Penting! Cara Cek Ketahui iPhone Baru, Rekondisi atau Refurbish

Penting! Cara Cek Ketahui iPhone Baru, Rekondisi atau Refurbish

Untuk kamu yang baru membeli iPhone teknohits punya info menarik nih karena dalam artikel ini mimin akan coba mengulas beberapa cara yang bisa kamu praktekkan untuk memeriksa apakah iPhone yang kamu beli dalam keadaan baru, atau kondisi bahkan bisa juga Refurbish.

Pada artikel sebelumnya mimin sudah menjelaskan panjang lebar mengenai pengertian dari handphone rekondisi dan Refurbish jadi jika kamu merupakan pelanggan setia Telknohits kamu sudah paham betul istilah istilah Smartphone diatas.

Lihat Status dan Masa Garansi

iPhone Garansi

Hal yang kudu selalu kamu lakukan setelah beli iPhone baik itu langsung di distributor resmi atau toko lain yaitu untuk melakukan cek garansi. Dibandingkan merek smartphone lainnya, setiap iPhone akan terdaftar di situ Apple dan dapat kamu cek sendiri dengan sangat mudah.

Untuk dapat mengetahui kondisi iPhone baru atau enggak, kamu tinggal kunjungi halaman garansi resmi Apple di sini. Berikutnya kamu tinggal memasukkan nomor seri iPhone itu yang tertera pada boks atau di Settings > General > About. Berikutnya kamu bisa melihat apakah iPhone itu sudah pernah di aktifkan maupun tanggal masa garansi berakhir.

Tentunya bila iPhone kamu masih baru atau refurbish resmi dari Apple maka akan tertera tulisan belum diaktifkan atau tanggal pertama kali kamu mengaktfikannya. Sebaliknya bila kamu beli iPhone bekas atau rekondisi toko maka akan tertera iPhone sudah diaktifkan dan masa garansi terkadang sudah habis.

Cek Badan & Aksesoris Apakah Masih Bagus

Cara ini sebetulnya cuma untuk mengetahui secara sekilas saja sebab memang enggak bisa dijadikan acuan secara pasti. Akan tetapi, pastinya tetap berguna untuk ketahui dan pastikan apakah iPhone kamu refurbish sehingga kamu dapat lebih sedikit yakin saat hendak membeli

iPhone baru dan refurbish resmi dari Apple enggak akan ada cacat yang terlihat secara kasat mata. Walau begitu bila kamu memperoleh keanehan terhadap iPhone tersebut, kamu dapat langsung menukarnya dengan yang baru selama bukan kesalahan sendiri. Sedangkan iPhone rekondisi toko dan bekas sebagian besar mempunyai cacat pada bagian badan baik itu penyok atau lainnya.

Lihat Huruf Depan di Nomor Model

iPhone Model

Cara berikutnya yaitu dengan melihat nomor model iPhone yang tertera di boks atau melalui Settings > General > About. Di nomor model paling awal kamu akan menemukan abjad yang menandakan kondisi iPhone tersebut. Berikut kumpulan kode abjad dan artinya yang perlu kamu ketahui menurut Wiki.

  • “F”: Unit refurbish resmi
  • “M”: Unit penjualan ritel
  • “N”: Unit pengganti atau replacement
  • “P”: Unit khusus yang sudah dimodifikasi untuk personal

M adalah iPhone yang dijual oleh toko-toko ritel secara resmi sehingga semua iPhone baru harusnya mempunyai sebuah kode M di depannya. Untuk kode P biasanya merupakan iPhone khusus yang telah diukir nama sang pembeli.

Berikutnya kode F adalah sebuahunit refurbish resmi bisa dari ritel Apple langsung atau dari operator penjual seperti AT&T dan Verizon. Umumnya kode F ini pula akan ditandai dengan tulisan Apple Certified pada box penjualan (bisa lihat gambar di bawah). Kode terakhir, N, muncul pada iPhone pengganti disebabkan klaim garansi.

Lewat nomor model itu kamu dapat ketahui apakah iPhone itu baru atau sudah di-refurbish secara resmi. Tapi sayang cara tersebut enggak dapat mengetahui apakah iPhone kamu bekas atau rekondisi toko secara pasti sebab akan ada kemungkinan tetap memiliki depan M.

Sesuaikan Nomor Seri iPhone Dengan Yang dibox

iPhone SN

Salah satu hal yang harus selalu dicek setelah membeli iPhone atau smartphone lainnya merupakan penyesuaian nomor seri. Jika perangkat kamu memang benar – benar bukan rekondisi toko maka nomor seri yang tertera di boks dan iPhone akan sama. Sebaliknya, iPhone rekondisi sebagian besar menggunakan boks replika atau boks dari iPhone lain.

  • Cek Kemasan Boks
  • iPhone Refub

Buat kamu yang ingin membeli iPhone refurbish resmi yang dikeluarkan langsung oleh Apple, ada beberapa ciri yang memang sengaja dibedakan. Boks iPhone refurbish resmi akan berwarna putih dengan tulisan “Apple Certified Pre-Owned” yang bisa ditemukan pada bagian luar boks.

Selain metode di atas sebenarnya masih ada beberapa hal lagi yang bisa kamu cek, namun seharusnya dengan melakukan setiap metode di atas sudah bisa untuk menyimpulkan apakah iPhone tersebut baru rekondisi, atau refurbish.

Pastinya jika kamu ingin yang terbaik, selalu beli iPhone dari distributor resmi atau kalau ingin yang sedikit lebih murah sebaiknya membeli iPhone bekas dari pengguna langsung dibandingkan dari toko. Penjual biasanya akan mendeskripsikan bagaimana kondisi iPhone secara jelas