Siapkan Fitur Folder Terkunci, Google Photos Bikin Para Pengguna Tenang

Siapkan Fitur Folder Terkunci, Google Photos Bikin Para Pengguna Tenang

Untuk kamu para pengguna smartphone android atau ios tentunya sudah tidak merasa asing lagi dengan berbagai aplikasi yang ada di google play atau app store. Tentunya mimin bisa menjamin jika pada ponsel kamu terdapat sebuah aplikasi yang bernama Google photos. ya. Aplikasi ini merupakan aplikasi yang akan menyimpan file gambar dan video kamu.

Dan kabarnya google photos akan membuat sebuah fitur terbaru yang akan membuat para penggunanya merasa tenang yaitu Fitur Folder Terkunci. Tentu saja ini merupakan salah satu fitur yang sangat bermanfaat untuk para pengguna setia aplikasi google photos. karena dengan fitur tersebut rahasia yang terdapat pada galeri kamu aman terkendali.

Adapun smartphone yang didukung untuk mengakses fitur ini yaitu perangkat menggunakan Android versi 6 ke atas. Locked Folder ini sebetulnya sudah diumumkan Google pada acara Google I/O yang digelar Mei lalu. Fitur tersebut dimaksudkan untuk mengamankan folder berisi foto sensitif.

Sebagaimana melansir laman The Verge, Minggu (26/9/2021), sistem pengaman Locked Folder tersebut memakai sebuah kata sandi atau biometrik (sensor wajah atau sidik jari). Pada awalnya, fitur tersebut dirilis eksklusif untuk Google Pixel terbaru.

Dalam presentasinya, Google memberi contoh jika fitur tersebut berguna untuk para orang tua yang ingin menyembunyikan foto anak anjing yang baru dibeli agar tidak terlihat anak-anak mereka.

Nantinya, kamu dapat menyiapkan Locked Folder di Google Photos dengan cara membuka Library > Utilities > Locked Folder. Lalu, foto-foto yang akan dipilih bisa dipindahkan secara manual ke folder tersebut. Aplikasi kamera Pixel yang dibikin Google juga bisa langsung menyimpan hasil foto yang baru diambil untuk disimpan di sana

Akan tetapi, belum jelas apakah fitur Locked Folder ini juga ada untuk aplikasi kamera yang ada di ponsel Android lain. Perlu diketahui, foto yang disimpan di Locked Folder enggak akan dicadangkan ke cloud Google.