Cek HP Vivo Bekas
Sumber gambar: youtube

Cara Cek HP Vivo Bekas Normal atau Tidak, Awas Ditipu!

Vivo adalah satu dari beberapa vendor smartphone asal Tiongkok yang namanya populer di tanah air. Peminat ponsel Vivo tergolong sangatlah banyak, mulai dari range harga murah sampai hp mahal sekalipun. Selain membeli baru, sebagian orang memilih ponsel dalam kondisi second. Untuk memastikan kualitasnya, mari disimak berbagai cara cek HP Vivo normal atau tidak berikut.

Cara Cek HP Vivo Normal atau Tidak agar Terhindari dari Malware

Hal ini dapat menghindari ponsel dari kerusakan fatal yang nantinya sangat merugikan pengguna baik secara material maupun non material. Ini dia beberapa tips yang bisa diikuti untuk melakukan hal tersebut:

  1. Cari tahu nomor seri perangkat

Cek HP Vivo Bekas
Sumber gambar: youtube

Nomor seri perangkat atau oleh kebanyakan orang disebut IMEI adalah hal pertama kali yang pentik Anda cari tahu. Langkah ini bertujuan untuk memastikan hp ViVo asli atau tidak. Jangan sampai tergiur dengan body mulus, ternyata produk palsu,

Beberapa cara bisa dijalani dan yang pertama adalah melalui pengaturan yang tersedia. Jika sudah membuka layanan tersebut, masuk ke pilihan “Pengaturan Lain” dan pilih opsi “Tentang Ponsel”, maka rangkaian nomor unik itu akan muncul.

Pada kemasan produk juga tersedia, ataupun dengan memencet tombol *#06# maka layar ponsel akan menunjukkannya.

  1. Memeriksa tingkat responsivitas layar

Cek HP Vivo Bekas
Sumber gambar: semutimut

Layar memang menjadi sesuatu yang mencolok pada perangkat ponsel pintar. Jika perangkat besutan negara Cina tersebut mengalami kendala, maka akan nampak pada saat menyentuh layarnya. Pada saat mengoperasikannya, maka bisa terlihat apakah ponsel secara cepat meresponnya. Misalnya saja ketika menggeser tampilannya.

Kalau ponsel tersebut lambat ketika melakukan proses yang terbilang ringan tersebut, maka dipastikan terjadi masalah bahkan malware. Cara cek HP Vivo normal atau tidak juga nampak kejernihan layarnya. Kalau muncul beberapa garis, maka perlu untuk segera memperbaikinya agar tidak berdampak pada bagian yang lain.

  1. Menggunakan fitur pengujian yang tersedia

Beberapa cara bisa diikuti untuk melakukan hal tersebut. Pada dalam perangkat pasti menyediakan layanan untuk menguji kelancaran dalam pengoperasian bisa ditemukan. Ini dia langkahnya:

  • Buka menu panggilan yang memunculkan tombol angka.
  • Tekan beberapa simbol dan angkat ini secara urut: *#800#
  • Seketika akan tampil menu yang disebut tes manual. Beberapa spesifikasi gawai akan muncul sebagai objek untuk uji coba. Diantaranya yakni tes mengenai kemampuan HP dalam bergetar, pendeteksian kartu sim yang dipakai, papan ketiknya, layar LCD-nya, suara yang dihasilkan, layar sentuhnya, sensor cahaya, dan juga lain sebagainya.
  • Lakukan pengecekan pada salah satu atau beberapa tes yang ditawarkan. Jika ingin mengecek satu aspek saja, maka langsung pada objek yang dituju. Namun, kalau mau mengetahui secara keseluruhan, lakukan hal itu setidaknya pada tiga spesifikasi ponsel.
  1. Periksa versi perangkat lunaknya

Hal ini dilakukan dengan membuka menu pengaturan dan ikuti langkah yang sama dengan mengecek nomor seri uniknya. Versi android terpampang jelas di bagian atas deretan angka itu. Namun, ada juga kode tersendiri untuk mengecek versi dan beberapa aspek pendukungnya seperti secara spesifik yakni tekan tombol *#44336# pada menu panggilan.

VIRAL :  Aplikasi Wajib Yang Harus Dimiliki Pengguna iPhone

Itulah cara cek HP Vivo normal atau tidak yang dengan mudah bisa diikuti. Dengan langkah-langkah diatas, maka pengguna bisa menghindari kerusakan hingga malware yang bisa saja terjadi di ponsel Vivo Anda. Karena pengguna ponsel pintar ini seringkali mengalami beberapa masalah manakala menggunakan perangkat mereka baik untuk berkomunikasi, mencari informasi dengan mesin pencarian, atau bahkan bermain beberapa permainan.