Cara Mudah Mengembalikan Foto Terhapus Di Android

Cara Mudah Mengembalikan Foto Terhapus Di Android

Hallo sobat teknohits apakah kamu pernah tak sengaja menghapus foto di smartphone android kamu? Jika pernah. Terdapat cara yang bisa ku lakukan untuk mengembalikan foto di android dengan mudah & tanpa bantuan komputer.

Sebetulnya terdapat beberapa jenis memori, seperti harddisk di komputer, data yang telah kamu hapus enggak benar-benar terhapus dari memori. Oleh sebab itu, kamu bisa mengembalikan data-data tersebut untuk dipakai lagi. Hal itu bisa saja terjadi sebab saat sistem menghapus file sebenarnya file tidak dihapus dari memori, akan tetapi sistem cuma menghapus pointer dan menandainya sebagai ruang kosong.

Oleh sebab itu, pada dasarnya untuk menghapus file dalam memori cuma bisa dilakukan dengan menimpanya dengan file baru yang butuh waktu yang lebih lama dari menandainya.

Dengan adanya fakta tersebut, beberapa data bisa diselamatkan saat sudah terhapus dari perangkat, meski enggak semua data bisa dikembalikan dengan sempurna. Seperti yang telah diulas sebelumnya, jika data bisa terhapus dengan sepenuhnya ketika ditimpa dengan data lain, biaa jadi data yang mau dipulihkan sudah tertimpa dengan data baru sehingga enggak bisa ditemukan.

So. Bila kamu msu memulihkan data yang terhapus, sebaiknya cepat-cepat memulihkannya tanpa menunggu banyak waktu sebab data baru bisa menimpanya. Lebih baik lagi bila kamu lebih berhati-hati sebelum menghapus data agar data penting tidak terhapus, seperti foto mantan misalnya.

Akan tetapi, bila foto mantan sudah terhapus dari ponsel secara tidak sengaja, berikut beberapa cara memulihkannya tanpa memakai laptop atau komputer.

Mengembalikan Foto yang Terhapus dengan Google Photos

Terdapat cara yang paling ampuh untuk mengembalikan foto yang terhapus dari ponsel Android tanpa bantuan komputer atau laptop. Akan tetapi, tentunya terdapat syarat, cara ini bisa kamu gunakan bila kamu selalu mengaktifkan fitur backup dan sinkronisasi dengan layanan Google Photos.

Enggak cuma foto, kamu pula bisa memulihkan video dengan menyinkronkan perangkat dengan layanan Google Photos. Secara otomatis, Google Photos akan menyimpan foto dan video yang terhapus pada trash selama 60 puluh hari.

Lalu bagaimana cara mengembalikan foto atau video yang telah terhapus dengan memakai Goggle Photos? Simak langkah berikut ini.

  • Buka aplikasi Google Photos
  • Klik ikon menu hamburger (garis bertumpuk tiga) pada sudut kiri atas
  • Pilih ikon tempat sampah (opsi Trash)
  • Pilih foto yang akan dipulihkan dengan klik dan menahanya beberapa saat sampai tangga centang muncul
  • Klik ikon anak panah melingkar yang terdapat pada bagian atas
  • Tunggu prosesnya, dan selamat foto mantan kamu selesai dikembalikan

Mengembalikan Foto yang Terhapus dengan DigDeep Image Recovery

Nah, bila kamu enggak menginstal Google Photos di ponsel Android kamu, kamu bisa memakai aplikasi pihak ketiga yang cukup lumayan untuk dipakai mengembalikan foto yang hilang tanpa memakai komputer, sebut saja namanya DigDeep. Aplikasi buatan GreatStuffApps ini bisa jadi alternatif untuk merecovery foto yang sudah lama terhapus.

Akan tetapi, bila kamu memakai aplikasi ini, kamu kudu sedikit berusaha mencari foto yang akan dipulihkan, sebab enggak cuma foto yang kita hapus yang ditampilkan, akan tetapi juga ikon aplikasi yang pernah kita instal di perangkat. Berikut ini cara menggunakan aplikasi DigDeep Image Recovery:

  • Unduh aplikasi DigDeep Image Recovery di Google Play Store
  • Buka aplikasi, nanti aplikasi akan loading cukup lama untuk mencari gambar-gambar yang terhapus
  • Jika sudah, cari gambar yang ingin dipulihkan
  • Buka folder gambar
  • Teman lama pada gambar sampai muncul kotak berwarna jingga
  • Klik tombol Restore
  • Jika muncul permissions untuk memberikan rate klik yes untuk memberi rate, dan no jika tidak ingin.
  • Cari gambar pada folder RestoredPictures atau buka melalui Gallery

Akan tetapi, bila kamu enggak menemukan foto yang kamu mau, kamu bisa memakai bantuan perangkat komputer untuk melakukannya. Kamu bisa menggunakan aplikasi WonderShare Dr.Fone seperti ini. Dan perlu ditekankan sekali lagi bahwa tidak semua foto atau data bisa dikembalikan dengan sempurna, bahkan terdapat diantaranya tidak dapat memulihkannya.