Aplikasi Sering Tertutup Sendiri? Begini Solusinya

Aplikasi Sering Tertutup Sendiri? Begini Solusinya

Hallo sobat teknohits dimanapun kamu berada kembali lagi bersama mimin yang akan selalu memberikan sebuah info penting nih untuk kamu yang sering mengalami masalah pada smartphone.

Salah satu masalah yang sering muncul pada pengguna smartphone khususnya android yaitu aplikasi sering tertutup sendiri. terkadang hal ini menjadi masalah yang bikin kamu jengkel karena sedang asik asiknya memakai aplikasi eh tiba tiba aplikasi nya tertutup sendiri.

Maka dari itu dalam artikel ini mimin sudah merangkum & mengulas apa penyebab aplikasi itu tertutup sendiri dan bagaimana caranya untuk mengatasi hal itu. Yuk kita simak bersama dibawah ini ya sobat.

Clear Cache atau Data Aplikasi

Salah satu alasan utama aplikasi sering tertutup sendiri atau force close umumnya disebabkan oleh file cache yang banyak atau menumpuk. Utamanya yaitu jika smartphone mempunyai RAM yang kecil sehingga sebabkan beban smartphone semakin tinggi dan sistem terpaksa menutup aplikasi yang berat jika dijalani secara otomatis.

Untuk itu, sobat bisa masuk ke menu Settings dan langsung mempunyai Application atau Aplikasi. Berikutnya, sobat bisa pilih aplikasi yang sering force close dan pilih untuk Clear Cache serta Clear Data. Akan tetapi data-data dari aplikasi akan terhapus sehingga Gadgeter perlu lakukan login pada aplikasi yang membutuhkan username dan password.

Update Aplikasi

Umumnya masalah sering tertutupnya aplikasi disebabkan oleh versinya yang dapat dibilang telah usang sehingga sudah tidak kompatibel lagi dengan sistem operasi yang dipunyai. Untuk itu, sobat bisa lakukan sebuah update versi terbaru untuk segarkan kembali aplikasi sehingga kinerjanya meningkat karena telah terjadi penambahan fitur maupun perbaikan bug.

Instal Ulang Aplikasi

Untuk sobat yang enggak mau ambil pusing, mungkin instal ulang bisa jadi salah satu solusi yang mudah. Umumnya dengan melakukan instal ulang, banyak aplikasi yang bisa berjalan kembali dengan normal. Untuk itu, sobat teknohits bisa menghapus atau uninstall aplikasi di smartphone atau HP Android dan menginstalnya kembali dari Google Play Store sehingga memperoleh yang lebih bersih serta update.

VIRAL :  3 Website Terbaik Yang Bisa Perbaiki Foto Blur, Apa Saja?

UPDATE

Pada tanggal 23 Maret 2021, terdapat bug di aplikasi Android System WebView yang sebabkan berbagai macam aplikasi Android jadi tertutup sendiri. Salah satu solusi untuk masalah ini yaitu dengan update Android System WebView di Google Play.