Bikin Melongo! Inilah Gangguan Psikologis Akibat Bermain Gadget

Bikin Melongo! Inilah Gangguan Psikologis Akibat Bermain Gadget

Gadget merupakan barang yang bisa dipisahkan dari kehidupan saat ini banyak sekali orang yang sangat bergantung kepada barang ini. Padahal jika terus digunakan secara berlebihan gadget akan menimbulkan masalah lho salah satunya akan menyerang psikologis kamu.

Terkadang saat kamu memainkan gadget secara berlebihan kamu tidak akan sadar ternyata itu memberi dampak yang buruk untuk kesehatan kamu, Jadi untuk itu mimin sudah merangkum beberapa Gangguan Psikologis Akibat Bermain Gadget berikut ini.

1. Phantom Vibration Syndrome

Pernahkah kamu rasa jika gadget kamu bergetar atau berbunyi padahal enggak ada notifikasi dari siapapun?. Bila kamu pernah mengalaminya, dapat menjadi kamu mengalami Phantom Vibration Syndrome.

Di era digital seperti sekarang, orang yang terjangkit sindrom Phantom Vibration nyatanya sangat banyak. Dalam sebuah survei, lebih dari 80 persen mahasiswa pernah mengalaminya. Bukan hanya sekali, tapi beberapa kali dalam sehari.

2. Low Battery Anxiety

Bila baterai gawai kamu sudah mencapai 20%, apakah kamu tipikal yang langsung mencari charger? Bila iya, mungkin saja kamu mengidap gangguan psikologis ini. Ketakutan yang berlebih akan habisnya baterai gawai yang sebabkan karena kamu terlalu sering menggunakannya dan merasa tidak bisa hidup tanpa baterai gawai yang terisi penuh.

Perusahaan raksasa elektronik, LG, mensurvei ribuan orang di berbagai negara dan mendapati bahwa sebagian besar kamu bukan cuma mengalami stres tingkat tinggi saat persentase baterai HP di bawah 20%, akan tetapi juga mengalami simptom atau gejala yang aneh.

3. Fear of Missing Out (FOMO)

Gangguan psikologis lainnya yaitu FOMO atau ketakutan kehilangan dan ketinggalan informasi yang sedang berkembang di media sosial. Rasa ketakutan yang berlebih ini bikin para pengidap gangguan ini selalu mengecek gawainya setiap beberapa saat.

Perilaku FOMO pula dapat membikin seseorang merasa enggak berdaya saat tidak memegang gawai dan sangat resah bila tidak terhubung dengan akun media sosialnya walau cuma sebentar.

4. Nomophobia

Nomophobia merupakan kondisi dimana keadaan diri resah dan cemas ketika lupa membawa gawai atau tidak bisa menggunakannya dalam kondisi tertentu. Sebuah riset di tahun 2019 menunjukkan, 53% orang Inggris yang memiliki ponsel di tahun 2008 merasa cemas ketika tidak sedang memegang ponsel dan baterai habis.

Meskipun belum dikategorikan sebagai masalah kesehatan mental, beberapa ahli setuju kondisi ini memunculkan kekhawatiran yang mengarah ke sana. Mereka berpendapat, nomophobia adalah bentuk turunan dari ketergantungan atau kecanduan ponsel.

So, itulah 4 gangguan psikologis yang dapat menimpa kamu ketika sering menggunakan atau kecanduan dalam menggunakan gawai. Apakah kamu merasakan salah satunya?