Cara Cek ID Pelanggan PLN Online
Sumber gambar: jalan tikus

Cara Cek ID Pelanggan PLN Online Jika Lupa

Sebagai masyarakat modern, listrik menjadi kebutuhan wajib setiap hari. Di Indonesia, PLN menjadi satu-satunya pihak yang menangani kebutuhan masyarakat tersebut. Masing-masing pengguna diberikan nomor seri tertentu untuk keperluan pengisian token ataupun membayar tagihan. Namun, beberapa lupa karena deretannya cukup banyak. Tenang, Anda bisa mengetahui dengan beberapa cara cek ID pelanggan PLN online di bawah.

Saking mudahnya, hal ini bisa langsung dilakukan melalui hp android. Tidak perlu bertanya ke pihak RT, desa atau bahkan kantor cabang PLN terdekat. Kalau begitu langsung disimak pembahasan selengkapnya dibawah.

Cara Cek ID Pelanggan PLN Online dengan Mudah

Cara Cek ID Pelanggan PLN Online
Sumber gambar: sepulsq
  1. Melalui resi digital

Pada era seperti saat ini, membayar sesuatu tidak harus dilakukan dengan cara manual. Banyak transaksi yang justru mengharuskan dilakukan dengan cara otomatis oleh mesin ataupun dukungan teknologi internet yang berlaku bagi para penggunanya. Tidak terkecuali pada Perusahaan Listrik Negara atau biasa disebut PLN. Cara cek ID pelanggan PLN online bisa dilihat dari bukti pembayaran. Disana sudah tercantum ID pelanggan.

Beberapa aplikasi belanja secara daring, menawarkan fitur ini. Pengguna listrik prabayar ataupun pasca bayar bisa bertransaksi melalui layanan tersebut. Ada juga beragam layanan lain dari banyak jenis perusahaan. Resi yang dihasilkan pun berupa lembar elektronik yang bisa diakses kapan saja dan bahkan disimpan serta dikirimkan. Jika terhapus sekalipun, bisa mencari pada riwayat transaksi.

Sebut saja membayar tagihan listrik di Tokopedia, Bukalapak dan Shopee. Jika sempat lupa nomor ID pelanggan, tinggal memeriksa riwayat transaksi Anda.

 

  1. Mengecek ID Pelanggan lewat Mobile banking

    Mengecek ID Pelanggan lewat Mobile banking
    Sumber gambar: jalan tikus

Sekarang ini banyak yang melakukan transaksi langsung dengan aplikasi perbankan modern tersebut. Ada keistimewaan tersendiri karena pengguna bisa menyimpan berbagai nomor sehingga tidak perlu memasukkan lagi pada transaksi selanjutnya.

 

Dengan fitur itulah pengguna bisa mencari deretan manakah yang merupakan id dari rekening listrik yang dimiliki. Cara menyimpannya juga mudah, cukup memasukkan satu kali saja rangkaian nomor itu dan simpan dengan membubuhi nama yang menerangkannya. Anda bisa menggunakan mbanking dari beberapa bank yang ada di Indonesia.

  1. Laman resmi PLN

Mengecek ID Pelanggan lewat Mobile banking
Sumber gambar: secangkir terapi

Demi memudahkan pelanggan dimanapun berada, PLN hadir melalui portal online. Di website resmi tersebut pelanggan bisa menemukan berbagai informasi yang dibutuhkan. Salah satunya untuk keperluan mengetahui nomor ID yang lupa. Sama sekali tidak sulit dan ribet, berikut cara cek ID pelanggan PLN online melalui website resmi:

Pertama, buka website www.portal.pln.co.id

Kemudian input informasi yang dibutuhkan, yaitu nama pemilik rekening

Selanjutnya, sistem akan secara langsung menampilkan data lengkapnya

Jangan panik apabila muncul dua atau bahkan lebih data yang tampil, bisa saja ada pelanggan lain yang memiliki sama dengan Anda. Manfaatkan fungsi dari pencocokan data, kemudian cek manakah yang sesuai. Lalu catat saja idnya.

  1. PLN Mobile

Selain hadir melalui website resmi, PLN juga memiliki aplikasinya lho. Anda bisa mengakses berbagai macam hal dengan mudah dan praktis. Sebut saja melihat riwayat penggunaan, cek ID PLN, ataupun memeriksa tagihan yang harus dibayar. Download PLN Mobile sekarang untuk memudahkan transaksi Anda sehari-hari.

Itulah uraian singkat mengenai bagaimana cara cek ID pelanggan PLN online dengan mudah. Melakukannya memang tidak terlalu sulit karena sistem yang ada memang sudah dibuat sedemikian rupa hingga memudahkan masyarakat. Data yang diperoleh pun juga sederhana serta singkat langsung menuju apa yang diinginkan.