Cara Mudah Pindahkan Kontak dari Android ke iPhone

Kontak adalah salah satu data yang paling penting dalam sebuah smartphone dan tentunya kamu perlu memerlukan kontak pada jenis perangkat atau sistem operasi yang digunakan. Berbicara mengenai kontak, dalam artikel ini teknohits akan coba membahas cara yang bisa kamu lakukan untuk memindahkan kontak pada ponsel android kamu ke ponsel iPhone dengan mudah.

Jadi. Untuk kamu yang mau atau mungkin telah berpindah dari Android ke iPhone mungkin saja akan bertanya apakah bisa dan bagaimana caranya sih untuk memindahkan kontak dari Android ke iPhone. Jawabannya tentu saja sangat bisa dan mudah untuk kamu lakukan.

Pada kesempatan kali ini teknohits akan memberikan beberapa cara untuk memindahkan kotak dari Android ke iPhone yang bisa kamu lakukan di sistem operasi iOS 10 maupun versi terdahulu.

Sinkronisasi Akun Gmail

Cara memindahkan kontak dari Android ke iPhone yang pertama adalah dengan memanfaatkan fitur sinkronisasi yang sudah lazim pada sebuah smartphone. Google tetap mendukung pengguna iPhone walau sistem operasi iOS bisa dikatakan sebagai kompetitor.

Tentunya untuk dapat melakukan cara tersebut kamu kudu sudah melakukan sinkronisasi kontak yang terdapat di perangkat Android ke akun Gmail jadi sebaiknya pastikan dahulu pengaturan tersebut menyala. Untuk kamu yang terbiasa melakukan sinkronisasi akan merasa cara memindahkan kontak dari Android ke iPhone sangatlah mudah.

Kamu tinggal menghubungkan akun Gmail ke perangkat iPhone lewat menu Setting > Mail, Contacts, Calendar > Gmail. Lalu perangkat terhubung kamu dapat memilih sinkronisasi data penting apa saja yang ada pada akun Gmail. iPhone akan langsung melakukan sinkronisasi dengan server Google dan daftar kontak kamu akan muncul semua.

Sinkronisasi Gmail iPhone

Untuk kamu yang tak terlalu suka data pribadi kudu selalu ada di penyimpanan awan mungkin bisa menggunakan metode ini. Cara pindahkan kontak dari Android ke iPhone yang kedua dapat dengan membuat file VCF. Bagi yang pernah memindahkan kontak di ponsel sebelum era smartphone mungkin tidak asing dengan metode ini.

  • Kamu bisa mengikuti langka-langkah berikut ini untuk membuat file VCF dan memindahkannya ke iPhone.
  • Masuk ke aplikasi Contacts di perangkat Android
  • Tekan menu titik tiga pada bagian kanan atas dan pilih Import/Export
  • Pilih Export to .vcf file dan file akan tersimpan pada perangkat
  • Kirim file .vcf yang telah dibuat ke iPhone (bisa menggunakan email)
  • Buka file .vcf dan kontak akan langsung muncul di iPhone
  • Export VCF Kontak Android

Aplikasi Move to iOS

Apple sebetulnya punya sebuah aplikasi bernama Move to iOS yang tersedia di Google Play Store. Sesuai namanya, aplikasi tersebut berfungsi untuk memindahkan data – data yang terdapat di perangkat Android kamu seperti kontak, foto, dokumen, email, hingga video. Akan tetapi terdapat sedikit kekurangan pada aplikasi ini, yakni fitur ini cuma dapat kamu gunakan ketika kamu menyiapkan perangkat pertama kali saat reset atau baru dibeli.

Jadi, untuk kamu kamu yang mau memakai cara memindahkan kontak dari Android ke iPhone dan sekaligus data lainnya bisa mengikuti langkah-langkah berikut ini.

  • Download aplikasi Move to iOS di Play Store
  • Kamu tinggal buka aplikasi Move to iOS di Android
  • Nyalakan iPhone untuk pertama kalinya dan pilih Move Data from Android
  • Masukkan PIN yang tertera di iPhone ke aplikasi
  • Kedua perangkat langsung terhubung dan melakukan transfer data
  • Aplkasi Move to iOS