Cara Mudah Kunci & Sembunyikan Folder di Laptop Windows Tanpa Aplikasi

Tentunya semua orang memiliki sebuah privasi yang tidak mau orang lain mengetahui nya, mungkin salah satu cara untuk menyimpan privasi tersebut yaitu menyimpan pada sebuah folder di laptop yang dianggap aman.

Maka dari itu dalam artikel ini teknohits akan memberikan sebuah tips & trik atau cara yang bisa kamu lakukan untuk menyembunyikan Folder di Laptop Windows Tanpa Aplikasi yang sudah mimin rangkum pada artikel dibawah ini.

Tentu saja, Privasi jadi sebuah hal yang banyak dikhawatirkan banyak orang dalam penggunaan perangkat perangkat seperti komputer. Mulai dari keamanan sampai dengan kerahasiaan, faktor-faktor yang berkaitan dengan privasi akan selalu dianggap sebuah hal yang sangat penting.

Meski privasi adalah sebuah hal yang sederhana, untuk kebanyakan orang privasi merupakan segalanya. Oleh sebab itu, kebanyakaan orang akan mempunyai usaha mati-matian supaya privasinya engga tersebar.

Bahkan untuk melindungi rahasia pribadinya, sebagian orang memakai dua akun berbeda untuk melindungi data-datanya. Atau bahkan kamu takut meminjamkan perangkat laptop kesayangan kamu kepada orang lain, terutama kepada orang-orang yang tidak dapat dipercaya.

Menyikapi hal tersebut, teknohits enggak perlu merasa khawatir. Bila sobat mempunyai banyak data pribadi yang tersimpan di laptop, sobat sebetulnya bisa mengunci dan menyembunyikannya. Enggak perlu tools atau aplikasi khusus untuk menyimpan dalam-dalam privasi kita, sobat cuma perlu menggunakan aplikasi Notepad yang telah terinstal secara langsung saat kamu menginstal Windows.

Notepad adalah sebuah aplikasi bawaan sistem Windows, yang bisa kamu gunakan untuk beberapa hal berkaitan dengan editor teks. Menurut banyak orang, aplikasi ini termasuk ke dalam aplikasi yang sangat ringan untuk kamu pakai, akan tetapi sangat powerfull termasuk untuk mengedit beberapa kode perintah program, seperti file berekstensi [dot]bat.

File berekstensi [dot]bat atau batch file adalah sebuah berkas teks yang berisi beberapa seri perintah yang akan dijalankan oleh interpreter perintah. Secara sederhana, batch file umum dikatakan sebagai kumpulan baris perintah yang dapat dijalankan oleh sistem beroperasi Windows.

Selanjutnya, bagaimana cara mengunci folder di laptop yang bersitem operasi Windows?

Cara Mengunci folder di Laptop Windows

  • Buka aplikasi Notepad
  • Copy baris perintah di bawah ini ke dalam aplikasi Notepad
  • cls

@ECHO OFF

title Folder Private

if EXIST “HTG Locker” goto UNLOCK

if NOT EXIST Private goto MDLOCKER

:CONFIRM

echo Are you sure you want to lock the folder(Y/N)

set/p “cho=>”

if %cho%==Y goto LOCK

if %cho%==y goto LOCK

if %cho%==n goto END

if %cho%==N goto END

echo Invalid choice.

goto CONFIRM

:LOCK

ren Private “HTG Locker”

attrib +h +s “HTG Locker”

echo Folder locked

goto End

:UNLOCK

echo Enter password to unlock folder

set/p “pass=>”

if NOT %pass%== PASSWORD goto FAIL

attrib -h -s “HTG Locker”

ren “HTG Locker” Private

echo Folder Unlocked successfully

goto End

:FAIL

echo Invalid password

goto end

:MDLOCKER

md Private

echo Private created successfully

goto End

:End

  • Ganti PASSWORD dengan sandi yang ingin kamu gunakan

Simpan file dengan menggunakan File > Save As. Ganti Save as Type menjadi All Files (“.”). Beri nama file dengan menuliskan nama file diakhiri dengan “.bat” pada File name. Sebagai contoh saya akan menyimpan dengan nama Rahasia, maka isi File name dengan Rahasia.bat

  • Untuk lokasi penyimpanannya silahkan arahkan ke folder tertentu
  • Setelah selesai, klik Save
  • Buka folder yang tempat menyimpan batch file tersebut, kemudian klik dua kali pada file berekstensi .bat tersebut
  • Secara otomatis akan muncul folder baru dengan nama Private. Di folder ini anda dapat memindahkan file yang akan dikunci dan disembunyikan
  • Bila sudah, klik dua kali lagi pada batch file
  • Bila muncul persetujuan “Are you sure you want to lock the folder(Y/N)”, klik tombol y dan enter
  • Folder Private tadi akan menghilang
  • Untuk membukanya, klik dua kali pada batch file yang sama
  • Ketikan kata sandi yang digunakan, dan klik enter
  • Secara otomatis, Folder yang hilang tadi akan muncul kembali

Bagaimana jika sobat lupa password yang digunakan? Tak perlu khawatir, sobat cuma perlu klik kanan pada batch file, kemudian pilih edit. Cari bagian if NOT %pass%== sandimu goto FAIL dan ganti sandimu dengan password yang baru.