Bahaya! Inilah Dampak Sinar Biru Layar HP Terhadap Kesehatan

Bahaya! Inilah Dampak Sinar Biru Layar HP Terhadap Kesehatan

Hallo guys tentunya kamu tahu dong pepatah yang mengatt jika Segala hal yang berlebihan itu tidak baik? Ya. tentu saja itu benar guys. Salah satu contoh yang berlebihan itu adalah bermain Smartphone.

Ya. smartphone merupakan barang sangat sangat dibutuhkan saat ini karena banyak fungsinya. tapi kamu tidak boleh menggunakan perangkat ini secara berlebihan ya karena ada Sinar Biru Layar HP yang tdak baik untuk kesehatan kamu.

Lantas, tahukah Anda bahaya sinar biru atau blue light?

Cahaya biru layar hp

Cahaya biru adalah sebuah cahaya yang mempunyai panjang gelombang lebih pendek dengan energi yang lebih tinggi dibandingkan warna lain. Sebagaimana kita ketahui, jika spektrum cahaya terdiri dari beberapa warna, yakni merah, oranye, kuning, hijau, biru, nila dan ungu.

Dikutip dari WebMd, penelitian tunjukan jika hubungan antara kerusakan mata dan cahaya biru berkisar dengan panjang gelombang antara 415 dan 455 nanometer. Padahal sebagian cahaya dari LED yang ada pada smartphone, TV, dan tablet memiliki panjang gelombang antara 400 dan 490 nanometer.

Saat didalam jumlah besar, cahaya biru bisa berbahaya untuk kesehatan mata, seperti contohnya cahaya biru yang dipaparkan sinar matahari. Lalu apa dampak cahaya biru dari layar digital bisa sangat berbahaya? Hal ini masih memerlukan lebih banyak penelitian lagi.

Dampak bahaya cahaya biru

Berikut dampak cahaya biru yang berbahaya bagi penglihatan, sampai kesehatan:

1. Cahaya biru pada kesehatan mata

Para ahli mengatakan jika cahaya biru bisa berdampak pada kelelahan mata digital atau yang disebut dengan sindrom penglihatan komputer. Sindrom ini pengarigi 50 persen pengguna komputer yang dicirikan pada mata kering, iritasi dan penglihatan kabur.

Cahaya biru pula disebut-sebut dapat merusak retina atau disebut dengan fotoksisitas. Adapun kerusakan ini tergantung pada panjang gelombang maupun waktu paparannya. Sebuah penelitian pada hewan menunjukkan bahwa paparan beberapa menit hingga beberapa jam bisa berbahaya. Sehingga terdapat sebuah filter yang dapat membantu terpotongnya 94 persen cahaya biru bisa mengurangi kerusakan.

2. Cahaya biru mempengaruhi kualitas tidur

Berinteraksi lama dengan layar gadget di malam hari bisa mengakibatkan sulit tidur. Hal tersebut sebab cahaya biru dari perangkat elektronik mengacaukan ritme sirkadian atau siklus tidur. Hal tersebut akan memberi sinyal pada otak untuk bangun saat seharusnya seseorang beristirahat malam hari.

Penelitian menunjukkan mengurangi 2 jam paparan cahaya biru di malam hari bisa memperlambat atau menghentikan pelepasan hormon tidur melatonin. Sehingga ada baiknya Anda mematikan perangkat digital setidaknya 3 jam sebelum waktu tidur

Mata anak tak menyaring cahaya biru sebaik mata orang dewasa. Terlalu banyak lihat layar perangkat dapat meningkatkan peluang mereka mengembangkan obesitas, rabun jauh, dan masalah fokus perhatian. Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.

Daftarkan email Guna melindungi mata anak, maka sebaiknya batasi waktu anak mengakses perangkat. Cahaya biru dan kesehatan mental Paparan cahaya biru saat malam hari kerap dikaitkan dengan gejala depresi, pada sebuah penelitian pada hewan. Namun, paparan cahaya biru saat siang hari mungkin akan berefek sebaliknya. Penelitian menunjukkan 20 menit paparan cahaya biru di pagi hari akan membantu mengurangi gejala gangguan afektif musiman atau SAD.