Cara Mudah Mengatasi HP Lemot | Ternyata Ini Masalahnya

Cara Mudah Mengatasi HP Lemot | Ternyata Ini Masalahnya

Hallo sobat teknohits dimanapun kamu berada kali ini mimin akan sedikit memberikan sebuah informasi penting untuk kamu yang sering merasa jengkel dengan smartphone yang sering lemot atau lelet. Dalam artikel ini teknohits akan memberikan beberapa cara atau trik menarik untuk mengetahui apa yang menyebabkan smartphone kamu lemot & apa saja solusi yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi hal tersebut berikut ini.

Bersihkan Memori Internal

Cara Mengatasi Hape Lemot dengan Hapus Data

Salah satu penyebab menurunnya kinerja ponsel yang sering kali dialami oleh para pengguna smartphone umumnya diakibatkan sebab kapasitas memori yang sudah mulai menipis. Baik ponsel dengan kapasitas memori besar maupun kecil, kinerjannya akan melambat ketika data-data dalam ponsel mulai membikin kapasitas penyimpanan mulai penuh.

Kamu bisa mengantisipasi atau mengatasi masalah tersebut dengan sesering mungkin membersihkan data-data yang udah jarang digunakan atau data-data yang dirasa kurang penting. Kamu pula bisa memindahkan data-data tersebut ke media penyimpanan lain, seperti cloud, flasdisk, atau ke perangkat komputer yang mempunyai sebuah kapasitas penyimpanan yang relatif lebih besar.

Penuhnya memori internal yang dipakai dalam sebuah sistem, dapat pula diakibatkan sebab penumpukan data sampah atau cache di dalamnya. Data sampah memang sangat mempunyai makna, akan tetapi pula akan menumpuk seiring dengan lama penggunaan ponsel, dan bisa berakibat memori internal kepenuhan.

Terdapat sebuah hal baik untuk kamu yang rajin membersihkan data cache yang tersimpan, terutama bagi kamu dengan memori internal yang sangat kecil di ponselnya. Hal terase bisa kamu pakai untuk mangatasi penyebab menurunnya kinerja ponsel yang diakibatkan menurunnya kapasitas penyimpanan.

Kelola Aplikasi dengan Bijak

Cara Mengatasi Hape Lemot dengan Uninstal Aplikasi

Banyak sekali aplikasi yang terinstal di ponsel pula biaa mempengaruhi kinerja dari ponsel yang kita gunakan. Semakin banyak aplikasi, maka semakin banyak data yang bisa menyebabkan penyimpanan ponsel semakin penuh.

VIRAL :  4 Cara Mudah Membedakan Aplikasi Asli vs Aplikasi Palsu di Android

Selain itu, dengan banyak aplikasi yang terinstal, maka kapasitas RAM yang tersedia bisa berkurang. Hal itu bisa saja terjadi karena beberapa aplikasi yang terinstal di perangkat dengan sistem operasi dapat berjalan di belakang layar tanpa kita sadari.

Untuk mengatasi penurunan kinerja yang diakibatkan oleh permasalahan tersebut, kamu bisa menyaring aplikasi-aplikasi tersebut, dan meng-uninstal aplikasi yang dirasa kurang berguna. Kamu pula bisa mengisntal aplikasi yang mempunyai fungsi ganda, seperti memilih instal browser dibandingkan kudu menginstal aplikasi terpisah Facebook, Twitter, dan lainnya.

Hapus Virus dari Ponsel

Cara Mengatasi Hape Lemot dengan Intal Antivirus

Persoalan virus mungkin bukan persoalan yang asing lagi ditelinga kamu. Virus adalah salah satu musuh utama bagi para pengguna perangkat dengan sistem di dalamnya. Meski enggak mengganggu secara langsung, virus bisa saja jadi penyebab menurunnya kinerja dari ponsel yang digunakan.

Untuk mengatasinya, kamu bisa untuk mengisntal aplikasi Anti virus yang dirasa cocok, akan tetapi perlu diingat tidak usah banyak-banyak sebab pula bisa mempengaruhi kinerja dari perangkat. Atau, kamu bisa mencoba cara menghapus vitus tanpa Anti Virus ini.

Perbarui Sistem dan Aplikasi

Cara Mengatasi Hape Lemot dengan Update Sistem

Penggunaan sistem usang juga dapat menjadi permasalahan yang cukup signifikan. Hal tersebut bisa terjadi sebab perlunya kesesuaian antara aplikasi dengan sistem yang digunakan. Biasanya, aplikasi baru dapat berjalan dengan baik di sistem yang baru.

Oleh karena itu, kamu kudu sering megecek ketersediaan software terbaru perangkat ponsel miliknya. Kamu pula harus perbaharui aplikasi-aplikasi ke versi baru, yang biasanya menawarkan perbaikan bug di dalamnya.

Reset Pabrik/Instal Ulang

Cara Mengatasi Hape Lemot dengan Reset Parik

Salah satu yang jadi andalan kamu saat ponsel mengalami kinerja yang menurun yaitu dengan mereset pabrik ponsel atau bahkan beberapa memilih untuk mengisntal ulang atau memformat ulangnya. Langkah ini bisa menyelesaikan beberapa permasalahan yang diakibatkan oleh memori internal penuh, virus, pengaturan yang enggak tepat, dan lain sebagainya.

VIRAL :  Cara Download Video Tiktok Dengan Mudah Dengan SSSTiktok & Saverome

Bila permasalahan melambatnya ponsel tidak bisa diatasi menggunakan beberapa cara di atas, ada baiknya pengguna mencoba untuk melakukan reset pabrik. Dan bila reset pabrik belum bisa mengatasinya, kamu bisa coba untuk menginstal ulang software yang digunakan.