Cara Cek Jaminan Pensiun Saldo BPJS Tenaga Kerja Online dan Offline

Cara cek jaminan pensiun BPJS Ketenagakerjaan tidaklah sulit. Maka dari itu yuk simak artikel berikut untuk mengetahui bagaimana cara mengecek jaminan pensiun.

BPJS Ketenagakerjaan merupakan salah satu lembaga negara yang menyediakan layanan jaminan sosial dan perlindungan bagi tenaga kerja dari resiko dalam sebuah hubungan kerja. Ada berbagai resiko yang dapat terjadi pada saat Anda bekerja misalnya kecelakaan kerja, kematian, dan juga jaminan pensiun di masa tua.

Beberapa program jaminan pensiun untuk peserta BPJS Ketenagakerjaan yaitu pensiun hari tua, pensiun cacat, pensiun janda/duda, dan pensiun anak. Kesemua program tersebut memiliki aturan jangka waktu dan iuran masing-masing.

Apabila Anda telah mengikuti salah satu dari program jaminan pensiun BPJS Ketenagakerjaan, maka Anda dapat mengecek secara berkala mengenai keanggotaan, saldo, ataupun info lainnya perihal keanggotaan Anda.

Cara Cek Jaminan Pensiun BPJS Ketenagakerjaan Secara Online

Beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengecek jaminan pensiun diantaranya:

 

Melalui Website

Cara Cek Jaminan Pensiun Saldo BPJS Tenaga Kerja Online dan Offline
Sumber gambar: secangkir terapi

Siapkan kartu BPJS  TK dan nomor KJP. Selanjutnya Anda dapat masuk ke halaman website resmi BPJS TK. Pertama klik menu Layanan Peserta . Lalu pilih Tenaga Kerja dan klik Masuk. Dari sini akan muncul 3 pilihan yaitu BPJSTKU, Antrian Online, dan Tracking Klaim.

Jika Anda ingin mengecek saldo jaminan pensiun maka dapat memilih BPJSTKU. Selanjutnya Anda akan masuk menuju halaman login. Lalu masukkan alamat email yang Anda daftarkan berikut kata sandinya. Di halaman selanjutnya akan tertera banyak menu, pilih Saldo untuk dapat mengecek saldo jaminan pensiun Anda.


  1. Melalui Aplikasi BPJSTKU

Cara Cek Jaminan Pensiun Saldo BPJS Tenaga Kerja Online dan Offline
Sumber gambar; perempuan april

Aplikasi ini dapat di unduh di App Store maupun Play Store di masing-masing ponsel Anda. Apabila belum terdaftar, maka Anda harus memasukkan data diri lengkap dan melakukan verifikasi lewat email atau SMS. Selanjutnya data Anda akan teraktivasi dan dapat digunakan.

Apabila data Anda sudah terisi dengan benar, maka aplikasi akan dapat menampilkan segala informasi mengenai BPJS TK termasuk dapat mengetuk Lihat Saldo untuk mengetahui saldo jaminan pensiun Anda.

  1. Cek Saldo BPJS Via SMS

Cara ini sangat mudah karena tidak memerlukan ponsel pintar dalam pengoperasiannya. Jika Anda menggunakan ponsel biasa juga masih bisa mengecek saldo BPJS TK lewat SMS. Caranya adalah dengan mengetik DAFTAR(spasi)SALDO#No. KTP#Tanggal Lahir#Nomor Peserta dan kirim ke 2757.

  1. Cek Saldo BPJS Melalui Call Center

Anda juga dapat menghubungi call center BPJS TK di nomor 175. Disini Anda akan terhubung dengan layanan pelanggan. Mereka dapat memberikan segala macam informasi tentang layanan BPJS TK termasuk juga saldo jaminan pensiun Anda.

Cara Cek Saldo Jaminan Pensiun BPJS Ketenagakerjaan Secara Offline

Cara Cek Jaminan Pensiun Saldo BPJS Tenaga Kerja Online dan Offline
Sumber gambar: BPJS ketenagakerjaan

Datang langsung ke kantor BPJS Ketenagakerjaan

Cara ini merupakan cara terakhir yang dapat dilakukan apabila cara di atas tidak bisa dilakukan. Akan tetapi memang ada beberapa kalangan yang lebih nyaman datang langsung ke kantornya untuk mendapatkan konsultasi. Anda dapat mendatangi kantor BPJS TK terdekat di wilayah Anda. Jangan lupa mengambil nomor antrian dan menunggu giliran untuk mendapatkan pelayanan.

Memiliki jaminan pensiun akan sangat membantu Anda merencanakan masa depan. Baik itu pensiun untuk Anda sendiri, anak, suami/istri, dan tujuan yang lainnya. Maka dari itu jangan bingung jika sudah mendaftar di BPJS Ketenagakerjaan.

Anda dapat menggunakan cara cek jaminan pensiun di atas untuk mengecek akun Anda. Jika belum mengikuti program jaminan pensiun, segera datang ke kantor BPJS TK terdekat untuk dapat mengikuti program ini.

Tinggalkan komentar