5 Tips Memilih Monitor Terbaik Untuk Work From Home

Hallo sobat teknohits bertemu lagi bersama mimin yang sekarang akan mencoba memberikan sebuah tips untuk kamu yang sedang mencari sebuah monitor terbaik untuk berkantor dirumah.

Mungkin saja keadaan pandemi COVID-19 yang tak kunjung berakhir membuat kamu harus mengerjakan pekerjaan dari rumah. Oleh sebab itu harus ditunjang pula dengan peralatan yang mumpuni salah satunya monitor. Yuk mari kita bahas beberapa tips Memilih Monitor Terbaik Untuk Work from home.

1. Ukuran layar dan resolusi

Yang pertama pertama, kamu harus menentukan ukuran layar dan resolusi yang dibutuhkan, bidang yang lebih luas bisa memuat lebih banyak hal. Layar yang dipakau untuk pekerjaan kantor berukuran 24 hingga 32 inci, akan tetapi, pengguna tetap kudu menentukan prioritas kebutuhan.

Bila prioritas adalah layar yang lebih besar, pertimbangkan menggunakan lebih dari satu monitor atau satu monitor tipe ultra wide cruve, melengkung esktra, yang biasanya berukuran antara 34 hingga 49 inci. Ukuran dan resolusi layar saling berkaitan , piksel yang lebih banyak akan menghadirkan gambar yang lebih realistis dan tajam. Dell merekomendasikan memilih resolusi tinggi untuk monitor yang lebih besar.

2. Ergonomis

Banyak orang yang lapor jam kerja lebih lama sejak berlaku WFH sehingga memilih monitor yang tepat akan sangat mempengaruhi kesejahteraan sehari-hari.

Pilih monitor yang bisa diatur ketinggian dan kemiringannya supaya jarak pandang sejajar dan enggak mengganggu postur tubuh. Cari monitor yang memiliki cahaya biru rendah agar mata tidak mudah lelah.

3. Konektivitas

Pertimbangkan pula apa saja perangkat yang akan dihubungkan ke monitor dan kesesuaian port yang terdapat pada perangkat. Umumnya, port yang berada di monitor, termasuk laptop, berupa HDMI, USB dan Thunderbolt. Contohnya saja bila memiliki ponsel dengan port USB Type-C, cari monitor yang memiliki port serupa supaya dapat dipakai sekaligus untuk beberapa hal, antara lain untuk mengisi daya laptop dan mentransfer data ke ponsel.

4. Efisiensi energi

Pilih monitor yang mempunyai sebuah fitur efisiensi daya untuk menghemat listrik, contohnya untuk fitur sleep mode yang bisa mengurangi konsumsi daya ketika layar tidak aktif.

5. Warna

Cakupan, akurasi, dan kalibrasi warna adalah faktor-faktor penting yang harus dipertimbangkan saat membeli monitor untuk pekerjaan di bidang kreatif, seperti fotografi dan videografi. Untuk pekerjaan yang mengutamakan warna, pilihlah monitor yang enggak cuma sediakan gamut warna yang lebih luas tetapi pula akurasi warna yang sebenarnya.

Bagi profesional yang membutuhkan kinerja warna terkalibrasi, pilih monitor dengan colorimeter internal atau monitor yang kompatibel dengan colorimeter eksternal untuk kalibrasi yang cepat dan mudah.