Cara Membersihkan Gadget Untuk Cegah Penyakit Menular

Gadget atau smartphone merupakan sebuah barang yang tidak bisa dipisahkan di kehidupan saat ini. Bahkan banyak orang yang ketergantungan kepada perangkat ini mereka akan merasa resah jka tidak membawa gadget. Padahal jika digunakan terus menerus gadget bisa jadi sumber penyakit lho. jadi seharusnya kamu wajib membersihkan smartphone kamu agar kamu terhindar dari penyakit.

Membersihkan ponsel dan gawai yang akam selalu dibawa ke luar rumah sangatlah penting. Umumnya di masa pandemi Covid-19, tentu saja kamu enggak mau smartphone atau tablet jadi pembawa penyakit bukan? Para pakar kesehatan memberi saran untyk kamu membersihkan ponsel setidaknya sekali dalam sehari. Tentu saja, ketahui pula bagaimana cara membersihkan perangkat yang disarankan oleh produsen.

Dalam laman resminya, dikutip Federal Communications Commission, regulator komunikasi Amerika Serikat mengatakan jika Apple dan sejumlah perangkat Android mempunyai rekomendasi yang sama untuk membersihkan gadget.

  • Cabut perangkat sebelum membersihkan
  • Gunakan kain bebas serat yang sedikit dibasahi dengan sabun dan air
  • Jangan menyemprotkan pembersih langsung ke perangkat
  • Hindari semprotan aerosol dan larutan pembersih yang mengandung pemutih atau abrasif.
  • Jauhkan cairan dan kelembaban dari lubang apa pun di perangkat.

Menurut Centers for Disease Control and Prevention (CDC), bila enggak ada instruksi dari produsen perangkat, mereka menyarankan penggunaan tisu atau semprotan mengandung setidaknya 70 persen alkohol untuk membersihkan layar sentuh.

Akan tetapi FCC telah ingatkan jika meski aman menggunakan tisu disinfektan di banyak perangkat, tapi perlu diingat tisu yang mengandung alkohol, pemutih, atau cuka, dapat merusak lapisan pelindung di layar smartphone. Selain itu, FCC pula ungkapkan terdapat beberapa tips tambahan yang dapat dilakukan untuk meminimalisir paparan kuman atau virus pada permukaan gawai.

  • Saat berada di luar rumah, simpan ponsel di kantung, tas, atau mobil
  • Ketika berbelanja, pakai daftar belanjaan yang ditulis di tangan, bukan tersimpan di smartphone
  • Pakai kartu kredit untuk pembayaran, lebih disarankan yang tanpa kontak, alih-alih pilihan pembayaran menggunakan smartphone
  • Setelah kembali dari tempat umum, pegang ponsel hanya setelah mencuci atau membersihkan tangan, atau melepas sarung tangan yang dipakai
  • Gunakan perangkat handsfree saat melakukan panggilan agar ponsel tidak menempel pada wajah atau masker