Cara Cek Nomor NPWP Lewat Online dan Offline Terbaru 2021

Ada banyak cara cek nomor NPWP Anda. NPWP adalah kepanjangan dari nomor pokok wajib pajak. Setiap orang yang memiliki penghasilan, wajib membayar dan melaporkan pajaknya melalui Direktorat Jenderal Pajak (DJP). Mereka disebut dengan wajib pajak.

NPWP ada dua jenis yaitu untuk orang pribadi dan badan usaha. NPWP pribadi wajib dimiliki oleh orang yang memiliki penghasilan dari pekerjaan, pekerjaan bebas, dan usaha. Sedangkan NPWP badan usaha berupa badan usaha milik pemerintah dan swasta.

Memiliki NPWP akan mempermudah Anda untuk mengurusi masalah pajak, juga beberapa persyaratan administrasi di bank seperti peminjaman uang, cicilan properti dan lain sebagainya. Dengan memiliki NPWP wajib pajak tentunya akan terhindari dari sangsi hukum karena sudah diatur dalam undang-undang bahwa semua warga negara yang berpenghasilan harus membayar pajak.

Daripada semakin penasaran, bagaimana kalau langsung disimak beberapa cara cek nomor NPWP dibawah ini.

Cara Mengetahui Nomor NPWP Secara Online

Untuk mengecek nomor NPWP secara online dapat dilakukan dengan beberapa cara yaitu aplikasi DJP dan website resmi pajak.

Cek Nomor NPWP Melalui Aplikasi DJ

Cek Nomor NPWP Lewat Online dan Offline
Sumber gambar: panduan DJP online

Aplikasi yang dimaksud adalah djponline. Jika Anda sudah pernah mendaftarkan wajib pajak secara online maupun offline, maka Anda akan memiliki nomor NPWP dan registrasi e-FIN. Langkah-langkah yang dilakukan yaitu:

  1. Buka aplikasi djponline di ponsel ataupun di komputer PC. Selanjutnya Anda akan menemukan halaman login pajak.
  2. Masukan nomor NPWP dan kode e-FIN yang Anda miliki. Pastikan jika kode tersebut telah di aktivasi. Isi juga kode keamanan sesuai dengan yang tertera di layar Anda. Selanjutnya klik verifikasi.
  3. Anda akan masuk ke halaman utama profil pajak, lalu masuk ke akun Anda dan tuliskan email, nomor handphone, dan masukkan juga kode keamanan yang tertera. Berikutnya Anda juga harus membuat password yang digunakan untuk login ke halaman pajak. Selanjutnya klik simpan.
  4. Buka email yang telah Anda daftarkan, disana akan tertera kiriman email dari DJP online dan klik aktivasi untuk mengaktifkan akun Anda. Selanjutnya akan ada pemberitahuan melalui email bahwa aktivasi akun Anda berhasil.
  5. Ulangi langkah awal dengan masuk ke akun DJP online dengan mengisi NPWP dan password.
  6. Setelah masuk ke halaman utama, artinya akun Anda telah aktif.

Melihat Nomor NPWP Melalui Website Resmi

Cek Nomor NPWP Lewat Online dan Offline
Sumber gambar: ulasan pajak

Website resmi yang dimaksud adalah ereg pajak. Adapun langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

  1. Buka situs ereg pajak di browser.
  2. Isi nomor NPWP , password dan kode keamanan. Selanjutnya klik login.
  3. Anda akan menuju halaman DJP Pajak dan langsung menuju kolom email.
  4. Apabila NPWP masih aktif, maka kolom nama akan mendeteksi pemilik dari NPWP tersebut.

Apabila masih bingung Anda juga dapat menghubungi Kring Pajak di nomor 1500200. Disana Anda akan dibantu oleh petugas tentang keluhan apapun mengenai pajak Anda.

Cek Nomor NPWP Secara Offline

Cara mengecek nomor  NPWP secara offline adalah dengan langsung mendatangi kantor pajak terdekat di wilayah Anda. Persyaratannya cukup mudah yaitu cukup dengan membawa KTP dan NPWP yang sudah dimiliki untuk pajak perorangan atau pribadi.

Apabila ingin mengecek NPWP untuk perusahaan harus membawa akte perusahaan dan surat kuasa jika nama Anda tidak tertera dalam akta perusahaan. Apabila data yang diperlukan sudah lengkap, maka pengecekan nomor tidaklah memakan waktu lama.

Cara cek nomor NPWP tidaklah sulit. Apabila belum memiliki NPWP maka Anda juga dapat mendaftar melalui berbagai cara di atas. Semoga artikel tersebut membantu mengatasi masalah pajak Anda.