Cara Menonaktifkan Screen Overlay Detected Samsung Dengan Mudah

Cara Menonaktifkan Screen Overlay Detected Samsung Dengan Mudah

Hallo sobat teknohits dimanapun kamu berada bertemu lagi bersama mimin yang akan terus memberikan sebuah informasi penting mengenai dunia Teknologi dan kali ini mimin akan mencoba memberikan sebuah tips khusus untuk kamu pengguna perangkat samsung.

Jika kamu merupakan pengguna smartphone samsung tentunya kamu sering mengalami Screen Overlay Detected saat kamu selesai mendownload sebuah aplikasi, ini karena samsung sangat mementingkan keamanan pada ponsel nya tersebut.

Akan tetapi Screen Overlay Detected atau yang bisa disebut dengan izin akses atau Hamparan Layar atau Screen Overlay ini dianggap sebuah masalah, karena para pengguna menganggap sistem ini terlalu berlebihan karena aplikasi yang diinstal merupakan aplikasi biasa saja tapi bisa terkena sistem.

Apa Itu Hamparan Layar atau Screen Overlay?

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, permasalah kemunculan notifikasi hamparan layar di perangkat Android adalah sebuah permasalahan yang enggak berbahaya karena disebabkan oleh permasalahan izin aplikasi untuk mengakses perangkat.

Menilik dari alasan tersebut, munculnya notifikasi terkait hamparan layar yaitu merupakan hal yang cukup wajar, mengingat terdapat aplikasi baru yang membutuhkan akses ke izin akses terkait. Oleh sebab itu, permasalahan tersebut tentu saja bisa diselesaikan dengan aktifkan izin yang dibutuhkan oleh aplikasi tersebut.

Tapi sayang, pada beberapa kasus, kamu yang telah mengaktifkan izin dari aplikasi tetap terganggu dengan adanya kemunculan notifikasi Screen Overlay Detected atau hamparan layar terdeteksi.

Bila kasus terase terjadi, maka sebaiknya kamu harus mengaktifkan izin akses lewat mode aman atau Safe Mode. Untuk pengguna perangkat Samsung, berikut ini beberapa langkah yang bisa lo pakai untuk mengaktifkan izin akses melalui Safe Mode.

Cara Menonaktifkan Hamparan Layar Samsung

  • Matikan ponsel Samsung, lalu nyalakan kembali
  • Bila sudah muncul tulisan Samsung, tekan tombol volume ke bawah untuk masuk ke mode aman atau Safe Mode
  • Pengguna sukses masuk ke mode aman atau Safe Mode jika pada tampilan sistem operasi terdapat tulisan Safe Mode, tepatnya pada bagian bawah layar
  • Lalu kamu masuk ke Settings, pilih Apps, cari aplikasi yang menimbulkan Screen Overlay Detected, dan masuk ke bagian permission
  • Set izin akses yang diperlukan oleh aplikasi
  • Bila sudah, restart perangkat tersebut tanpa perlu menekan tombol tambahan apapun
VIRAL :  5 Cara Mudah Dapatkan Saldo OVO Secara Cuma Cuma, Kamu Wajib Coba

Bila sudah hidup kembali, seharusnya aplikasi enggak memunculkan notifikasi Screen Overlay Detected lagi. Kamu bisa mengeceknya dengan mengakses aplikasi itu setelah perangkat telah menyala.