Cara Cek RAM Laptop Semua Tipe dan Merek Paling Mudah 2021

Cara Cek RAM Laptop – RAM atau Random Access Memory merupakan komponen dalam laptop yang berfungsi sebagai tempat penyimpanan sementara. Data yang disimpan di RAM berupa cache, cookie, hingga data sistem. Semua data yang tersimpan di RAM ini akan dihapus secara permanen saat laptop dimatikan atau direstart. Fungsi lain dari RAM ini adalah untuk mempercepat loading software saat dijalankan di momen kedua.

Masing-masing perangkat laptop dibekali dengan kapasitas RAM yang berbeda-beda, mulai dari 512MB, 2GB, 4GB, 6GB, 8GB dan seterusnya. Semakin besar kapasitas RAM, maka akan semakin cepat kinerja multitasking dari laptop.

Mungkin Anda belum tahu kapasitas RAM yang digunakan di perangkat laptop, dan Anda ingin sekali mengetahuinya. Tidak sulit, kok. Berikut ini cara cek RAM laptop yang paling akurat dan mudah bisa Anda terapkan.

Cara Cek RAM Laptop Paling Cepat dan Akurat

Ada beberapa metode untuk mengetahui kapasitas RAM pada laptop atau PC. Dan beberapa metode tersebut sangat mudah dilakukan, bahkan Anda yang masih pemula. Adapun cara cek RAM laptop selengkapnya, sebagai berikut:

1. Mengetahui RAM Laptop Lewat Control Panel

Cara yang pertama untuk mengetahui kapasitas RAM pada laptop yakni melalui menu Control Panel. Cara ini diklaim yang paling mudah dan akurat untuk dilakukan. Untuk langkah-langkahnya sendiri, yakni:

Cara Cek RAM Laptop Lewat Control Panel

  • Langkah pertama Anda buka menu Control Panel dengan cara klik ikon Windows di pojok kiri bawah tampilan, kemudian klik menu Control Panel.
  • Pada jendela Control Panel, Anda masuk ke opsi System and Security.
  • Kemudian masuk ke opsi System.
  • Di jendela tersebut Anda sudah bisa melihat berapa kapasitas RAM yang didukung di laptop. Selain RAM, di jendela ini Anda juga bisa mengetahui informasi prosesor, tipe OS, hingga status OS yang digunakan.
  • Selesai.

2. Melihat RAM Laptop Lewat DxDiag

Alternatif lain untuk mengecek kapasitas RAM di laptop yakni melalui menu DxDiag atau DirectX Diagnostic Tool. Di sini Anda tidak hanya bisa mengetahui kapasitas RAM, melainkan juga spesifikasi laptop lainnya. Mulai dari dukungan prosesor, DirectX version, resolusi layar, sound, hingga perangkat inputan.

Mengenai cara mengetahui RAM laptop melalui menu DxDiag selengkapnya, yakni:

cara mengetahui ram laptop yang terpakai

  • Langkah yang pertama Anda buka Windows Run, caranya klik tombol Windows + R secara bersamaan.
  • Pada tampilan Windows Run, Anda ketik perintah “dxdiag” (tanpa menggunakan tanda petik). Kemudian klik tombol OK untuk melanjutkan.
  • Nantinya akan ditampilkan jendela DxDiag di layar laptop.
  • Di jendela tersebut Anda sudah bisa melihat kapasitas RAM yang didukung di laptop, tepatnya di bagia Memory.
  • Selesai.

3. Mengecek RAM Laptop Menggunakan Aplikasi

Cara yang ketiga untuk melihat kapasitas RAM laptop atau PC  windows yakni dengan menggunakan aplikasi atau software tambahan. Salah satu software yang bisa Anda gunakan yakni aplikasi CPU-Z. Tidak hanya bisa digunakan di HP android, CPU-Z juga tersedia versi PC-nya.

Mengenai cara menggunakan CPU-Z untuk mengetahui kapasitas RAM laptop selengkapnya, yakni:

cara mengetahui ram laptop windows 7

  • Langkah pertama Anda download aplikasi CPU-Z melalui LINK INI. https://www.cpuid.com/softwares/cpu-z.html
  • Install aplikasi tersebut dan langsung jalankan.
  • Tunggu sampai proses scanning berhasil dilakukan oleh CPU-Z.
  • Nantinya di jendela aplikasi akan ditampilkan spesifikasi dari laptop, termasuk informasi RAM yang digunakannya.
  • Selesai

Itulah tadi beberapa cara cek RAM laptop paling mudah dan akurat bisa coba Anda terapkan sendiri. Semoga informasi di atas bermanfaat dan bisa membantu.