Cara Mengembalikan Email Yang Terhapus, Begini Caranya

Cara Mengembalikan Email Yang Terhapus, Begini Caranya

Buat kamu yang tidak sengaja menghapus email di inbox sebab sudah terlalu banyak. Padahal, isi pesan yang terhapus itu sangat penting buat kamu. Hal tersebut tentu saja membuat kamu sangat frustrasi atas kehilangan email itu karena mungkin di dalamnya terdapat data yang sangat penting.

Namun sekarang kamu tidak usah khawatir saat kehilangan email di inbox. Karena, Google telah menyediakan fungsi untuk mengembalikan sejumlah email yang sudah terhapus.

 

BEGININILAH CARA MENGEMBALIKAN EMAIL YANG TERHAPUS DI INBOX:

Cara Mengembalikan Email Yang Terhapus, Begini Caranya
Sumber gambar: noblasto

Saat kamu pertama kali menghapus email yang ada di Gmail, kamu akan menemui pemberitahusn kecil yang muncul di layar handphone.

Notifikasi itu berisi keterangan obrolan email yang kamu hapus dan setelah itu data email tersebut dipindahkan ke folder Trans (tempat sampah).

Jika terlewat untuk klik tombol Undo saat menghapus sebuah pesan, kamu dapat langsung masuk dan mengakses folder Trash. Karena folder tersebut berisi apa saja yang sudah terhapus.

Jadi Google akan menyimpan email yang sudah dihapus selama 30 menit saja di Trash, setelah waktu tersebut mereka akan menghapusnya secara permanen. Jadi sebelum 30 menit, kamu masih bisa mengembalikan email yang kamu hapus barusan loh.

Begini caranya..

BUKA FOLDER TRASH

kamu langsung saja buka folder Trash dan cari pesan/email yang ingin kamu kembalikan.

MOVE TO INBOX

Selanjutnya kamu tinggal mengklik kanan dan pilih opsi Move to inbox atau pindah ke inbox.

 

Lalu bagaimana kalau pesan tersebut sudah terhapus secara permanen dari folder Trash?

Jika sudah terjadi seperti itu, kamu tidak bisa lagi memanfaatkan fitur di Gmail, karena kamu harus langsung menghubungi Google.

Untuk kamu pengguna akun google atau gmail biasa, kamu bisa pakai cara terakhir untuk mengembalikan email dengan meminta bantuan langsung pihak Google.

Perusahaan juga sudah menyediakan formulir pengajuan untuk masalah tersebut, namun memang tidak seluruh permintaan dapat dipenuhi. (Why)