Asus Laptop Service Center
Sumber gambar: arema laptop

Asus Service Center Tempat Perbaikan Kerusakan untuk Perangkat Anda

Lokasi Asus Service Center Tempat Perbaikan Kerusakan tersebar di seluruh Indonesia, terutama di DKI Jakarta. Tempat servis resmi ini memiliki layanan website sehingga berbagai informasi dapat Kamu akses secara online tanpa harus bolak-balik ke lokasi tertentu.

Asus menghadirkan berbagai jenis produk, seperti motherboards, handphone, laptop, PC tower, monitor, networking, dan banyak lagi lainnya. Setiap pembelian perangkat diberikan garansi berbeda-beda, mulai dari satu tahun hingga 3 tahun atau bahkan bisa lebih.

Setiap perangkat memiliki fungsi tersendiri, ada yang bertindak menampilkan fungsi secara langsung, seperti keyboard menampilkan huruf dan angka. Sementara itu ada juga yang bertindak sebagai otak atau bagian dalam tanpa menampilkan output atau keluaran terlihat.

Asus adalah perusahaan asal Taiwan yang kini sudah mendunia dan menempati posisi tertentu di kalangan masyarakat Indonesia. Sudah banyak orang beralih dari merek smartphone ternama ke merek asal Taiwan ini dengan mempertimbangkan spesifikasinya.

Tablet juga menjadi salah satu benda elektronik yang turut meramaikan daftar produk Asus di dunia. Ketika ada permasalahan dengan tablet, Kamu bisa mengunjungi Asus Service Center Tempat Perbaikan Kerusakan berbagai produk dengan tipe dan rentang harga variatif.

Lokasi Sebaran Asus Service Center

Asus Service Center Indonesia
Sumber gambar: tribun

Lokasi Asus Service Center Tempat Perbaikan Kerusakan tersebar di seluruh Nusantara. Ibu kota Jakarta hanya salah satu penyebaran tersebut, sebab masih banyak lagi lokasi lainnya, seperti Jogja dan juga Surabaya. Setiap kota memiliki beberapa gerai di lokasi yang berbeda.

Secara menyeluruh, nomor telepon yang bisa dihubungi di setiap wilayah ada pada nomor 1500 128 dengan kode wilayah berdasarkan daerah diletakan sebelum menekan angka pertama. Setiap tempat memiliki jam buka dan jam tutup tersendiri, serta hari yang juga beda.

Sebut saja Aceh, tepatnya di Banda Aceh, lokasi tempat servis resmi Asus ada di Jalan Pocut Baren, Nomor 57 B. Sementara di Bali ada juga di Jalan Teuku Umar Barat Nomor 888D dengan jam operasional dari pukul 09.30 hingga 17.00 pada hari Senin hingga hari Jumat.

Untuk wilayah metropolitan, seperti DKI Jakarta memiliki lebih dari satu tempat servis dengan jam buka dan jam tutup yang juga berbeda-beda. Untuk nomor telepon terkadang mereka menyertakan nomor handphone sebagai sarana komunikasi privat dengan klien.

Wilayah Jawa, seperti Jawa Barat, Jawa Timur, dan Jawa Tengah juga memiliki lebih dari satu Asus Service Center Tempat Perbaikan Kerusakan per wilayah. Masing-masing memiliki nomor berbeda, namun integrasinya tetap satu, yaitu ke nomor 1500 128.

Menggunakan Teknik Perbaikan Secara Online

Keuntungan memanfaatkan Asus Service Center Tempat Perbaikan Kerusakan dari tempat servis non-resmi adalah memiliki akses untuk melibatkan diri dalam proses perbaikan dan pengawasan secara online. Hal tersebut tidak bisa didapatkan pada semua tempat servis.

Untuk dapat mengakses layanan ini Kamu perlu mendatangi customer care daring dan mengikuti beberapa petunjuk. Layanan berupa pendaftaran, cek status perbaikan, cek garansi, hingga informasi penjualan produk terbaru dapat diakses oleh masyarakat luas.

Jika tidak menemukan lokasi servis dari tempat dekat rumah, Kamu bisa memeriksanya langsung dari web resminya. Hal ini menghindarkan diri dari keraguan apakah lokasi perbaikan yang didatangi benar-benar dari pusatnya atau hanya orang iseng yang bertindak.

Setiap wilayah memiliki beberapa gerai dengan jumlah berbeda, bahkan mungkin ada satu kota dengan satu gerai saja. Setiap lokasi biasanya menyertakan nomor yang bisa dihubungi sehingga Kamu dapat memastikan jam operasional sebelum mengunjungi lokasi langsung.

Di Asus Service Center Tempat Perbaikan Kerusakan, Kamu tidak hanya bisa memperbaiki satu jenis perangkat, seperti misalnya laptop saja. Kamu juga bisa membawa handphone, motherboards, keyboard, tablet, atau apa saja asalkan dikeluarkan oleh Asustek Computer Inc.

Macam-macam Kerusakan yang ada pada Motherboards

Asus Service Center
Sumber gambar: asus

Ketika laptop, PC, maupun apa saja yang sejenis mengalami kerusakan pada perangkat terlihat, tentu tidak sulit untuk menjelaskannya kepada teknisi. Namun, hal tersebut tidak berlaku ketika kerusakan terjadi pada beberapa perangkat yang informasinya tidak tersurat.

Ambil contoh saja motherboards yang merupakan penghubung seluruh sistem agar dapat bekerja dengan baik untuk operasional komputer. Terkadang Kamu perlu membawa perangkat ini ke Asus Service Center Tempat Perbaikan Kerusakan jika mengalami hal ini:

  1. Overheat

Ada berbagai sebab kenapa perangkat elektronik bisa kepanasan ketika digunakan. Bisa karena terlalu lama dinyalakan atau terlalu berat menjalankan proses tertentu. Biasanya ketika bermain game online atau game lainnya memicu hawa panas berlebih pada handphone.

  1. IC Komponen KebakaranKebakaran

Asus Service Center
Sumber gambar: Shopee

IC ini bertindak sebagai kontroler pada CPU dengan peranan sangat penting terhadap seluruh komponen komputer. Terganggunya IC akan menyebabkan kerusakan menyeluruh karena motherboards tidak menjalankan fungsi seperti semestinya pada komputer tersebut.

  1. Overclocking CPU dan Lainnya

Overclocking ini merupakan efek samping dari penambahan daya berbagai komponen CPU dari standar semestinya. Biasanya sangat umum dilakukan oleh para perakit komputer yang membongkar berbagai komponen dan menggantikannya dengan printilan lebih mutakhir.

  1. Suplai Listrik Tidak Stabil

Suplai listrik tidak stabil bisa mengindikasikan tegangan terlalu besar atau terlalu kecil. Jika terlalu besar maka berpotensi terbakar, jika terlalu kecil maka motherboards tidak akan berfungsi dengan baik. Memeriksa kekuatan listrik adalah hal bijak untuk dilakukan.

Gejala paling mudah diketahui dari ketiga hal di atas adalah terlalu panas, Biasanya orang-orang akan menggunakan kipas laptop jika yang digunakan adalah laptop. Sayangnya untuk beberapa kondisi membutuhkan Asus Service Center Tempat Perbaikan Kerusakan.

Tips Berkomunikasi dengan Pihak Pelayanan

Asus Service Center Bandung
Sumber gambar: toko online

Sedikit tips untuk Kamu yang ingin menggunakan layanan Asus Service Center Tempat Perbaikan Kerusakan, sebaiknya memperhatikan beberapa hal berikut:

  1. Mencari tahu sumber kerusakan sebenarnya dari mana. Kamu bisa mencari berbagai literatur untuk memastikan informasi yang diberikan kepada teknisi bukan sekedar prasangka, namun memang benar adanya.
  2. Meminta mereka untuk memeriksa secara keseluruhan, jika dikhawatirkan penjelasan yang disampaikan tidak begitu menggambarkan kerusakan.
  3. Menyiapkan biaya perbaikan dengan kisaran sekitar Rp 150.000 dan biaya lainnya yang bisa Kamu pastikan dahulu bertanya kepada orang bersangkutan.
  4. Memastikan perangkat yang akan diperbaiki masih atau tidak garansi. Sebab jika ada akan sangat membantu Kamu dalam meringankan biaya atau bisa gratis sama sekali.
  5. Jika tidak bisa menjelaskan dengan bahasa teknis maka Kamu cukup menerangkan segala kondisi kerusakan, seperti tiba-tiba mati, layar menjadi hitam, suara tidak keluar, dan sebagainya.
  6. Siapkan diri untuk menghadapi kemungkinan perbaikan lebih lama dari waktu yang dijanjikan sebelumnya. Hal ini bisa saja terjadi apabila ketika di tengah perbaikan terdapat beberapa komponen yang harus diperbaiki dan itu di luar ekspektasi awal.

Terdapat banyak alasan orang mendatangi lokasi servis dan berbagai pertimbangan kenapa memilih yang resmi, sementara banyak yang tidak resmi. Asus Service Center Tempat Perbaikan Kerusakan memberikan layanan bukan sekedar servis, namun juga garansi.