Cara Screenshot Laptop via Tombol & Photoscape Dengan Mudah

Cara Screenshot Laptop via Tombol & Photoscape Dengan Mudah

Hallo sobat teknohits di manapun kamu berada kali ini mimin akan memberikan sebuah informasi penting nih untuk kamu yang sedang mencari cara Screenshot layar Laptop. karena mimin sudah merangkumnya khusus untuk kamu berikut ini.

Menggunakan tombol Windows, Shift, dan S.

Cara screenshoot pada layar laptop dan komputer lainnya dengan memakai sebuah tonbol Windows + Shift + S secara bersamaan. Metode tersebut cuma dapat kamu gunakan pada laptop atau komputer yang telah menginstal sistem operasi Windows 10 versi terbaru. Caranya sangat mudah, ikuti langkah-langkahnya sebagai berikut:

a. Tentukan terlebih dahulu jendela program mana yang mau kamu screenshot. Contohnya kamu mau screenshot pada layar Document. Jadi terlebih dahulu kamu arahkan kursor pada jendela Document, kemudian tekan tombol Windows+Shift+S.

b. Tangkapan layar akan disalin ke clipboard yang bisa kamu tempelkan ke program atau aplikasi lain.

c. Contohnya kamu akan simpan pada jendela Picture, maka klik jendela Pictures > klik kanan > Paste atau dengan Ctrl+V. Secara langsung, tangkapan layar akan tersimpan pada jendela tersebut.

Menggunakan tombol Windows dan volume turun.

Untuk kamu pengguna perangkat Microsoft Surface, screenshoot bisa kamu lakukan dengan memakai tombol fisik adalah tombol Windows dan volume turun. Metode tangkapan layar ini hasilkan screenshot secara fullscreen. Mirip dengan cara kamu dalam mengambil tangkapan layar di smartphone. Langkah-langkahnya sebagai berikut:

a. Tahan tombol sentuh logo Windows di bagian bawah layar Surface.

b. Lalu, tekan tombol volume turun fisik di sisi tablet. Layar akan meredup sebentar karena sedang melakukan screenshot.

c. Tangkapan layar akan secara otomatis disimpan ke folder file Pictures > lalu tangkapan layar.

Memakai aplikasi Snipping Tool.

Selain memakai tombol PrintScreen, melakukan screenshot di laptop dapat dilakukan dengan aplikasi Snipping Tool. Aplikasi tersebut mudah dipasang di laptop, kamu cuma butuh menginstal terlebih dahulu. Aplikasi tersebut berbeda dengan memakai tombol PrintScreen di mana melakukan screenshot seluruh layar penuh. Dengan aplikasi Snipping Tool dengan mudah kamu dapat screenshot gambar sesuai ukuran yang diinginkan. Penasaran? Berikut langkah-langkahnya:

a. Buka halaman yang mau kamu screenshoot. Lalu tekan tombol Windows, ketikan Snipping Tool dan pilih software itu.

c. Pilih mode screenshot yang kamu inginkan.

d. Berikutnya tinggal kamu gerakkan kursor sesui dengan bagian yang ingin kamu screenshot.

e. Hasil screenshot akan langsung ditampilkan pada jendela Snipping Tool.f. Setelah selesai, kamu dapat memilih menu File > Save As. Lalu simpan di mana pun yang kamu inginkan.

Menggunakan aplikasi PhotoScape.

Mungkin di antara kamu sering memakai aplikasi PhotoScape untuk mengedit foto seperti tambahkan tulisan pada foto maupun membingkai beberapa foto menjadi satu frame. Pertama pastinya kamu harus menginstal aplikasi PhotoScape terlebih dahulu. Berikut langkah-langkahnya:

a. Pertama pilih area yang mau kamu screenshot.

b. Kamu tinggal buka aplikasi PhotoScape. Klik ikon ‘Screen Capture’ atau ‘Menangkap Layar’.

c. Lalu akan muncul kotak dialog. Kotak dialog ini akan memampilkan beberapa pilihan yang mau kamu ambil seperti Menangkap Utuh Satu Layar, Menangkap Jendela, Menangkap Area, dan Mengulang Tangkapan Terakhir. Tentukan salah satu pilihan, misalnya ‘Menangkap Utuh Satu Layar’.

d. Setelah mengambil gambar kamu dapat crop atau edit sesuka hati dan lalu simpan.