Cara Mudah Sembunyikan Aplikasi Di Vivo Tanpa Root

Jika mendengar kata vivo tentunya kamu akan langsung tertuju kepada smartphone keren yang banyak beredar saat ini. Akan tetapi, meski vivo sudah keluar dari persaingan 5 besar di dunia namun vendor asal tiongkok ini masih menduduki peringkat ke-empat di Indonesia pada tahun 2027 silam.

Vivo sendiri adalah masih memiliki ikatan dengan 2 brand ternama yang juga asal tiongkok yaitu OPPO dan OnePlus yang masih berada dalam payung perusahaan BBK Electronics. smartphone ini pula jadi terkenal dengan slogan yang berjudul Selfie Expert dengan kualitas kamera diatas rata rata.

Vivo sendiri bikin sebuah tampilan antarmuka FunTouch OS seperti mirip dengan iOS punya Apple, dimulai dari ikon, tampilan, sampai fitur yang dipunyai. Bayangkan saja untuk menu notifikasi terpisah dengan menu settings.

Umumnya jika kamu melakukan swipe dari atas ke jika maka secara otomatis akan tampil menu notifikasi berbarengan dengan menu settings. Namun pada FunTouch OS, untuk tampilkan menu settings, penggunanya harus melakukan swipe dari bagian bawah ke atas.

Sementara itu, Vivo pula telah dibekali dengan salah satu fitur menarik yang bisa sembunyikan aplikasi. Untuk itu, bagi Gadgeter yang penasaran maka bisa lihat tutorialnya sebagai berikut ini.

Cara Menyembunyikan Aplikasi di HP Vivo Tanpa Root

  • Pertama, sobat bisa menyalakan smartphone Vivo terlebih dahulu.
  • Nantinya pada homescreen, sobat bisa melakukan tap menu bezel atau tepi paling kiri.
  • Berikutnya akan muncul sebuah menu dari bawah ke atas dan sobat bisa memilih menu Hide icon.
  • Setelah memilih menu itu maka sobat bisa memasukkan PIN atau patern yang biasa dipakai untuk mengunci smartphone.
  • Kemudian, sobat bisa melakukan tap atau pilih pada aplikasi yang akan disembunyikan.
  • Nantinya sobat akan melihat aplikasi yang dipilih masuk ke menu Hide icon.
  • Setelah aplikasi yang akan disembunyikan telah dipilih maka tekan Encryption Settings.
  • Pada halaman Encryption Settings ini, sobat akan disuruh untuk memasukkan PIN untuk membuka aplikasi yang tersembunyai tersebut.
  • Terakhir, secara otomatis akan hilang dari smartphone Vivo dan menjadi tersembunyi.

Dapat diketahui cara yang dilakukan di atas ini sudah tersedia secara bawaan pada FunTouch OS milik Vivo. Sebagai catatan, untuk melihat aplikasi yang disembunyikan ini sobat cukup menekan atau tap bezel paling kiri dan menunggu hingga muncul menu Hide Icon. Berikutnya, sobat bisa tinggal masukan PIN yang telah ditentukan tadi untuk melihat aplikasi yang disembunyikan.

Sistem operasi modifikasi bernama FunTouch OS yang dimiliki oleh Vivo berbasiskan sistem operasi Android. FunTouch OS sendiri mempunyai sebuah fitur dan tampilan antarmuka yang berbeda dibandingkan dengan sistem operasi Android murni.