Cara Mudah Screen Capture Panjang Xiaomi Tanpa Aplikasi

Hallo sobat teknohits dimanapun kamu berada. Kembali lagu bersama mimin disini yang akan selalu memberikan info menarik mengenai dunia teknologi setiap hari. Berita kali ini mimin akan sedikit membahas mengenai cara Mudah Screen Capture Panjang Xiaomi Tanpa Aplikasi.

Tentunya kamu sudah tahu jika xiaomi merupakan salah satu perusahaan besar yang rutin memproduksi smartphone berkualitas. Perangkat buatannya tersebut pula telah disematkan berbagai fitur di dalamnya salah satu fitur menarik dari xiaomi ini yaitu kamu bisa screenshot atau screen capture panjang melalui ponsel ini dan tidak membutuhkan bantuan aplikasi tambahan lho.

Lewat antarmuka sistem operasi Android bernama MIUI, fitur itu bahkan memiliki beberapa opsi ekstra yang mana di dalamnya termasuk screenshot panjang atau long screenshot. Dengan dukungan fitur screen capture panjang, kamu dapat lebih mudah saat perlu menyimpan aplikasi maupun web dengan halaman berukuran panjang dalam bentuk gambar yang mana secara umum sangat butuh beberapa kali membuka layar untuk melihat seluruh tampilannya.

Bila screenshot umumnya cuma bisa menangkap bagian per bagian dari halaman terkait sehingga gambar akan terpotong-potong, dukungan ekstra tersebut mampu melakukannya sekaligus dan menghasilkan tampilan secara penuh.

Memakai screenshot panjang untuk mengabadikan tampilan layar di handphone Xiaomi untungnya sangat mudah. Kamu bahkan bisa melakukannya tanpa perlu mengotak-atik pengaturan di dalam perangkat.

Cara Mengambil Screenshot Panjang di Handphone Xiaomi

  • Kunjungi halaman panjang yang akan diabadikan
  • Lakukan screenshot umum pada handphone Xiaomi (misalnya menggunakan kombinasi tombol Power dan Volume Down, gesture tiga jari, atau Quick Menu)
  • Ketuk tombol Scroll atau Gulir di bawah cuplikan gambar tampilan layar yang muncul
  • Bila menu Scroll atau Gulir belum terdapat, klik cuplikan layar terlebih dahulu untuk memunculkannya
  • Halaman yang akan di-screenshot akan bergulir secara otomatis
  • Klik tombol Done atau Selesai bila dirasa sudah cukup
  • Potong atau edit gambar dengan menu yang ada jika diperlukan
  • Ketuk tombol Save atau Simpan

Apabila merasa layar bergulir terlalu cepat, kamu bisa menyentuh dan menggesernya secara manual memakai jari. Di sisi lain kamu pula bisa memanfaatkan fitur Crop sebelum menyimpannya saat screenshot menangkap halaman terlalu panjang.

Sama seperti screenshot biasa, hasil tangkapan layar dengan beberapa langkah di atas juga akan tersedia di media penyimpanan handphone. Kita dapat membukanya menggunakan aplikasi Gallery, pengelola file, atau pengedit gambar.

Screenshot panjang memang jadi sebuah opsi yang cukup penting bagi sebagian orang. Dukungan tersebut dapat mempermudah kamu untuk menyimpan artikel penting, abadikan tampilan antarmuka aplikasi, sampai mendokumentasikan percakapan teks.