Cara Mudah Memindahkan Aplikasi Ke SD Card HP OPPO | Tanpa Root

OPPO telah berhasil melakukan sebuah ekspansi besar-besaran penjualan smartphone produksi nya ke Indonesia. Bahkan produk buatan OPPO ini dianggap sebagai salah satu smartphone paling banyak pengguna di tanah air.

Salah satu penyebab suksesnya smartphone OPPO untuk melakukan penjualan di Indonesia yaitu berbagai fitur yang ditawarkan OPPO sangat dimari para pengguna nya yaitu OPPO menawarkan sebuah resolusi atau kualitas mentereng dalam kamera depan yang tentunya memanjakan para pengguna untuk mengabadikan foto selfie yang bagus.

Saat ini OPPO telah merilis smartphone terbarunya di Indonesia yang bernama F5 dengan layar penuh 6 inci dengan resolusi Full HD+ (2.160 x 1.080 piksel), berteknologi LTPS IPS, dilindungi kaca anti gores Corning Gorilla Glass 5, dan beraspek rasio 18:9 yang memenuhi bagian depannya.

Akan tetapi terdapat sebagian pengguna smartphone OPPO masih banyak kebingungan untuk mengetahui cara untuk memindahkan aplikasi dari storage internal ke microSD. Untuk itu, tim teknohits pada artikel ini akan memberikan solusinya berikut ini

Cara Memindahkan Aplikasi ke SD Card OPPO

Terdapat dua metode yang dapat kamu lakuin, yaitu membikin setiap aplikasi langsung terinstal ke microSD secara otomatis dan pindahkan aplikasi yang sudah terinstal saat ini secara manual.

  • Cara supaya aplikasi otomatis terinstal di microSD
  • Pertama, sobat bisa masuk ke menu atau aplikasi Settings (Setelan) di smartphone OPPO
  • Berikutnya, sobat bisa memilih Storage (Penyimpanan)
  • Pada halaman Storage (Penyimpanan), Gadgeter bisa mempunyai Preferred Install Location (Lokasi Pemasangan yang Disukai)
  • Nantinya akan muncul kotak dialog yang memperlihatkan pilihan tempat penyimpanan maka sobat bisa memilih SD Card (Kartu SD)
  • Setelah berhasil menerapkan fitur tersebut maka aplikasi yang diinstal Gadgeter akan langsung pindah ke penyimpanan eksternal microSD

Memindahkan aplikasi yang sudah terinstal ke microSD

  • Pertama, sobat bisa membuka menu atau aplikasi Settings (Setelan) di smartphone OPPO
  • Selanjutnya, sobat bisa memilih Application Manager (Kelola Aplikasi)
  • Pada halaman Application Manager (Kelola Aplikasi), sobat bisa memilih tab Installed (Diinstal) dan langsung mencari aplikasi yang akan dipindahkan, contohnya Facebook
  • Selanjutnya akan muncul tampilan App Info dan Gadgeter dapat memilih tombol Move to SD (Pindah ke SD)

Sebagai catatan, Gadgeter harus memastikan bahwa microSD masih memiliki kapasitas penyimpanan yang cukup supaya enggak muncul pesan error “ruang penyimpanan hampir habis”. Namun salah satu kelemahan aplikasi pindah ke microSD ini adalah prosesnya yang sedikit lambat dibaca dibandingkan dengan aplikasi yang tersimpan di storage internal.

Bahkan jika sobat ingin melakukan restart smartphone maka ketika menyala kembali dan masuk homescreen maka aplikasi yang dipindahkan ke microSD akan mengalami loading yang lama karena memang kecepatan microSD kalah jauh dibandingkan storage internal. Selamat mencoba.