Lupa Kata Sandi Smartphone? Begini Cara Mengatasinya

Saat ini smartphone dengan versi terbaru telah dilengkapi dengan berbagai fitur menarik untuk memanjakan para pengguna nya, salah satu fitur yang banyak digunakan para pengguna smartphone saat ini yaitu kata sandi atau password pada layar menu.

Akan tetapi banyak yang melaporkan jika tidak sedikit yang mengalami masalah tidak bisa masuk kedalam menu smartphone karena mereka lupa apa kata sandi atau password smartphone tersebut. lalu bagaimana cara mengatasinya? Yuk langsung kita ulas berikut ini.

Jika smartphone Android enggak bisa start atau cuma berhenti di logo saja (biasa disebut boot loop Android). Hal tersebut dapat disebabkan oleh beberapa hal, contohnya akibat terdapat aplikasi yang error atau baru saja menginstall aplikasi yang enggak kompatibel dengan tipe handphone (dalam banyak kasus, setelah menginstall font changer).

Jika smartphone Android bisa dinyalakan, akan tetapi enggak mau merespon input dari pengguna, contohnya layar Android enggak mau disentuh atau enggak bisa masuk ke menu telepon / tablet. Jika kamu lupa PIN, Password atau kamu terlalu banyak melakukan percobaan menggambar pola (pattern) pengunci ponsel Android yang menyebabkan Anda enggak bisa masuk ke menu.

Kerusakan-kerusakan software Android lainnya.

Untuk melakukan factory reset via recovery mode secara garis besar dapat dilakukan dengan dua langkah mudah berikut. Akan tetapi pada sebelumnya, resiko ditanggung sendiri ok wink

Tahap 1: Masuk ke recovery mode

Untuk bisa masuk kedalam recovery mode Android, kamu kudu mematikan terlebih dahulu handphone / tabletnya, tekan dan tahan beberapa tombol Android secara bersamaan (misalnya untuk Galaxy Young S5360 tekan tombol vol Up + home + power secara bersamaan) dan kamu akan masuk ke dalam recovery mode.

Cara masuk recovery mode (tombol yang harus ditekan) bisa berbeda-beda antara satu tipe HP dengan tipe lainnya. Recovery mode tampilannya hanya berupa tulisan saja. Dan didalam recovery mode, pada umumnya kamu enggak bisa memakai layar sentuhnya, so. untuk navigasi naik dan turun, biasanya menggunakan tombol volume (tergantung tipe handphone Android).

Tahap 2: Lakukan Wipe Data / Factory Reset

  • Setelah sukses masuk ke recovery mode, yang kamu kudu lakukan tinggal memilih fitur “Wipe Data / Factory Reset” setelah itu restart handphone Anda.
  • Supaya kamu enggak bingung, berikut contoh cara melakukan factory reset pada handphone Android :
  • Pastikan baterai masih cukup banyak (minimal 70%)
  • Matikan handphone
  • Tekan dan tahan tombol Volume Up + tombol HOME(tengah) + tombol Power secara bersamaan selama beberapa detik > kamu akan masuk ke recovery mode Android
  • Dengan memakai tombol Volume, arahkan kursor sampai berada di tulisan “Factory reset / wipe data”
  • Tekan tombol HOME untuk memulai proses > harap sabar saat proses berlangsung

Reboot handphone

So, jika kamu mengalami boot loop pada handphone Android atau kamu lupa akan kata sandi atau pengunci pola handphone Android, yang perlu kamu lakukan cuma masuk ke recovery mode > lakukan Factory Reset / Wipe data. Sekarang yang jadi sebuah masalah yaitu banyak orang yang tidak mengetahui cara masuk recovery mode tablet / handphone Android miliknya.yang lebih bersih serta update.