ATM Setor Tunai Mandiri Terdekat Begini Cara Menemukan Lokasinya

ATM setor tunai Mandiri terdekat menjadi solusi bagi kamu yang ingin melakukan transaksi setor tanpa harus melalui teller di bank. Seperti yang kita tahu, bank memiliki jam buka tertentu sehingga tidak setiap hari dan setiap waktu bisa melayani kebutuhan kamu dalam melakukan transaksi, termasuk setor.

Bank buka pada hari kerja saja, yaitu hari Senin sampai Jumat, pukul 08.00 sampai 15.00. Itu saja terkadang bank masih tutup pada hari Sabtu, Minggu dan hari libur nasional. Jadi, bagi kamu yang ingin melakukan transaksi melalui teller, harus melakukannya pada waktu tersebut.

Belum lagi antrean yang membuat kita harus bersabar dan menunggu giliran untuk pergi ke teller. Bagi kamu yang bekerja, tentu hal ini cukup menyulitkan karena harus izin terlebih dahulu atau memanfaatkan waktu istirahat untuk pergi ke bank sehingga kita terpaksa tidak istirahat atau makan.

Namun, semua permasalahan tersebut akhirnya mendapatkan solusi dari pihak bank, yaitu dengan menambahkan jenis mesin ATM, yaitu mesin ATM untuk setor. Mesin ATM setor tunai Mandiri terdekat sudah ditemukan di berbagai daerah sehingga kamu tidak perlu lagi antre di bank dan tidak perlu melalui teller.

Cara Temukan ATM Setor Tunai Mandiri

ATM Setor Tunai Mandiri
Sumber gambar: keposiasi

Bagi kamu yang sudah terbiasa dengan wilayah tersebut, maka tidak perlu susah-susah lagi untuk menemukan ATM setor cash terdekat. Namun, jika itu merupakan wilayah baru atau kamu sedang berada di lain tempat, maka penting untuk mengetahui cara menemukan ATM setor cash terdekat dari lokasi.

Cara menemukan lokasi ATM setor tunai Mandiri terdekat adalah dengan mengunjungi website bank mandiri di www.bankmandiri.co.id yang bisa diakses melalui ponsel. Pada website tersebut, kamu akan menemukan pilihan menu Lokasi, klik ATM karena kamu sedang mencari lokasi ATM setor terdekat.

Setelah itu, klik menu “Jaringan ATM” dan kemudian akan muncul tampilan layar sebuah form pencarian lokasi ATM Mandiri yang harus kamu isi. Pastikan kamu mengisinya secara lengkap dan sesuai dengan keinginan kamu dalam mencari lokasi mesin ATM setor cash atau sekadar ATM.

Di situ, akan ada pengaturan, apakah kamu ingin mencari mesin ATM khusus setor cash atau ATM secara umum. Kamu bisa mengatur jenis ATM yang ingin dicari atau membiarkannya dalam keadaan “default” sehingga informasi yang ditampilkan bukan hanya ATM setor cash, tapi semuanya.

Jika semua kolom pada form sudah terisi, lanjutkan klik tombol cari. Tunggulah beberapa saat sampai proses pencarian selesai, kemudian kamu akan disuguhkan informasi mengenai lokasi mesin ATM setor tunai Mandiri terdekat dari lokasi sekarang kamu berada. Dengan begitu, akan lebih mudah mencari ATM yang diinginkan.

Perbedaan Mesin ATM Setor Tunai

Jika kamu sudah sering menggunakan mesin ATM setor cash, pasti sudah tahu bagaimana perbedaan antara mesin ATM setor cash dengan mesin ATM tarik cash. Jika dilihat dari fisik, sebenarnya tidak ada perbedaan yang signifikan antara keduanya. Kedua ATM memiliki bentuk yang hampir sama, kotak besar.

Hanya saja, jika kamu melihatnya dengan seksama, maka akan terlihat ada sedikit perbedaan pada bagian panel mesin ATM. Pada mesin ATM setor cash, kamu akan melihat seperti pintu kecil yang berguna untuk memasukkan uang saat melakukan setor. Fitur ini tidak bisa ditemukan pada tarik cash.

ATM setor tunai Mandiri terdekat biasanya juga menyediakan fitur tarik cash dan transfer sehingga kamu bisa melakukan beberapa transaksi sekaligus tanpa harus berpindah mesin ATM. Berbeda dengan mesin ATM tarik cash di mana kamu tidak bisa melakukan setor, tapi masih bisa melakukan transfer atau pembayaran.

Jika kamu belum bisa membedakan fisik dari mesin ATM tersebut, maka kamu tidak perlu khawatir karena biasanya sudah ada tulisan di atas mesin tersebut, apakah mesin ATM setor cash atau tarik cash. Cara penggunaannya hampir sama, hanya saja kamu akan mendapatkan tambahan fitur setor cash.

Namun, jika kamu bingung bagaimana cara menggunakannya maka bisa bertanya pada satpam yang menunggu ATM tersebut. Sebenarnya, caranya sangatlah mudah sehingga kamu tidak perlu kebingungan dalam menggunakannya. Cukup membaca ulasan selanjutnya mengenai penggunaan ATM setor tunai Mandiri terdekat di bawah ini.

Cara Melakukan Setor Tunai Mandiri

ATM Setor Tunai Mandiri
Sumber gambar: mutaeasy

Bagi kamu yang belum terbiasa dengan mesin ATM setor cash, bisa memahami bagaimana cara penggunaannya melalui ulasan berikut. Apabila kamu sudah berada di depan mesin ATM setor cash, kemudian masukkan kartu ATM Mandiri ke mesin. Setelah itu, masukkan PIN ATM tanpa terlihat orang lain.

Jika PIN ATM sudah benar, akan muncul beberapa menu atau fitur yang dapat kamu nikmati, mulai dari tarik cash hingga setor cash. Karena kamu ingin melakukan setor cash, maka pilihlah menu setor cash. Pintu pada mesin ATM akan terbuka dan kamu bisa langsung memasukkan uang.

Sebelumnya, pastikan kamu telah menata uang tersebut dengan rapi dan menghitungnya terlebih dahulu untuk memastikan uang yang nantinya disetor pada ATM setor tunai Mandiri terdekat. Lalu, pilih lanjutkan dan kemudian mesin ATM akan menghitung jumlah uang yang kamu setorkan secara otomatis.

Jika semua uang tertata rapi dan tidak ada uang yang terlipat ataupun sobek, maka uang setoran tidak akan dikembalikan sehingga kamu bisa melanjutkan prosesnya. Di situ, akan ditampilkan pada layar berapa nominal uang yang kamu setorkan, pastikan jumlahnya sesuai dengan yang kamu masukkan ke dalam.

Setelah itu, pilih menu “Setorkan” dan kemudian akan muncul pilihan setor, apakah ke rekening sendiri atau rekening orang lain. Jika kamu ingin memasukkan ke rekening sendiri, pilihlah menu tersebut. Namun, jika kamu ingin setor ke rekening orang lain, masukkan juga nomor rekeningnya.

Keuntungan dalam Melakukan Setor Tunai

Mesin ATM setor tunai Mandiri terdekat memiliki beberapa kelebihan dibanding mesin ATM lainnya dan kita akan menyimaknya bersama di bawah ini. Keuntungan pertama adalah bisa melakukan setor kapan saja, tanpa harus melalui teller jadi meskipun bank sedang tutup, kita masih bisa melakukan setor cash.

Keuntungan kedua adalah lebih cepat dan mudah dilakukan. Jika melakukan setor cash di bank, kita harus menunggu antrean yang terkadang lama. Berbeda jika kamu menggunakan ATM setor cash, maka tidak perlu menunggu banyak antrean dan tidak perlu membawa buku tabungan saat melakukan setor.

Keuntungan ketiga adalah dapat melakukan berbagai transaksi sekaligus, baik itu setor cash, tarik cash, transfer, pembayaran, pembelian dan lain sebagainya. Mesin ATM setor cash Mandiri terdekat biasanya memiliki fitur yang lengkap sehingga kamu tidak perlu berpindah mesin ATM jika ingin melakukan transaksi lainnya.

Keuntungan keempat adalah mudah ditemukan di mana saja. Seperti yang kita tahu, sekarang ini Mandiri menyediakan mesin ATM setor cash di berbagai tempat, apalagi jika kamu tinggal di perkotaan maka akan lebih mudah menemukannya. Bahkan, mesin ATM setor cash yang tersedia bukan hanya satu saja.

Keberadaan mesin ATM setor cash tentu sangatlah membantu bagi siapa saja yang ingin melakukan transaksi, khususnya setor cash. Jadi kita tidak perlu mendatangi bank terdekat dan mengantre panjang karena sudah tersedia ATM setor tunai Mandiri terdekat.