Cara Nonaktifkan Aplikasi Bawaan Xiaomi Tanpa Root Dengan Mudah

Jika kamu membeli smartphone terbaru pasti didalamnya terdapat sejumlah aplikasi bawaan yang telah terpasang oleh pengembang nya karena bertujuan untuk memberikan ilutilitas lebih kepada pengguna yang menggunakan smartphone buatannya.

Maka dari itu dalam artikel ini teknohits akan membahas cara menonaktifkan aplikasi bawaan smartphone Xiami tanpa root dengan mudah. Beberapa aplikasi tersebut tentunya diharapkan dapat memberikan kemudahan dan pula fungsionalitas lebih bagi semua penggunanya.

Aplikasi tambahan dari manufaktur tersebut umum dikatakan dengan aplikasi bloatware. Cukup berbeda dengan aplikasi bawaan sistem operasi Android, bloatware adalah sebuah aplikasi yang diberikan oleh pihak manufaktur pengembang hardware. Oleh karena itu, aplikasi bloatware manufaktur satu dengan lainnya tentu akan berbeda-beda.

Membahas mengenai bloatware, enggak luput pula pengembang ponsel murah berspesifikasi mantab asal Tiongkok, Xiaomi. Besar di sisi pengembangan software, perusahaan Xiaomi memberikan sebuah utilitas yang lebih banyak dalam setiap ponsel buatannya dengan memasukan banyak bloatware di ponsel yang dirilisnya.

Bahkan, untuk beberapa orang, aplikasi bawaan Xiaomi terkesan berlebihan karena sebab beberapa aplikasi yang sebetulnya enggak begitu diperlukan dalam aktivitas harian sobat xiaomi. Sependapat dengan hal itu, beberapa MiFans pun mulai mencari cara menghapus aplikasi bawaan dari ponsel-ponsel Xiaomi yang dimilikinya.

Sebetulnya, ada beberapa tipe ponsel yang dijual tanpa menawarkan bloatware di dalamnya. Bukan cuma ponsel buatan Google sendiri, terdapat ponsel yang mengusung kemurnian sistem Android yang disebut dengan AndroidOne, salah satunya adalah ponsel Xiaomi Mi A1.

Proyek AndroidOne adalah sebuah proyek kerja sama Google dengan vendor ponsel lain, dalam hadirkan ponsel murah namun memiliki kinerja yang cukup dapat diandalkan untuk menyasar negara-negara berkembang, Akan tetapi, bagaimana dengan ponsel-ponsel di luar AndroidOne? Apakah aplikasi bloatware dapat dihapus?

Cara Menghapus Aplikasi Bawaan Xiaomi

Cara Hapus Aplikasi Bawaan Xiaomi dengan Activity Launcher

Kebanyakan aplikasi bloatware enggak bisa dihapus oleh pengguna Android, termasuk aplikasi bloatware yang dimiliki oleh ponsel Xiaomi. Kamu cuma biaa menyembunyikannya atau mendisable aplikasi-aplikasi itu. Untuk menyembunyikan aplikasi ini, sobat bisa memasang aplikasi Launcher tambahan, seperti Nova Launcher. Namun, untuk mendisable aplikasi bloatware, sobat bisa mengikuti cara berikut ini:

  • Download aplikasi Activity Launcher dari Google Play Store
  • Buka aplikasi setelah terpasang, dan klik pada Recent activities yang berada di bagian atas layar
  • Ubah ke opsi All activities
  • Setelah itu, cari opsi Settings (pilih yang warnanya abu-abu jika ada dua opsi)
  • Kemudian cari pilihan Installed apps dengan keterangan “com.android.settings.Settings$ManageApplicationsActivity”
  • Setelah itu, pilih aplikasi yang akan dinonaktifkan
  • Klik tombol Disable untuk menonaktifkannya

Bila berhasil, ikon aplikasi yang dinonaktifkan tidak akan muncul di layar daftar aplikasi. Sebetulnya, sobat bisa menghapus aplikasi bawaan Xiaomi dengan proses Rooting. Akan tetapi, mengingat bahayanya, mimin tidak menyarankan cara ini.