Segera Hapus Aplikasi Ini, Kalau Tidak Ponsel Mu Dalam Bahaya!

Kecanggihan teknologi pada jaman ini memang sudah tidak terelakan, banyak aplikasi terbaru yang memudahkan para pengguna android untuk membantu pekerjaan sehari hari, salah satunya adalah aplikasi barcode yang dapat membantu kamu agar lebih mudah memeriksa barcode saat sedang dibutuhkan.

Namun kamu jangan sembarang memasang aplikasi karena banyak aplikasi yang di dalamnya terdapat malware yang bisa merusak data pribadi kamu di smartphone.

Baru baru ini Malwarebytes memperingatkan kepada para pengguna ponsel Android, agar segera menghapus aplikasi pemindai barcode bernama Barcode Scanner yang bisa menjadi alat penyebar malware.

barcde scanner

Aplikasi populer yang tersedia di Google Play Store tersebut menjadi berbahaya setelah setelah menerima pembaruan/update.

peneliti Malwarebytes Nathan Collier lansir Gizmodo. Mengatakan “Mengerikan bahwa dengan satu update aplikasi bisa berubah menjadi berbahaya saat berada di bawah radar Google Play Store. Saya heran pengembang aplikasi dengan aplikasi populer mau mengubahnya menjadi malware,”

Jadi Malwarebytes mendapat dari para pengguna aplikasi tersebut, dan mereka mengeluhkan sejumlah keanehan yang muncul di hp mereka, seperti browser default yang terbuka sendiri serta menampilkan iklan secara tiba-tiba.

barc0de

Pada Awalnya beberapa pengguna barcode scanner tidak mengetahui apa yang menyebabkan keganjilan itu. Dan akhirnya peneliti Malwarebytes menemukan bahwa aplikasi Barcode Scanner ini merupakan biang keroknya. Malware yang menyebabkan smartphone sering menampilkan iklan tersebut lalu disebarkan ke ponsel pengguna melalui update aplikasi terbaru yang digulirkan pada Desember tahun lalu.

Menurut penelitian Nathan, malware yang ada di Barcode Scanner kadang disebabkan oleh software development kits (SDK) dari pihak ketiga yang digunakan pengembang untuk memasang iklan di aplikasinya.

Tapi ternyata ada beberapa SDK yang melampaui batas tanpa sepengetahuan pengembang/pembuat. mendapatkan laporan dari Malwarebytes. Google sendiri langsung gerak cepat dan menghapus aplikasi tersebut

Namun meskipun aplikasi Barcode Scanner telah dihapus oleh Google, buat kamu yang sudah mengunduh aplikasi ini harus menghapusnya dari ponsel secara manual ya.

Sebagai info saja Aplikasi tersebut dikembangkan oleh Lavabird Ltd., dan telah diunduh lebih dari 10 juta kali sebelum akhirnya dihapus oleh Google.