Download Di Google Play Store Tertunda? Begini Cara Mengatasinya

Hallo sobat teknohits. Mimin mau bertanya nih pernahkah sobat mengalami masalah saat mendownload aplikasi di google play store tapi ternyata aplikasi tersebut bukannya terunduh tapi malah tertunda? Tentunya jika kamu mengalami hal seperti itu sangat jengkel bukan.

Nah. Dalam artikel kali ini mimin akan mencoba membahas masalah tersebut dengan beberapa cara yang sudah mimin rangkum dibawah ini, mungkin saya cara ini bisa kamu praktikan saat mengalami masalah download tertunda di google play store. maka dari itu yuk langsung saja kita ulas caranya berikut ini.

Cara Mengatasi Download Tertunda di Play Store

Reset Konektivitas

Sebelum mencoba cara ini, kamu baiknya untuk mengecek terlebih dulu opsi koneksi data yang kamu pakai untuk mengunduh aplikasi. Beberapa aplikasi, terutama yang mempunyai data yang cukup besar, umumnya akan sarankan kamu untuk memakai konektivitas Wi-Fi. Bila, pilihan tersebut tercentang, maka aplikasi enggak akan terunduh dengan koneksi seluler meski koneksi yang diounyai sangat cepat.

Pilihan Konektivitas Untuk Mengatasi Download Google Play Tertunda Featured

Untuk kamu yang udah terlanjur menginstal dengan opsi pilihan konektivitas Wi-Fi, sebetulnya kamu cuma perlu membatalkan unduhan, lalu mengulanginya dengan tidak mencentang pilihan menggunakan Wi-Fi.

Akan tetapi, untuk kamu yang enggak tersangkut pada permasalahan tersebut, kemungkinan penyebab unduhan aplikasi tertunda yaitu koneksi jaringan internet yang sedang dipakai tidak sedang dalam kondisi prima atau sedang lemot.

Nah, bila ini akar masalahnya, kamu cuma untuk perlu mereset kembali jaringan seluler yang kamu pakai. Caranya tentu sangat mudah, kamu cuma perlu mengaktifkan mode terbang beberapa saat, lalu mematikan mode tersebut kembali.

Seting Mode Pesawat Cara Mengatasi Download Google Play Tertunda Featured

Untuk kamu pengguna android yang enggak tahu dimana mode terbang dapat diaktifkan, kamu bisa mengaksesnya lewat menu quick seting dengan menarik ke bawah bar notifikasi yang berada di atas layar.

Saran mimin, pastikan untuk mengunduh aplikasi lewat Google Play Store ya saat koneksi internet di jaringan seluler yang dipakai cukup cepat. Kamu bisa berpindah ke lokasi atau tempat yang mempunyai cukup sinyal.

Bersihkan Cache

Bila cara di atas belum bisa mengatasi permasalahan, dapat menjadi gegara data sampah yang tersimpan sebelumnya. Cache atau data sampah memang sangat bantu banyak aplikasi dalam menjalankan prosesnya. Aplikasi enggak perlu mencari atau membuat data baru lagi dengan adanya cache yang tersimpan ini. Akan tetapi, beberapa permasalahan sering terjadi akibat data sampah tersebut.

Misalnya dengan adanya data sampah ini, aplikasi tersangkut untuk memakai data tersebut tanpa memperbarui data tersebut padahal aplikasi perlu memperbaruinya. Hal seperti itu yang bisa jadikan sebuah unduhan di Google Play Store sering tertunda.

Untuk mengatasi hal tersebut, kamu cuma perlu perlu membersihkan data-data cache yang dipunyai oleh aplikasi Google Play Store maupun seluruh cache yang ada di ponselnya. Berikut ini cara membersihkan cache spesifik milik Google Play Store :

  • Bersihkan Cache Cara Mengatasi Download Google Play Tertunda Featured
  • Buka Settings
  • Sekrol ke bawah, dan cari menu Apps
  • Cari aplikasi Google Play Store dan ketuk pilihan itu
  • Pilih Storage, dan kemudian pilih Clear cache
  • Muat ulang ponsel

Bila kedua cara di atas belum berhasil, maka langkah terakhir yang bisa kamu lakukan yaitu dengan mereset ponsel ke kondisi awal, bukan ke data pabrik ya. Untuk melakukan hal ini, kamu cuma perlu memuat ulang perangkatnya, atau istilah kerennya lakukan reboot atau restart.

Dengan melakukan restart, ponsel akan mereset ponsel ke kondisi prima. Beberapa pengaturan yang bersifat sementara akan dikembalikan ke kondisi semula. Oleh sebab itu, umumnya cara tersebut bisa jadi sebuah solusi untuk beberapa permasalahan yang muncul di gadget yang sedang dipakai.