Tips & Trik Agar Whatsapp Tidak Boros Kuota | Begini Caranya

Tips & Trik Agar Whatsapp Tidak Boros Kuota | Begini Caranya

Sudah tidak dipungkiri whatsapp menjadi aplikasi yang sangat populer saat ini karena mayoritas orang pasti sudah memakai aplikasi pesan singkat terbaik ini. Maka dari itu karena banyak sekali pengguna whatsapp di Indonesia, teknohits akan memberikan tips & trik agar whatsapp tidak boros kuota berikut ini.

Cara menghemat kuota data di WhatsApp

Terdapat beberapa cara untuk menghemat kuota data di WhatsApp sambil tetap menerima notifikasi maupun pesan.

Cara pertama, non aktifkan fitur untuk mengunduh media (download media) lewat mobile data. So, media seperti foto dan video yang dapat sangat boros data karena ukurannya yang besar-besar itu hanya di unduh saat kamu sudah terhubung di wi-fi. Entah di rumah, ataupun di kafe.

Cara menontaktifkan fitur unduh file media otomatis ini mudah:

  • Masuk ke Settings.
  • Sentuh data and storage usage
  • Pilih when using mobile data.
  • Hanya Mengunduh Foto dan Dokumen Penting

Cara kedua, kamu bisa pilih untuk mengunduh foto, audio, video, dan dokumen tertentu yang kita cek lewat ponsel. Cuma perlu menyentuhnya, maka file akan otomatis diunduh di WhatsApp . Cara ini yang dipakai oleh Sindonews. Karena lebih praktis. Sindonews hanya mengunduh file-file dokumen atau foto yang penting atau urgent saja.

Sedangkan untuk video, cuma diunduh ketika ada jaringan Wi-Fi. Sehingga dapat lebih hemat. Bayangkan, 1 video bisa berukuran 20-30 MB.

Menghindari WhatsApp Calls

Memang WhatsApp Calls gratis. Akan tetapi, panggilan telepon lewat WhatsApp pula cukup mengonsumsi mobile data. Apalagi bila kamu melakukannya cukup sering dan dalam durasi yang lama (karena gratis). Nih, supaya WhatsApp Calls bisa tetap dilakukan tapi lebih hemat bandwith/kuota data, ada beberapa hal yang bisa dilakukan.

●Buka Settings

●Sentuh Data and storage usage

●Pilih Low data usage

●Tandai centang “lower the amount of data used in a call”.

Mengetahui Konsumsi WhatsApp Paling Boros

Kamu dapat mengetahui log atau catatan penggunaan WhatsApp kita, untuk melacak sebenarnya fitur-fitur WhatsApp apa yang mengonsumsi data paling tinggi.