Cara Cek Akreditasi Kampus dan Jurusan bagi Calon Mahasiswa

https://www.teknohits.com/2094/cara-cek-Bagaimana cara cek akreditasi kampus adalah hal yang wajib Anda tanyakan sebelum menjadi seorang mahasiswa. Akreditasi sangat berpengaruh terhadap kualitas pendidikan dan juga akan berdampak nantinya saat Anda lulus dan ingin mencari pekerjaan. Kampus di Indonesia sendiri sangatlah banyak, mulai dari negeri ataupun yang swasta. Maka dari itu, wajib untuk Anda mengetahui akreditasi calon kampus Anda.

Cara Cek Akreditasi Kampus dan Jurusan yang Harus Anda Ketahui

Yang harus Anda ketahui terlebih dahulu, akreditasi sendiri dikeluarkan oleh lembaga bernama BAN-PT atau kepanjangan dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi. Nantinya, setiap kampus yang ada di Indonesia akan mendapatkan peringkat, yang mana dinilai dari suatu indikator tertentu. Nantinya, hasil dari penilaian akan memberikan akreditasi.

BAN-PT ini juga akan memberikan sertifikat akreditasi sehingga akreditasi yang dikeluarkan resmi dan juga sebagai bukti sah atas hasil penilaian peringkat. Dengan begini, akreditasi disini sudah pasti sama dan valid. Cara untuk cek akreditasi ini antara lain adalah sebagai berikut:

  1. Cek akreditasi kampus

Cara Cek Akreditasi Kampus dan Jurusan
Sumber gambar: dadang jsn

Cara untuk mengetahui suatu akreditasi dari kampus Anda sangatlah mudah, Anda hanya perlu membuka halaman www.banpt.or.id dan nantinya Anda harus memilih menu “Data Akreditasi”. Setelah itu, Anda bisa memilih “institusi terkini”. Anda kemudian bisa menuliskan kampus yang ingin Anda lihat akreditasinya. Tidak hanya itu, Anda bisa melihat hasil akreditasi lengkap dengan SK dan waktu berakhirnya SK tersebut.

  1. Cara cek akreditasi jurusan

Cara Cek Akreditasi Kampus dan Jurusan
Sumber gambar: SEVIMA

Setelah melihat kampusnya, Anda bisa juga melihat akreditasi jurusannya. Caranya adalah membuka laman www.banpt.or.id kemudian Anda bisa memilih menu “Data akreditasi”. Selanjutnya pilih “program studi”.

Tetapi yang perlu Anda ketahui, biasanya untuk universitas sendiri sudah menyediakan file untuk data akreditasi jurusannya. Anda bisa melihatnya pada laman resmi universitas tersebut. Tentunya soft file yang disediakan ini lebih ringkas jika Anda memang ingin melihat berbagai akreditasi jurusan pada satu kampus atau universitas.

Kampus Negeri Dengan Akreditasi Terbaik di Indonesia

Cara Cek Akreditasi Kampus dan Jurusan
Sumber gambar: institut Teknologi Bandung

Jika Anda berminat untuk melanjutkan pendidikan di kampus negeri, maka Anda wajib mengetahui tentang informasi kampus negeri dengan akreditasi terbaiknya. Apa saja kampus tersebut? antara lain adalah sebagai berikut:

  1. Institut Teknologi Bandung (ITB)  di Bandung, Jawa Barat
  2. Universitas Gadjah Mada (UGM) di Yogyakarta
  3. IPB / Institut Pertanian Bogor, Jawa Barat
  4. Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) di Surabaya, Jawa Timur
  5. Universitas Indonesia (UI) di Depok, Jawa Barat
  6. Universitas Diponegoro di Semarang, Jawa Tengah
  7. Universitas Airlangga (Unair) di Surabaya, Jawa Timur
  8. Universitas Hasanuddin (Unhas) di Makassar, Sulawesi Selatan
  9. Universitas Brawijaya (UB) di Malang, Jawa Timur
  10. Universitas Padjadjaran (Unpad) di Bandung, Jawa Barat

Untuk peringkat di atas sudah dikonfirmasi langsung oleh Kemenristekdikti sehingga sudah dipastikan datanya kredibel. Kampus di atas memiliki akreditasi A dengan banyak sekali jurusan di dalamnya juga akreditasi A. Kampus yang merupakan top 10 di Indonesia ini setiap tahunnya selalu menjadi incaran bagi calon mahasiswa.

Cara cek akreditasi kampus di atas sangatlah mudah, bukan? Jadi tidak ada alasan lagi untuk Anda malas atau hanya mengira-ngira akreditasi jurusan yang Anda inginkan. Semoga Anda masuk kampus yang Anda impikan. Jangan lupa mempersiapkan diri baik secara hard skill atau soft skill karena itulah yang sangat dibutuhkan nantinya di dunia perkuliahan dan dunia kerja.

Akhir kata, semangat untuk generasi penerus bangsa dan semoga kesuksesan menyertai kita semua.

Tinggalkan komentar