Asal Usul Bentuk Bulan, Ternyata Begini Sejarahnya

Pernahkah kamu membayangkan kenapa bentuk bulan seperti itu, Kadang bentuk bulan yang kamu temui sering berubah ubah, kadang berbentuk bulat sempurna, setengah lingkaran, sabit, bahkan tidak terlihat. Lalu, bagaimana kah asal usul bentuk bulan yang sesungguhnya? Yuk kita ulas bersama.

 

Menurut penelitian Tabrakan dua Bulan yang dulu mengorbit Bumi adalah salah satu jawaban bentuk bulan yang sekarang. dikutip dari Reuters. Penelitian yang diterbitkan di jurnal Nature itu menyatakan bahwa Bulan dulu didampingi oleh sebuah satelit yang berukuran lebih kecil. Keduanya pun mengitari Bumi sekira 4 miliar tahun yang lalu.

“Namun karena kedua Bulan tersebut terus berevolusi, ditambah pengaruh dari gravitasi Matahari, malah membuat stabilitas kedua satelit tersebut menjadi goyah, sehingga akhirnya terjadi tabrakan,” ujar Erik Asphaug, ilmuwan planet dari University of California. Asphaug menjelaskan bahwa setelah proses yang dijalankan selama 100 juta tahun, akhirnya bulan yang ukurannya lebih kecil menabrak bulan yang ukurannya besar. Tabrakan dari kedua satelit itu menjelaskan bahwa bagaimana saat ini permukaan Bulan terdapat dua sisi yang berbeda; bagian halus dan kasar.

Tabrakan dari dua bulan tersebut juga disebut sebagai faktor penyebab mengapa Bulan saat ini bentuknya tidak lazim dan agak lonjong. Namun para ilmuan mengakui bahwa meneliti hal tersebut dari Bumi bukanlah hal yang mudah.