Laptop Kamu Lemot? Coba Lakukan 5 Cara Berikut Ini

Hallo sobat teknohits kembali lagi bersama mimin, kali ini mimin akan coba membahas beberapa cara yang dapat kamu lakukan untuk mengatasi laptop lemot. tentunya banyak hal yang menyebabkan hal tersebut terjadi, so. yuk langsung saja kita simak beberapa caranya berikut ini.

1. Menginstal Antivirus

Salah satu yang bikin laptop kamu lemot yaitu serangan virus dapat menjadi salah satu penyebab laptop kamu lelet dan lemot. Oleh karena itu, kamu dapat menginstal antivirus untuk mengantisipasi laptop yang lemot atau bejalan lambat. Saat ini terdapat banyak pilihan aplikasi antivirus yang dapat kamu pakai. Kamu dapat menginstal salah satunya yang menurut kamu terbaik dan efektif.

2. Uninstal Aplikasi yang Tidak Perlu

Cara mengatasi laptop lemot yang kedua adalah dapat dengan memilah aplikasi yang dibutuhkan dan tidak. Sebab, terlalu banyak aplikasi yang enggak perlu biaa membuat laptop menjadi lemot. Banyaknya aplikasi pada laptop akan membuat kapasitas penyimpanan di Drive C akan penuh dan bikin sistem akan menjadi lama membaca harddisk. Sehingga laptop bekerja sangat lemot.

Hal tersebut semakin berisiko terjadi, apabila laptop kamu mempunyai spesifikasi RAM yang kecil. Meng-unsintal aplikasi yang enggak dibutuhkan sehingga beban RAM akan berkurang. Dengan begitu, laptop akan berjalan lebih ringan dan cepat.

3. Pastikan Hanya Buka Aplikasi yang Sedang Digunakan

Selain meng-uninstal, saat memakai laptop kamu pula kudu mastikan jika tidak terlalu banyak membuka aplikasi. Pasalnya, terlalu banyak buka aplikasi secara bersamaan juga akan menyebabkan laptop menjadi lemot. Sebab, hal tersebut juga akan buat RAM bekerja semakin berat. Salah satu tips, untuk mengontrol penggunaan dan kinerja RAM, kamu dapat mengaktifkan task manager.

4. Menambah Kapasitas RAM

RAM memang jadi salah satu bagian terpenting dalam laptop atau komputer. Kapasitas RAM yang kecil dan penuh dapat jadi salah satu faktor utama laptop bekerja secara lemot. Untuk menyiasatinya, kamu dapat berupaya menambahkan kapasitas RAM. Akan tetapi, cara mengatasi laptop lemot tersebut enggak boleh dilakukan dengan sembarangan.

Kamu perlu perhatikan spesifikasi RAM (RAM DDR3, atau RAM DDR3L, serta RAM DDR4) dan pula kapasitas maksimal RAM yang bisa diaplikasikan pada laptop. Supaya lebih meyakinkan, sebelum menambahkan kapasitas RAM kalian bisa berkonsultasi di tempat service yang telah ditunjuk perusahaan yang mengeluarkan laptop.

5. Membersihkan Desktop

Cara mengatasi laptop lemot selanjutnya dapat dengan membersikan desktop. Ya, siapa sangkat ternyata terlalu banyak aplikasi di bagian desktop pula dapat membikin laptop lemot dan lama dalam merespon perintah dari user. Selain itu, pastikan pula jika enggak terlalu banyak aplikasi yang berjalan. Oleh karena itu, aplikasi tersebut jadi working in background, yang diam-diam memakan kapasitas RAM.

Tinggalkan komentar