3 Perbedaan Mencolok Windows 10 Home dan Pro yang Harus Kamu Tahu

Windows merupakan sistem operasi yang sering kali ditemukan para perangkat komputer, baik melalui dekstop ataupun laptop. Didalam versi terbaru yang bernama windows 10 ini disebut sebagai salah satu sistem operasi terakhir yang dihadirkan oleh microsoft. maka dari itu dalam artikel ini mimin akan mengulas mengenai Perbedaan Mencolok Windows 10 Home dan Pro yang Harus Kamu Tahu dibawah ini.

Perbedaan Windows 10 Home dan Pro

Bitlocker

Bitlocker merupakan sebuah sistem enkripsi khusus yang ditawarkan oleh Microsoft yang udah ada secara langsung terintegrasi dengan Windows. Program yang udah ada semenjak Windows 7 ini tergolong cukup mudah digunakan dan mempunyai sistem proteksi kuat.

Dengan memakai Bitlocker tersebut, data yang terdapat di dalam komputer kamu akan jadi lebih aman karena akan sulit untuk diakses tanpa kata kunci bila hal seperti kemalingan terjadi. Fitur tersebut memang sangat berguna, namun belum tentu semua orang membutuhkannya atau bahkan mengerti tentang enkripsi.

Untungnya di Windows 10 Home masih terdapat sebuah fitur bernama device encryption yang bisa menawarkan keamanan tambahan sehingga kamu harus memasukan kode yang diberikan oleh sistem setiap kali merasa ada perubahan yang kurang cocok.

Group Policy

Group Policy adalah fitur yang terdapat pada sistem operasi Windows yang mempunyai isi di berbagai pengaturan lanjutan yang lebih menyeluruh. Seringkali fitur ini di pakai oleh administrator untuk mengatur beberapa komputer secara sekaligus seperti kasih atau melarang akses tertentu.

Selain itu pula terdapat Local Group Policy yang mempunyai berbagai pengaturan yang umumnya enggak ditemukan dalam menu pengaturan biasa di Windows. Misalnya pada Windows 10 sendiri Local Group Policy ini bisa dipakai untuk mengubah kebijakan Windows Update pada komputer itu.

Maka dari itu fitur Group Policy sebetulnya enggak terlalu dibutuhkan pengguna kebanyakan sebab enggak mempunyai sebuah pengaruh siginifak saat dipakai pada sehari-hari. Akan tetapi berbeda hal buat kamu yang ingin punya kontrol penuh terhadap Windows.

Remote Desktop

Sesuai namanya, Remote Desktop memungkinkan kamu untuk mengendalikan komputer secara jarak jauh dari perangkat lain. Fitur tersebut sering kali dipakai oleh para teknisi untuk memperbaiki permasalahan software yang terjadi tanpa harus mendatangi ke lokasi. Selain itu dalam penggunaan pribadi berarti kamu dapat tetap terus mengakses komputer dari mana saja.

Tentu saja enggak semua orang membutuhkan fitur ini jadi tidak heran kalau Remote Desktop absen dalam versi Home. Di samping itu sudah terdapat banyak sekali aplikasi remote desktop yang dapat dipakai saat ini sehingga bisa dikatakan bukan lah suatu fitur penting bagi sebagian besar pengguna.

Kesimpulan

Sebetulnya terdapat beberapa fitur lainnya yang membedakan antara Windows 10 Home dan Pro. Walau begitu begitu dari tiga fitur yang menurut saya paling berguna untuk kamu bisa terlihat kalau besar kemungkinan kamu tidak membutuhkannya sama sekali. Fitur-fitur yang tidak hadir di versi Home bisa dikatakan untuk para Profesional.

Maka dari itu untuk kebanyakan pengguna biasa tidak akan terlalu merasa kelewatan fitur tersebut karena memang semua fungsi utama masih bisa digunakan tanpa halangan. Jadi kamu tidak perlu khawatir saat memilih ingin Windows 10 Home atau Pro yang terinstal di komputer.