Cara Cek Plat Nomor Kendaraan via Online di HP/PC 2021

Cara Cek Plat Nomor Kendaraan via Online di HP/PC 2021

Cara cek plat nomor saat ini bisa dilakukan secara online, sebagian besar Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap atau yang biasa kita kenal sebagai Samsat, yang ada di Indonesia sudah menyediakan layanan pengecekan data kendaraan serta pajaknya secara online.

Plat nomor merupakan salah satu hal yang harus kamu punyai sebagai pemilik sebuah kendaraan, karena plat nomor dari sebuah kendaraan adalah alat identifikasi dari kendaraan itu. Selain itu, masing-masing plat nomor mempunyai kode yang berbeda-beda di setiap kota tergantung daerah registrasi pemilik kendaraan.

Untuk mengecek plat nomor secara online, kamu bisa melakukannya dengan beragam cara yang tersedia. Tentu ini sangat menguntungkan dan memudahkan para pemilik kendaraan, apalagi jika sedang terjadi sesuatu yang tidak diharapkan secara tiba-tiba, contohnya pencurian mobil atau motor.

Begini Cara Cek Plat Nomor Kendaraan Online Yang Mudah

Melihat plat nomor kendaraan melalui aplikasi

Cara Cek Plat Nomor Kendaraan via Online di HP/PC 2021

Nama dari aplikasi ini berbeda-beda tergantung dengan daerah registrasi kendaraanmu. Selain itu, pada umumnya aplikasi sejenis ini juga memberikan layanan pengecekan pajak sebuah kendaraan. Kamu bisa mengunduh aplikasinya dari platform Google Playstore. Ingat, unduh aplikasi dengan nama yang sesuai daerah registrasi kendaraanmu!

Lalu bagaimana cara menggunakan aplikasi ini? Berikut jawabannya:

  • Langkah pertama yang harus kamu lakukan tentunya adalah menginstall atau mengunduh aplikasi itu.
  • Setelah menginstall aplikasinya, masukkan plat nomormu di kolom yang muncul di layar dan klik proses.
  • Sesaat itu juga kamu akan diperlihatkan data kendaraanmu secara lengkap termasuk plat nomor dan lain sebagainya

    Melacak plat nomor melalui website

Cara lainnya untuk mengecek plat nomor adalah melalui website resmi Samsat wilayahmu. Cara ini bahkan lebih bisa menjangkau lebih banyak daerah secara lengkap, dan informasi yang kamu dapatkan pun bisa dikatakan tersedia dengan lebih lengkap. Hanya saja, kamu perlu mengetahui terlebih dahulu website resmi Samsat yang ada di wilayahmu, karena setiap Samsat suatu daerah memiliki website yang berbeda.

Cek plat nomor melalui SMS

Sebelum membahas lebih jelas lagi tentang cara ini, kamu perlu mengetahui nomor-nomor tujuan SMS itu, karena setiap daerah memiliki nomor yang berbeda-beda. Berikut macam-macam nomor tujuan ketika ingin mengecek plat nomor melalui SMS:

  • Jawa Timur: 7070
  • Jawa Barat: 3977
  • DKI Jakarta: 1717
  • Jawa Tengah: 9600

Karena cara ini menggunakan sistem SMS, jadi kamu tidak memerlukan akses internet untuk menggunakan cara ini, tapi kamu perlu sedia pulsa yang tidak sedikit. Selain itu, cara ini juga tidak mensupport semua wilayah yang ada di Indonesia.

Cara mengecek plat nomor melalui SMS adalah ketik: kode Samsat wilayahmu <spasi> nomor plat dan kirim ke nomor tujuan sesuai daerahmu.

Panduan Lengkap Mengecek Plat Nomor Secara Offline

Selain secara online, kamu juga bisa mengecek plat nomormu secara offline. Cara ini biasanya digunakan oleh beberapa orang yang benar-benar sudah membutuhkan data dari plat nomornya. Untuk orang-orang yang menggunakan cara ini diharuskan membuat laporan ke Polres/Polda setempat, dan berikut cara untuk membuat laporan tersebut:

  • Datang ke Polres/Polda setempat
  • Kunjungi loket Sentra Pelayanan Kepolisian Terpadu (SPKT)
  • Laporkan perihal plat nomor kendaraanmu
  • Setelah itu pihak kepolisian akan melakukan penyidikan dan memprosesnya sesuai prosedur hukum yang berlaku

Itulah cara cek plat nomor yang terbilang sangat mudah untuk dilakukan. Selalu jaga keamanan kendaraanmu dengan selalu memperhatikan plat nomormu dimana pun kamu berada. Semoga informasi ini bisa bermanfaat bagi banyak orang.