Cara Cek Info GTK Untuk Kesejahteraan Guru dan Tenaga Pendidik di Indonesia

Cara cek info GTK dapat langsung menuju website info gtk kemendikbud. Ditjen GTK adalah salah satu Direktorat Jenderal di bawah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. Divisi ini khusus menangani masalah perumusan dan pengambilan kebijakan guru dan tenaga pendidik.

Guru atau tenaga pendidik adalah orang yang secara profesional menjalankan tugas untuk mengajar, mengarahkan, melatih, dan mengevaluasi peserta didik dari jalur pendidikan formal. Guru dapat mengajar di sekolah formal seperti SD, SMP, SMA.

Di Indonesia sendiri terdapat guru untuk sekolah negeri yang biasanya berstatus pegawai negeri atau pegawai honorer. Selain itu juga terdapat guru sekolah swasta yang biasanya berstatus pegawai swasta. Akan tetapi, sertifikasi guru tetap dilakukan di satu wadah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Ada juga tenaga pendidik non formal misalnya saja guru untuk kursus keahlian, bimbingan belajar, dan yang lainnya. Tenaga ini juga diatur dalam peraturan perundangan.

Cara Cek Info GTK Dari Website Resmi Kemendikbud

Cara Cek Info GTK Dari Website Resmi Kemendikbud
Sumber gambar: tribun

GTK dapat dikatakan juga sebagai salah satu bentuk sertifikasi dan registrasi guru-guru yang ada di Indonesia. Di masa pandemi ini, guru honorer harus terdaftar ke GTK untuk mendapatkan bantuan subsidi upah (BSU).

Untuk dapat membuat akun GTK biasanya akan dibuat oleh operator sekolah. Mereka dapat memasukkan data individu tenaga pengajar ke aplikasi Daprodik. Selain dibantu oleh operator, hal ini juga dapat langsung dilakukan oleh tenaga pendidik. Akan tetapi persyaratan utamanya, mereka harus tergabung menjadi tenaga pendidik dalam suatu instansi atau sekolah formal.

Cara mengeceknya dapat langsung masuk ke info gtk kemendikbud. Semua guru tentu sudah memiliki akun PTK dan password yang sudah diregistrasi dan verifikasi. Adapun langkah-langkah untuk mengecek info GTK adalah:

  1. Buka website info gtk Kemendikbud
  2. Pilih login langsung ke GTK yang merupakan kitak berwarna hijau muda
  3. Selanjutnya akan muncul halaman login, lalu masukkan akun PTK pada Daprodik dan juga password. Setelah itu klik login.
  4. Setelah berhasil login maka akan muncul informasi seperti nama bank penyalur. Jika sudah terdapat info ini maka Anda dinyatakan lolos sebagai penerima BSU.

Syarat Penerima BSU dan Mekanisme Pencairannya

Syarat Penerima BSU dan Mekanisme Pencairannya
Sumber gambar: pikiran rakyat

Pemerintah melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan memberikan bantuan subsidi upah (BSU) terkait pandemi corona kepada guru-guru honorer sebesar Rp. 1.800.000. Ada beberapa persyaratan untuk dapat menerima bantuan ini diantaranya:

  1. Merupakan warga negara Republik Indonesia.
  2. Berstatus non pegawai negeri sipil. Atau bisa juga merupakan tenaga honorer.
  3. Tidak tercatat dan terbukti sebagai penerima bantuan subsidi upah yang dari Kementerian Tenaga Kerja.
  4. Tidak terdaftar sebagai peserta kartu prakerja
  5. Memiliki penghasilan di bawah Rp. 5.000.000/bulan.

Apabila semua persyaratannya terpenuhi dan dilakukan pengajuan ke pemerintah, maka secara otomatis Anda akan terdaftar sebagai penerima BSU. Jika memang terdaftar, ada beberapa mekanisme untuk dapat mencairkan bantuan tersebut yaitu:

  1. Cek info GTK sesuai yang telah di jelaskan sebelumnya. Jika Anda memang terdaftar sebagai penerima bantuan maka akan tertera tentang pencairan, rekening, lokasi bank penyalur, dan lain sebagainya.
  2. Siapkan dokumen seperti NPWP, KTP, Surat Keputusan Penerima BSU, dan Surat Pertanyaan Tanggung Jawab Mutlak. Kedua surat tersebut dapat diunduh di laman info gtk.
  3. Mendatangi bank penyalur untuk aktivasi rekening dan menerima bantuan.

Begitulah cara cek info GTK dari Kemendikbud. Semoga guru dan tenaga pendidik Indonesia tetap bisa bertahan di tengah hantaman pandemi corona.

Tinggalkan komentar