Cara Menghapus Virus Di Android Tanpa Aplkasi Dengan Mudah

Hallo sobat teknohits di manapun kamu berada, kembali lagi bersama mimin disini yang akan selalu memberikan sebuah informasi menarik mengenai dunia teknologi. Kali ini mimin akan sedikit memberikan sebuah ulasan mengenai beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk menghapus virus di android tanpa aplikasi antivirus.

Tentunya kamu ketahui jika musuh paling utama pengguna gadget adalah virus yang akan merusak sistem smartphone. virus tersebut terkadang bisa muncul kapan saja dan akan mengancam berbagai data penting ataupun privasi kamu.

Tentunya kamu sangat memahami jika Virus sangat berbahaya untuk perangkat yang kamu miliki, sebab biaa mencuri data, ganggu kinerja, habiskan RAM, menghabiskan paket internet, dan bahkan merusak perangkat.

virus maupuk malware lain umumnya bekerja layaknya program umum, yang biasa terinstall bersamaan dengan program lain, atau terinstall saat kamu mengunduh sesuatu dari internet lewat laman yang enggak terjamin keabsahannya.

Pada umum, virus apapun cuma dapat mengganggu jalannya sebuah perangkat lunak dalam gadget kamu. Akan tetapi kamu perlu waspada. beberapa virus pula bisa merusak hardware secara enggak langsung, dengan memaksa proses yang melebihi kapasitas dari hardware.

Berjalan dengan basis sistem operasi, Perangkat Android pula enggak luput dari serangan bahaya virus. Perangkat Android, yang yaitu perangkat vital bagi sebagian orang sebagai alat utama untuk simpan privasi dan data-data penting, tentunya jadi mangsa empuk bagi banyak virus.

Virus yang sering perangkat Android memiliki jenis yang lumayan banyak pula, dari yang cuma menginstal aplikasi tertentu, memunculkan notifikasi yang mengganggu, bikin panggilan diam-diam, atau cuma sekedar membuat kapasitas RAM menipis untuk mengurangi kinerja perangkat.

Enggak jarang banyak orang dibikin kebingungan untuk mengatasi virus-virus tersebut. Meski banyak antivirus untuk sistem Android mulai bermunculan, akan tetapi beberapa diantaranya diduga mempunyai virus tertanam di dalamnya.

Bahkan sebagin orang rela kehilangan datanya, dengan melakukan Factory Reset atau menginstal ulang perangkat demi mengatasi virus-virus itu. Cara tersebut dianggap paling aman untuk selesaikan permasalahan virus yang mengganggu ini.

Akan tetapi, sebetulnya ada sebuah cara untuk menghapus virus di Android tanpa antivirus dan Factory Reset berikut ini.

Cara Masuk Safe Mode Android

Safe Mode adalah sebuah model operasi sistem operasi Android. Mode ini bisa dipakai untuk mendiagnosa permasalahan yang sebelumnya tidak bisa dilakukan melalui mode normal.

Untuk masuk ke mode tersebut, setiap ponsel memiliki metode masing-masing. Akan tetapi, kebanyakan ponsel bisa masuk dengan menahan tombol power diikuti tombol volume dari kondisi mati. Agar lebih jelas, Anda dapat mencari caranya melalui Google.com dengan kata kunci “Safe Mode [tipe Android]”

Misalnya, saya menggunakan ponsel ASUS. Untuk masuk ke Safe Mode, perangkat enggak harus dari kondisi mati. Dalam kondisi hidup, tahan tombol power sampai muncul opsi untuk mematikan ponsel. Setelah itu, tahan pada opsi Power Off sampai muncul notifikasi Reboot to Safe Mode, dan klik oke.

Perangkat akan secara otomatis memuat ulang sistem, dan masuk ke dalam Safe Mode. Umumnya, bila perangkat telah masuk ke mode ini, akan muncul tulisan Safe Mode sebagai tandanya.

Masuk ke Pengaturan

Menghapus Aplikasi dalam Safe Mode Android

Untuk melihat virus yang terinstal, kamu harus membuka Setting, lalu pilih App. Setelah muncul daftar aplikasi, kamu biaa mencari aplikasi yang mencurigakan, dimana kamu belum pernah menginstalnya. Pilih aplikasi yang mencurigakan tersebut, kemudian pilih Uninstall.

Akan tetapi bila aplikasi itu enggak bisa di-uninstall, Anda harus sedikit menambah upaya. Aplikasi seperti ini umumnya telah mengaktifkan Akses Administrator secara mandiri. Oleh karenanya, Anda harus mematikan opsi Akses Administrator dengan membuka Setting, kemudian Security, lalu Device Administrator. Selanjutnya, matikan akses dari aplikasi yang sebelumnya mengganggu. Harusnya, kamu saat ini bisa menghapus aplikasi ini dengan cara sebelumnya.

Bila sudah, kamu bisa mereboot perangkat Android itu. Jika diperlukan, buat cadangan untuk setiap data penting yang kamu miliki, untuk mencegah datangnya virus kembali,karena “mencegah lebih baik daripada mengobati”.