3 Metode Screenshot Layar Laptop & Komputer Terbaru

Screenshot atau tangkapan layar merupakan sebuah fitur yang memungkinkan kamu untuk merekam & menjadikan sebuah gambar pada layar perangkat kamu, saat ini bukan cuma smartphone saja lho yang dapat memakai fitur ini, tapi laptop & komputer juga bisa.

Maka dari itu dalam artikel ini teknohits berupaya untuk memberikan beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk menangkap layar atau screenshot pada laptop atau komputer kamu. yuk langsung saja kita ulas berikut ini.

1. Menggunakan tombol PrintScreen.

Tombol PrintScreen di keyword memang mempunyai sebuah untuk menangkap layar. Meskipun caranya cukup mudah, akan tetapi kamu enggak bisa mengambil screenshot sesuai ukuran layar yang diinginkan karena tangkap layar dengan tombol PrintScreen cuma mengambil satu layar penuh.

Tombol tersebut otomatis simpan gambar di slot copy laptop kamu. Nih, berikut cara screenshot di laptop dan komputer dengan PrintScreen:

a. Pertama kamu tinggal buka halaman pada laptop yang mau kamu screenshot.

b. Lalu kamu tinggal tekan tombol PrintScreen yang ada di sisi kanan atas laptop. Setelah menekan tombol PrintScreen memang tidak ada reaksi apa-apa. Hasil gambar screenshot akan tersimpan di clipboard dan kamu bisa mem-paste-nya.

c. Setelah itu kamu buka pengolahan gambar/aplikasi paint dan tempelkan screenshot (Ctrl+V). Kamu akan dapat sebuah tampilan screenshot dari seluruh layar.

d. Setelah itu kamu bidapat mengedit terlerbih dahulu atau bisa langsung menyimpannya, cuma dengan pilih File > Save As.

2. Menggunkan tombol Alt dan PrintScreen.

Cara screenshot di laptop berikutnya adalah dengan memanfaatkan tombol Alt dan PrintScreen bersamaan. Metode ini dipakai untuk jendela program atau aplikasi yang masih aktif saja, bukan full screen. Hal tersebut memudahkan sebab kamu enggak perlu bula program aplikasi screenshot untuk mengambil gambar tertentu pada layar. Caranya sebagai berikut:

a. Tentukan terlebih dahulu jendela program mana yang mau kamu screenshot. Contohnya saja kamu mau screenshot layar pada program Word. So. terlebih dahulu arahkan kursor pada jendela Word, lalu tekan tombol Alt+PrintScreen.

b. Sama halnya dengan cara pertama, kamu tinggal buka saja program Paint, lalu paste dengan klik kanan > Paste atau dengan Ctrl+V.

c. Setelah itu bisa langsung menyimpannya.

3. Menggunakan Tombol Windows dan PrintScreen.

Cara screenshot di laptop dan komputer yang mudah selanjutnya dengan memakai kombinasi tombol Windows dan PrintScreen secara bersamaan. Tombol windows terletak di bagian bawah kiri keyboard, yang simbolnya persegi dengan posisi miring, mirip seperti jendela. Metode dari kedua tombol ini digunakan untuk menangkap halaman full screen. Langkah mudahnya bisa kamu praktikan sebagai berikut:

a. Tentukan terlebih dahulu jendela program mana yang mau kamu screenshot. Contohnya mau screenshot layar home dari Google, kemudian klik tombol Windows + PrintScreen secara bersamaan.

b. Gambar akan tersimpan otomatis di dokumen Picture dalam laptop ataupun komputer kamu.

c. Untuk mempermudah pencarian gambar, kamu bisa klik kanan > klik Sort by > klik Date.