192.168.1 Apakah Hanya Dapat Digunakan di Modem?

Tentunya banyak pertanyaan mengenai 192.168.1 apakah hanya dapat digunakan di modem. Tentunya banyak dari Kamu yang ingin mengetahui apa arti dari angka-angka tersebut, angka tersebut adalah IP address di mana hal tersebut pastinya tidak asing bagi Kamu yang merupakan pengguna internet. Namun masih banyak juga yang tidak mengetahui apa itu IP.

Wajib untuk Kamu ketahui mengingat hal tersebut adalah info dasar namun sangat berguna. IP address sendiri merupakan sebuah label numerik nantinya ditentukan pada setiap perangkat dimana telah terhubung oleh sebuah jaringan komputer agar bisa berkomunikasi. Tentunya ada banyak sekali manfaat besar dari hal ini salah satunya adalah bisa menjadi host maupun mengidentifikasi jaringan dan memberikan info mengenai lokasi.

Jadi nantinya akan ketahuan jika Kamu sedang menggunakan jaringan internet di suatu tempat. Akan tetapi setiap lokasi akan berbeda alamatnya sehingga tidak sama. Tentunya terdapat hubungan antara alamat IP ini dengan modem di mana bisa berfungsi dalam mengubah password apabila terjadi masalah. Kehadiran password ini sangat penting sekali agar modem tidak bisa diakses oleh orang lain jaringannya.

Namun masih banyak pertanyaan apakah IP 192.168.1 apakah hanya dapat digunakan di modem. Mengingat angka ini merupakan salah satu IP sejuta umat dimana sangat sering sekali digunakan pada perangkat wi-fi. Oleh sebab itu agar tidak salah dalam menggunakannya wajib bagi Kamu mengetahui seluk beluk dari alamat ini agar bisa memanfaatkannya semaksimal.

Asal Mula Munculnya IP Address ini

192.168.1
Sumber gambar: lifewire

Sebelum mengetahui mengenai 192.168.1 apakah hanya dapat digunakan di modem maka wajib Kamu ketahui asal mula kemunculannya. Seperti kita ketahui fungsi dari angka tersebut adalah agar mempermudah komputer ketika digunakan bisa saling berkomunikasi. Tentunya IP jenis ini merupakan salah satu versi keempat. Namun jika dilihat walaupun versi ke-4 namun kelasnya adalah C.

Namun yang harus Kamu ketahui adalah sebenarnya alamat ini termasuk dalam jenis yang private sehingga hanya bisa digunakan dalam skala lokal saja. Namun apabila Kamu ingin langsung mengkoneksi nya ke internet maka hal tersebut tidak akan pernah bisa terjadi. Jadi jangan heran jika Kamu akan kesulitan jika menggunakannya tidak tepat.

Apabila Kamu ingin langsung mengkoneksikannya maka komputer juga harus menggunakan versi yang publik. Tentunya terdapat beberapa perbedaan mengenai alamat yang versi private dan publik di mana biasanya yang versi private diawali dengan angka 10, 172.16, 31, dan 192.168. Jadi sebelum menggunakannya ada baiknya untuk mengetahui apakah versi publik atau privat.

Jadi dengan mengetahui hal tersebut Kamu bisa mendapatkan jawaban 192.168.1 apakah hanya dapat digunakan di modem. Apalagi untuk versi private hanya bisa dipakai pada jaringan LAN, jadi selain format diatas maka alamatnya termasuk dalam versi publik sehingga bisa digunakan untuk mengkoneksikan diri ke internet.

Alasan Mengapa Banyak Digunakan Pada Modem

192.168.1
Sumber gambar: Bukalapak

Terdapat alasan 192.168.1 apakah hanya dapat digunakan di modem. Jadi jangan heran jika sangat mudah Kamu menemukan alamat ini, salah satu alasannya adalah karena alamat ini merupakan urutan pertama pada saat pembagiannya pada rentang yang telah ditentukan sehingga banyak orang menggunakannya sebagai amat komputer.

Selain itu alamat ini sangat mudah dihafalkan sehingga semua orang sudah sangat familiar. Tidak heran jika banyak sekali yang menggunakannya. Sebab tidak mudah untuk mengingat alamat IP karena ada banyak sekali angka didalamnya. Namun apabila Kamu menggunakan angka 1 di bagian belakang alamatnya maka dapat digunakan sebagai gateway di dalam network.

Akan tetapi alamat tersebut sangat jarang digunakan. Namun banyak sekali orang yang menggunakan alamat ini bahkan termasuk vendor perangkat komunikasi yang membuat perangkat baru menggunakan alamat ini. Hal ini menunjukkan bahwa IP tersebut sudah sangat populer sekali sehingga banyak produsen perangkat komunikasi juga menggunakannya. Tidak heran jika alamat ini ini disebut sebagai IP address sejuta umat

Jadi dari pada menggunakan alamat selain jenis ini hanya menimbulkan masalah apakah bagus harus menggunakannya. Walaupun 192.168.1 apakah hanya dapat digunakan di modem adalah jenis private namun apabila sebuah alamat publik menggunakannya maka bisa juga namun pada saat proses routingnya maka di dalam perangkat wi-fi harus dibuat pengaturan alamat ini.

Apakah Hanya Bisa Digunakan Pada Modem?

Tentunya ada banyak sekali pertanyaan 192.168.1 apakah hanya dapat digunakan di modem. Jawabannya adalah tidak mesti perangkat itu saja yang bisa menggunakannya di mana perangkat komunikasi lain seperti komputer sekalipun bisa menggunakannya juga. Bahkan terbukti beberapa vendor alat komunikasi juga menggunakan alamat tersebut.

Alamat IP ini juga bisa membantu untuk seluruh jenis jaringan wi-fi sehingga tidak untuk salah satu merk jaringan saja. Jadi apabila Kamu ingin mengganti password menggunakan alamat ini maka tidak masalah. Jadi ada baiknya untuk mencoba sehingga bisa menggunakannya dengan nyaman. Jangan lupa untuk memeriksa nya apakah layanan berjalan dengan baik atau tidak.

Penggunaan 192.168.1 apakah hanya dapat digunakan di modem sebenarnya untuk mempermudah kerja para produsen sehingga bisa berjalan dengan cepat. Jadi tidak heran jika Kamu sangat mudah menemukan angka ini pada saat mengakses internet. Karena manfaat yang dimunculkan juga banyak sekali. Mengetahui arti dari angka-angka tersebut.

Apalagi bekerja di bidang yang berhubungan dengan hal tersebut. Namun karena banyak digunakan maka tidak heran jika akan sangat sering terjadi konflik antar alamat. Salah satunya adalah dengan membuat alamat IP yang sedikit lirik sehingga akan menghindari konflik. Gantilah angka yang berada di bagian paling belakangnya. Jadi karena mudah di-setting inilah menjadi alasan orang juga mempertimbangkan menggunakannya.

Alasan 192.168.1 Tidak bisa Diakses

Terkadang 192.168.1 apakah hanya dapat digunakan di modem bisa juga tidak bisa diakses, hal ini pastinya sangat mengganggu sekali sebab bisa memberikan pengaruh terhadap jaringan internet nanti. Apalagi jika Kamu perlu mengganti password atau mengecek keadaan wi-fi apakah bisa berfungsi dengan maksimal atau tidak. Jadi tidak perlu panik apabila alamat tersebut tidak bisa diakses.

Hal ini dikarenakan terjadi perubahan pada angkanya sehingga mengakibatkan error page yang memberikan efek internet tidak bisa diakses. Namun untuk mengatasinya juga sangat mudah sekali, tetapi bagi Kamu yang masih kurang mengerti mengenai hal tersebut ada baiknya untuk menggunakan jasa ahli di bidangnya agar bisa mengganti alamat barunya.

Sebab tidak semua orang mengerti mengenai masalah ini. Salah satu cara yang bisa membantu Kamu untuk mengatasi permasalahan seperti ini adalah harus mengetahui dimana posisi tombol reset yang biasanya berada di bagian belakang modem. Kemudian tekanlah tombol tersebut namun sebelumnya harus menyediakan IP router karena nantinya akan diminta. Jadi selain melakukan reset pada modem Kamu juga harus melakukannya pada komputer.

Kemudian nanti konfigurasinya akan bekerja secara otomatis. Namun apabila Kamu tidak mengerti ada baiknya untuk memanggil teknisi saja sebab akan dikerjakan dengan bagus namun tidak merepotkan diri sendiri. Oleh sebab itu inilah beberapa info mengenai 192.168.1 apakah hanya dapat digunakan di modem. Jadi Kamu tidak akan kebingungan lagi.