Cara Mudah Menjaga Mata Agar Tetap Sehat Meski Terus Melihat Layar

Saat pandemi covid-19 banyak perusahaan yang memberi kebijakan untuk mengerjakan semua pekerjaan dari rumah (Work from home) akan tetapi jika kamu terus menatap layar monitor dengan mata telanjang tentu akan berakibat pada mata kamu.

Maka dari itu dalam artikel ini mimin mencoba merangkum beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk menjaga mata kamu agar tetap sehat meskipun harus melihat layar setiap hari. kondisi ini akan berdampak buruk pada kesejahteraan emosional dan fisik, serta kondisi mata, kata Dr. Anup Rajadhyaksha, dokter mata dan konsultan medis dari Entod International.

Selama peraturan bekerja di rumah (WFH) terus berlaku, paparan layar meningkat sebab banyak orang menghabiskan waktu untuk menonton acara, baik secara streaming maupun di televisi, serta main gim. Meskipun demikian, penggunaan perangkat elektronik dalam jangka panjang biaa memicu berbagai masalah mata, termasuk mata kering, gatal, kemerahan, juling dan berair, dan sakit kepala. Belum lagi posisi stagnan yang kerap dilakukan ketika bekerja di depan komputer dapat membuat punggung menjadi sakit.

Berikut beberapa tindakan pencegahan yang dapat dilakukan untuk menjaga kesehatan mata.

  • Pola makan sehat

Sejumlah dokter mata mempunyai pendapat jika makanan sehat jadi salah satu cara jitu jaga kesehatan mata. Konsumsi suplemen untuk mata juga kadang perlu sebagai penunjang kesehatan mata, apalagi dalam kondisi seperti ini, di mana mata terus terpapar sinar gawai.

Menurut National Institutes of Medicine, vitamin A yang terkandung dalam sayuran berwarna kuning dan oranye, termasuk wortel dan ubi jalar, dapat meningkatkan kesehatan mata. Buah-buahan seperti pisang, anggur, dan mangga yang kaya vitamin C dan antioksidan lain juga bermanfaat untuk mencegah penyakit mata.

Selain itu, omega-3 sangat baik untuk pembentukan air mata sehingga mencegah mata menjadi kering. Salmon atau ikan air dingin lain harus menjadi bagian dari pola makan sehat yang optimal. Telur ayam yang mengandung omega-3 juga bisa menjadi alternatif pengganti ikan salmon, namun perhatikan jumlah asupan per hari supaya kolesterol tetap terjaga baik.

  • Istirahat cukup

Beristirahatlah secara teratur dari pekerjaan yang memaksa menatap lekat layar gawai. “Cobalah untuk menutup mata selama beberapa detik setiap 15 hingga 20 menit sekali. Cara ini sangat ampuh untuk membuat beristirahat dari menatap layar gawai terlalu lama,” ujar Rajadyaksha.

Setiap dua jam cobalah untuk memijat otot-otot di sekitar mata atau bilas wajah menggunakan air dingin. Hindari menggosok mata dengan tangan dan seringlah berkedip bila mata kering. Selain itu, cobalah untuk meletakkan gelas atau kudapan jauh dari jangkauan. Hal ini akan memaksa kamu untuk berhenti sejenak dari menatap layar dan berjalan untuk sekedar mengambil minum dan kudapan.

Cara ini enggak cuma akan membantu mengistirahatkan mata tapi pula membuat tubuh sedikit bergerak sehingga membantu mencegah gaya hidup malas bergerak, seperti dikutip laman National Eye Institute (NEI).

Bila akan menggunakan layar gawai, manfaatkam sebaik-baiknya dengan mempraktikkan rutinitas latihan baru atau menguasai keterampilan baru. Anda dapat membatasi waktu layar dengan cara ini dan nantinya akan lebih berkonsentrasi pada hal-hal lain.

  • Gunakan kacamata untuk menghalangi sinar biru

Cahaya biru yang dipancarkan oleh layar sangat berbahaya bagi mata, terutama jika terlalu lama atau sering menatap layar gawai. Kacamata komputer, pula dikenal sebagai kacamata pemblokiran cahaya biru, kini banyak dijual dan menjadi hal umum sebagai sarana untuk mengurangi efek tekanan digital pada mata.