Tahukah Kamu Apa Itu Fastboot pada Smartphone Android?

Hallo sobat teknohits dimanapun kamu berada kembali lagi bersama mimin yang akan memberikan sebuah informasi penting dalam dunia teknologi dan kali ini mimin akan memberikan sebuah informasi mengenai pengetahuan apa yang dimaksud dengan Fastboot.

Fastboot sering digunakan biasanya untuk menyelamatkan smartphone android yang error atau telah melakukan upgrade atau downgrade pada sistem operasi berbasis android.

Akan tetapi jika kamu masih bertanya-tanya apa itu fastboot? Mimin akan sedikit menjelaskan tentang apa sih yang dimaksud fastboot. Dapat dibilang fastboot yaitu sebuah protokol yang bisa kamu gunakan untuk melakukan flash ulang partisi terhadap smartphone maupun tablet Android.

Tool fastboot sendiri umumnya hadir dengan Android SDK (Software Development Kit) yang adalah sebuah alternatif dari mode recovery untuk melakukan instalasi dan pembaruan. Dengan kata lain, tool tersebut bisa dipakai untuk memodifikasi file system pada sistem operasi Android saat smartphone sedang dalam bootloader mode.

Enggak semua smartphone atau tablet memiliki mode fastboot yang umum diakses oleh pengguna. Untuk smartphone Nexus yang langsung ada di bawah naungan Google sudah diaktifkan secara defaut. Sementara mode fastboot untuk beberapa smartphone atau tablet umum kudu diaktifkan oleh penggemar atau developer Android independen.

Sementara di fastboot, teknohits dapat memodifikasi file system image Android dari komputer dengan menggunakan koneksi USB. mode fastboot sangat berguna untuk melakukan update firmware dengan cepat tanpa kudu memakai mode recovery.

Umumnya fastboot ini bisa dipakai untuk flashing custom recovery, seperti salah satunya memakai ClockworkMod atau Fastboot di smartphone Xiaomi. Selain itu, enggak semua smartphone atau tablet Android mempunyai sebuah mode fastboot sehingga Gadgeter harus memastikan keberadaannya terlebih dahulu pada smartphone yang dimilikinya.

Tinggalkan komentar