Waduh! Inilah Bahaya Jika Kutub Utara Mencair

Waduh! Inilah Bahaya Jika Kutub Utara Mencair

Hallo sobat teknohits kali ini mimin akan sedikit mengupas tentang kutub utara nih. Tentunya kamu sudah tahu jika kutub utara ini merupakan sebuah daerah yang diselimuti lapisan es pada semua permukaannya.

Akan tetapi Lapisan es di Kutub Utara atau Arktik dikabarkan dan dikhawatirkan semakin rentan cair seiring perubahan iklim dan pemanasan global. Selain berkontribusi terhadap kenaikan level air laut di berbagai belahan dunia, terdapat bahaya besar lain yang mungkin timbul dari fenomena ini.

Seperti dikutip dari Futurism, bahaya dimaksud yaitu virus dan bakteri dari zaman kuno yang tersimpan di sana dan belum ditemukan. Bisa pula berupa sampah nuklir, menurut penelitian ilmuwan yang dipublikasikan di jurnal Nature Climate Change.

Selama ini, lapisan es Kutub Utara menjadi semacam tempat penyimpanan aktivitas industri dan tes nuklir yang diselenggarakan negara seperti Uni Soviet. Maka andainya terus menerus mencair, material itu dapat lolos dan membahayakan lingkungan.

Di sisi lain, lebih dari 100 spesis mikroba dari jenis berbeda yang berada di Kutub Utara diketahui resisten dari pengobatan antibiotik. Maka bila bakteri semacam ini juga terlepas karena mencairnya es dan mulai menulari orang-orang, dapat dibayangkan bagaimana akibatnya.

Belum lagi ada banyak bakteri yang belum teridentifikasi dan tentu saja tidak diketahui cara menangkalnya bila menginfeksi manusia. Saat es mencair, bisa saja mereka terlepas secara simultan.

Faktor lain yang harus diwaspadai yaitu ada cukup banyak populasi manusia bermukim di Kutub Utara, termasuk para ilmuwan dan militer. Dalam skenario bakteri muncul dan mereka terkontaminasi, maka bahaya besar dapat terjadi sehingga perlu diantisipasi