melampirkan NISN. Untuk mengetahui NISN tersebut sekarang sudah bisa lebih mudah dilakukan secara online. Berikut ini cara cek NISN siswa secara online yang bisa coba Anda terapkan sendiri.

Cara Cek NISN Siswa Secara Online Tebaru

Mengetahui NISN siswa sangatlah penting, karena nomor unik tersebut memang memiliki fungsi dan tujuan yang krusial bagi siswa. Sayangnya, terkadang para siswa lupa dengan nomor NISN miliknya. Sebenarnya siswa bisa langsung menanyakan NISN miliknya dengan datang langsung ke sekolahnya. Akan tetapi, ini tentunya cukup merepotkan, apalagi jika jarak sekolah siswa cukup jauh dari rumah.

Tidak perlu khawatir, karena sekarang mengecek NISN siswa sudah bisa dilakukan secara online. Anda bisa memanfaatkan situs resmi dari Kemendikbud untuk mengakses data NISN tersebut. Situs Kemendikbud menjadi pusat data bagi siswa dari seluruh daerah di Indonesia. Terdapat pula layanan untuk mengecek NISN siswa berdasarkan sekolah ataupun nama mereka.

Adapun cara cek NISN siswa secara online melalui situs Kemendikbud selengkapnya, sebagai berikut:

  • Langkah yang pertama Anda kunjungi situs resmi Kemendikbud melalui LINK INI.https://referensi.data.kemdikbud.go.id/nisn/
  • Pada halaman utama situs, Anda klik pada menu Pencarian Nama yang ada di bagian pojok kanan atas. Pemilihan menu ini karena tujuan Anda adalah mencari nomor NISN yang belum diketahui. Jadi, data NISN tersebut bisa dicari dan difilter sesuai dengan nama Anda.
  • Pada halaman baru yang ditampilkan, sekarang Anda isi kolomnya sesuai data diri. Mulai dari nama lengkap, tempat lahir (kota/kabupaten), tanggal lahir, nama ibu kandung, dan juga kode captcha sesuai yang ada di dalam kotak.
  • Jika sudah diisi semua, selanjutnya Anda klik tombol Cari Data.
  • Maka di sebelah kanan layar akan ditampilkan informasi NISN yang sesuai dengan data yang dimasukkan tadi. Pastikan Anda sudah memasukkan data dengan benar agar NISN bisa ditemukan.

Pencarian Data Siswa Berdasarkan NISN Siswa

Sementara untuk cara yang kedua ini bukan bertujuan untuk mencari NISN siswa, melainkan sebaliknya. Mungkin Anda membutuhkan data penting tentang status Anda sebagai siswa, di sini Anda bisa mengeceknya menggunakan NISN yang dimiliki. Untuk langkah-langkahnya sendiri, sebagai berikut:

cara mengecek nomor induk siswa sekolah

  • Pertama Anda buka browser dan kunjungi situs Kemendikbud melalui LINK INI.
  • Pada halaman utama situs, selanjutnya Anda isi kolom yang tersedia sesuai instruksi. Mulai dari nomor NISN siswa, nama ibu kandung dan juga kode captcha-nya.
  • Jika sudah, selanjutnya klik tombol Cari Data.
  • Nantinya akan langsung ditampilkan data siswa berdasarkan NISN yang dimasukkan tadi.

Link situs Kemendikbud yang kami lampirkan di atas merupakan link alternatif. Pasalnya, link yang utama yakni (https://nisn.data.kemdikbud.go.id/) masih dalam proses konfigurasi server. Kemungkinan jika sudah proses konfigurasi sudah selesai, link akan dialihkan lagi ke link utama tersebut.

Itulah tadi beberapa cara cek NISN siswa secara online yang paling mudah dan cepat bisa Anda terapkan. Semoga informasi di atas bermanfaat.