Cara Cek Pajak Motor Lewat HP Android Terbaru 2021

Cara Cek Pajak Motor – Sudah wajib hukumnya bagi setiap pemilik kendaraan bermotor untuk membayar pajak motor. Pembayaran pajak motor ini sendiri terbagi menjadi dua jenis, yakni pajak tahunan dan pajak lima tahunan. Untuk besaran pajak yang harus dibayar  berbeda-beda, tergantung jenis motornya.

Kalau dulu membayar pajak hanya bisa dilakukan secara langsung dengan datang ke Samsat atau melalui Samsat keliling. Tetapi tidak untuk sekarang ini, Anda sudah bisa melakukan pembayaran pajak secara online melalui HP.

Namun, sebelum membayar sebaiknya Anda lakukan pengecekan terlebih dahulu dan ini juga bisa dilakukan melalui perangkat HP. Bagi Anda yang belum tahu, berikut cara cek pajak motor online lewat HP yang bisa diterapkan.

Cara Cek Pajak Motor Lewat HP Android yang Mudah

Sangat mudah untuk melakukan pengecekan pajak motor secara online dan offline di HP android dan iOS. Hanya saja, memang tidak semua orang mengetahui cara tersebut. Adapun cara cek pajak motor lewat smartphone selengkapnya, sebagai berikut:

1. Memeriksa Pajak Motor Lewat Situs

Cara Cek Pajak Motor Lewat HP Android Terbaru 2021
Sumber gambar: carmudi

Cara yang pertama untuk mengecek biaya pajak kendaraan bermotor yakni dengan melalui situs resmi. Setiap provinsi sudah memiliki situs resmi yang memudahkan masyarakatnya untuk mengecek besar pajak sepeda motor milik mereka. Anda tinggal mengunjungi situs tersebut dan lakukan pengeckan dengan memasukkan nomor plat dan informasi penting lainnya.

Tidak hanya bisa mengecek biaya pajak motor, beberapa situs juga menyediakan layanan untuk pembayaran pajak motor online. Berikut ini beberapa situs resmi Samsat untuk beberapa daerah di Indonesia, di antaranya:

Untuk beberapa daerah lainnya kemungkinan masih belum menyediakan layanan e-Samsat Online. Tetapi, beberapa waktu ke depan pasti daerah-daerah lain akan menyediakannya. Mengingat saat ini banyak orang yang lebih suka melakukan transaksi melalui perangkat smartphone dibanding ke tempatnya langsung.

2. Melihat Pajak Motor Lewat Aplikasi

Cara Cek Pajak Motor Lewat HP Android Terbaru 2021
Sumber gambar: seputar bandung raya

Selain melalui situs resmi, cara lain untuk mengecek pajak kendaraan bermotor yakni dengan memanfaatkan aplikasi pihak ketiga. Tentunya bukan sembarang aplikasi yang bisa digunakan, melainkan aplikasi resmi yang disediakan oleh pemerintah. Aplikasi untuk cek pajak motor yang dimaksud tersebut yakni bernama Pajak Online.

Aplikasi Pajak Online ini sendiri sudah bisa Anda unduh dan install langsung melalui Google Play Store. Cara penggunaannya juga terbilang mudah, cukup mengisi beberapa kolom sesuai instruksi, maka informasi pajak motor akan langsung ditampilkan.

3. Mengecek Pajak Motor Lewat SMS

Cara Cek Pajak Motor Lewat HP Android Terbaru 2021
Sumber gambar: kumparan

Mungkin Anda mencari cara cek pajak motor offline di HP, maka cara terakhir ini bisa dijadikan alternatif. Di sini Anda bisa memanfaatkan layanan SMS di smartphone android. Sayangnya belum semua daerah bisa melakukan cara ini. Untuk saat ini, hanya wilayah Jawa Barat saja yang menyediakan layanan cek pajak motor melalui SMS.

Untuk langkah-langkah cek biaya pajak sepeda motor melalui layanan SMS, yakni:

  • Buka aplikasi Pesan dan klik untuk membuat pesan baru.
  • Pada kolom nomor tujuan bisa Anda isi dengan nomor 08112119211.
  • Kemudian pada kolom isi pesan bisa Anda isi dengan format: Info (spasi) Kode Plat/Nomor Plat/Kode Seri Plat (spasi) Warna Plat.
  • Sebagai contohnya, misal plat motor Anda B 1234 AJ dan berwarna hitam, maka formatnya: Info B/1234/AJ Hitam
  • Kemudian tinggal kirim pesan tersebut. Nantinya akan ada SMS balasan yang menginformasikan pajak motor yang harus dibayar.

Itulah tadi beberapa cara cek pajak motor secara online dan offline melalui HP android yang bisa Anda terapkan. Semoga informasi di atas bermanfaat.