Cara Mudah Mengukur Kecepatan Internet IndiHome

Cara Mudah Mengukur Kecepatan Internet IndiHome

IndiHome adalah salah satu ISP (Internet Service Provider) atau penyedia layanan internet yang cukup banyak digunakan masyarakat di Indonesia. IndiHome juga menawarkan berbagai pilihan paket internet dengan kecepatan mumpuni.

Kamu bisa memilih paket IndiHome yang akan kamu pakai dengan pilih salah satu paket dengan kecepatan akses tertentu dengan harga tertentu pula. Setiap paket pilihan menawarkan internet dengan kecepatan akses beda beda dengan harga yang berbeda untuk setiap paketnya.

Dimulai paket Internet seharga Rp 250.000,- per bulan dengan kecepatan akses internet 10 Mbps, Rp 350.000,- per bulan untuk kecepatan 20 Mbps, Rp 510.000,- per bulan untuk kecepatan akses 30 Mbps, Rp 610.000,- per bulan untuk kecepatan akses 40 Mbps, sampai dengan paket Triple Play yang memberikan tiga layanan (Internet rumah, telepon rumah, dan TV interaktif) dalam satu paket dengan harga yang lebih mahal dan bervariasi. “akan tetapi, apakah kecepatan yang kamu terima sama dengan yang tertera pada paket tersebut?”

Pertanyaan tersebut mungkin muncul di sebagian pengguna IndiHome. Apalagi bagi mereka yang mempunyai sebuah akses internet yang berubah menjadi lambat, atau mereka yang iseng mau buktiin sebuah kebenaran paket yang ditawarkan.

Bila kamu mau menggukur kecepatan layanan internet, pertama-tama yang perlu dipastikan yaitu kamu harus benar-benar terkoneksi dengan layanan internet yang akan diukur. Setelah itu, kamu bisa ikuti langka-langkah berikut ini.

Cek Kecepatan Indihome dengan Speedtest

  • Kamu tinggal Buka laman Speedtest.net
  • Bila sudah terbuka dengan sepenuhnya, cari tombol Begin Test dan klik tombol itu
  • Tunggu proses selesai, karena laman tersebut akan lakukan sebuah pengujian proses ping, upload dan download
  • Jika sudah selesai, laman akan tampilkan hasil pengujian dalam tiga hal, yaitu kualitas ping, kecepatan upload, dan kecepatan download
  • Kamu pula dapat menyimpan hasil tersebut dalam bentuk gambar atau membagikannya ke media sosial

Perlu diperhatikan jika semakin besar nilai ping yang dihasilkan pada pengujian kecepatan, maka semakin buruk kualitas internet. Akan tetapi berkebalikan dengan ini, semakin besar nilai kecepatan upload dan download, maka semakin baik kualitas internet yang diukur.

Hasil Speedtest

Mengukur kecepatan internet merupakan sebuah hal yang dapat dilakukan untuk buktikan apakah paket ini benar atau salah. Akan tetapi, kamu kudu memahami terlebih dulu satuan untuk mengukur kecepatan akses internet sebelum membaca hasilnya. Karena, terkadang satuan yang digunakan untuk mengukur di komputer sedikit berbeda dengan satuan yang digunakan untuk menawarkan paket.

Misalnya, kadang di komputer memakai satuan MB/s sedangkan paket yang ditawarkan dalam satuan Mbps. Kedua satuan ini pastinya mempunyai sebuah ukuran yang sangat berbeda jauh satu dengan yang lainnya. So. jangan terbuai dengan angka besar yang sering dipamerkan karena belum tentu sesuai dengan apa yang kamu kira.