4 Cara Mudah Agar Internet Indonesia Ngebut

Untuk kamu yang sering mengeluhkan internet lemot ada kabar baik nih karena Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo), Johnny G Plate telah mengungkapkan beberapa cara yang dilakukan pemerintah untuk meningkatkan koneksi internet di Indonesia serta memeratakan jaringan 4G dan mengembangkan 5G.

” Lewat berbagai upaya pengembangan infrastruktur digital, diharapkan transformasi digital nasional bisa memperkecil disparitas digital dan meningkatkan internet ratio link,” kata Johnny saat memberikan sambutan dalam acara Peringatan Hari Bhakti Postel ke-76 ‘Semakin Digital, Indonesia Semakin Tangguh dan Tumbuh.

4 cara yang akan dilakukan pemerintahuntuk mempercepat internet Indonesia yaitu sebagai berikut:

1. Pembangunan secara masif

untuk pemerataan infrastruktur 4G lewat sebuah penggelaran stasiun pemancar sinyal atau base transceiver stations (BTS) di wilayah-wilayah terdepan, terpencil, dan tertinggal (3T).

2. Peningkatan kapasitas jaringan satelit serta peluncuran Satelit Republik Indonesia I (SATRIA I),

3. Migrasi penyiaran televisi analog ke digital. Hal tersebut berpengaruh lantaran siaran tv digital lebih hemat frekuensi, sehingga sisa frekuensi di 700 MHz bisa dimanfaatkan operator telekomunikasi untuk menggelar 5G atau 4G.

4. Peluncuran jaringan 5G secara bertahap untuk beroperasi secara komersial di Indonesia. Ia berharap langkah tersebut dapat meningkatkan rasio koneksi internet (internet ratio link) di Indonesia.

Kata dia, pengguna internet di Indonesia yang mencapai 202,6 juta menunjukkan bahwa aktivitas masyarakat dan transaksi ekonomi di ruang digital menunjukan potensi yang begitu besar. Bank Indonesia memproyeksikan transaksi digital di berbagai platform e-commerce akan mencapai nilai sebesar Rp337 triliun pada 2021 atau bertumbuh 33 persen dari tahun 2021 yang mencatatkan valuasi senilai Rp253 triliun.

Sehingga, pemerintah akan terus memfasilitasi usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) untuk turut serta ke dalam pasar ekonomi digital melalui program UMKM Digital On Board serta dukungan terhadap Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (Gernas BBI).

Johnny juga menyampaikan, geliat transformasi digital terus bergaung ke seluruh penjuru negeri saat ini, seiring dengan disrupsi telekomunikasi dan digitalisasi. Era industri 4.0, menurutnya, tidak lagi menjadi sesuatu yang opsional, melainkan merupakan conditio per quam atau kondisi yang memang harus ada.